Waspadai Sindroma Mata Kering Karena layar HP

UKMBERDAYA.COM – Pada zaman yang serba-smart/modern, di mana handphone, laptop, tablet, dan komputer menjadi suatu hal yang erat kita pergunakan sehari-hari membuat rasa tidak nyaman pada mata kita. Mata terasa perih, mengganjal, nyeri, berair, atau kemerahan? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan mata kita terkena sindroma mata kering/Dry Eye Syndrome.

          Pada kondisi normal, kedua mata kita terus mengeluarkan air mata yang membentuk suatu lapisan air mata yang berfungsi memberikan nutrisi bagi kornea, membasahi dan melindungi kornea dan konjungtiva mata, menghambat pertumbuhan mikroorganisme, serta membilas/membersihkan permukaan mata dari zat-zat yang dapat mengiritasi mata, seperti debu/pasir. Sedangkan pada sindroma mata kering, mata penderita tidak dapat memproduksi cairan mata yang cukup atau tidak dapat mempertahankan lapisan air mata tersebut. Karena hal ini, maka penderita sering merasakan gejala seperti mata terasa perih, mengganjal, sensasi seperti terbakar, nyeri, berair, serta berwarna kemerahan.

Jika kita mengalami gejala seperti di atas, maka sebaiknya kita periksakan mata kita ke dokter umum ataupun dokter spesialis mata untuk diperiksa lebih lanjut, serta dipasitkan apakah benar kita menderita sindroma mata kering, atau penyakit mata yang lainnya. Mata kering ini dapat disebabkan karena penyakit peradangan pada mata, kondisi lingkungan (misalnya alergen, asap rokok, dan iklim kering), ketidakseimbangan hormonal (misalnya wanita yang hendak mengalami menopause), pememakai lensa kontak, serta penggunaan alat elektronik, seperti handphone, tablet, dan komputer yang terlalu lama.

Baca juga : Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif Dekranasda Kota Kediri Gelar Pelatihan Handicraft        

Pada saat kita menatap layar komputer/handphone, secara tidak sadar mata kita akan lebih jarang untuk berkedip karena terlalu fokus pada layar tersebut. Akibatnya hal ini dapat memicu terjadinya sindroma mata kering. Sehingga meskipun kita ada pada era modern ini di mana kehidupan sehari-hari kita erat dengan perangkat elektronik/gadget, tetap kita harus menjaga kesehatan mata kita dengan cara membatasi penggunaan gadget. Jika terpaksa untuk menatap layar untuk waktu yang lama, kita dapat mengistirahatkan mata kita setiap 30 menit dengan menutup mata atau memfokuskan pandangan kita ke lain tempat untuk beberapa menit sebelum melanjutkan.

Tidak kalah penting, kita juga harus mendidik anak/remaja yang gemar bermain gadget/komputer agar membatasi penggunaan gadget. Hal ini dapat mencegah agar tidak terkena sindroma mata kering, rabun jauh yang progresif, serta dapat meningkatkan interaksi sosial anak di dunia nyata. Jadi, pada zaman yang serba modernini, bukan hanya teknologi yang terus berkembang menjadi smart, tetapi kita sebagai pengguna teknologi juga harus cerdas dalam menggunakannya. Artinya, tidak menjadi ketergantungan terhadap gadget.

Ikuti terus berbagai berita Bisnis UKM , Kuliner, traveling, ulasan strategi digital marketing dan berbagai berita menarik lainnya di UKMberdaya.com ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here