7 Tips Usaha Gorengan Dengan Keuntungan Yang Besar

1
80

UKMberdaya.com – Tips Sukses Menjalankan Usaha Gorengan Dengan Keuntungan Yang Besar –  Menghadapi pandemik saat ini membuat sebagian banyak orang harus dirumahkan ataupun harus pemutusan hubungan kerja (PHK).

Untuk itu salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk bisa bertahan hidup adalah dengan membuka usaha sendiri. Meskipun dengan skala bisnis yang kecil, dan sederhana. Jenis bisnis rumahan adalah pilihan tepat untuk mendapatkan pundi – pundi pendapatan sendiri.

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti akan dibenturkan dengan beberapa tantangan tersendiri. Baik dari pengelolaan managemn secara internal ataupun adanya persaingan bisnis yang maksud dalam faktor eksternal.

Maka tak heran juga jika orang harus tahu analisis modal dan keuntungan usaha yang akan dijalankan. Tak terlewatkan pula untuk usaha gorengan.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Gorengan Dengan Keuntungan Yang Besar

Meskipun terlihat sederhana ada beberapa perhitungan yang perlu dipertimbangkan sebelum menjalankan bisnis ini. Dengan menyesusikan modal yang dialihkan sebagai biaya operasional yang harus sepadan dengan nilai laba penjualan. Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan dalam penjualan.

Maka dari itu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis gorengan. Dan pada artikel kali ini kami akan berbagi beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk sukses menjalankan bisnis usaha gorengan, seperti berikut ini:

  1. Tempat usaha

Timos yang pertama adalah menentukan lokasi untuk menjalankan bisnis gorengan Anda. Tempat usaha yang dipilih harus benar -benar diperhatikan, agar Anda bisa memperoleh target pasar yang tepat.

Carilah lokasi yang padat penduduk atau ramai lalu lintas kendaraan. Dan tempat yang cocok biasanya ada di sekitar pasar, taman, tempat wisata, ataupun tempat keramaian lainnya.

Selain tempat Anda juga harus memikirkan wadah atau tempat untuk Anda berjualan. Sesuaikan dengan kondisi dan modal awal yang Anda miliki. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan gerobak dorong dengan anggaran yang cukup terjangkau.

Jika modal Anda cukup ,bisa juga menambahkan tenda dari terpal jika ingin menetap berjualan di suatu tempat. Dan bagi Anda yang hanya memiliki modal terbatas, maka jangan terlalu memaksakan diri untuk membuat gerobak dorong atau tenda.

Ada cara lain yang bisa Anda coba yaitu berjualan di depan rumah saja dengan memanfaatkan tempat seadanya, seperti cukup diberi etalase atau dengan menggunakan meja untuk meletakkan gorengan.

  1. Peralatan memasak

Setelah sudah menemukan tempat atau lokasi yang cocok maka yang perlu disiapkan selanjutnya adalah peralatan untuk memasak. Anda bisa menggunakan peraltan masak yang Anda miliki.

Atau jika ingin memiliki peraltan khusus Anda juga bis mencoba membelinya sendiri. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti kompor, wajan, serta serok. Agar memproduksi gorengan yang maksimal, gunakanlah wajan besar sehingga bisa menampung bahan gorenagan dalam jumlah banyak.

Selain itu, sediakan pula plastik untuk menyimpan gorengan dan kantong plastik. Sebagai bahan tambahan, siapkan selalu cabai rawit, mengingat banyak yang menganggap gorengan akan semakin nikmat jika dimakan dengan cabai rawit. Dan jika Anda bisa membuat sambal kacang mungkin juga bisa menjadi inivasi untuk menarik pembeli.

  1. Harga

Untuk menentukan harga jual Anda harus melihat lingkungan disekitar Anda. Jangan menjual gorengan dengan harga yang lebih mahal, karena ini akan membuat Anda kalah bersaing dengan penjual gorengan lainnya.

Lebih baik jual dengan harga yang sesuai atau lebih terjangkau sehingga Anda dapat menjualnya dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

Harga umum yang ditawarkan biasanya antara Rp500,00 hingga Rp750,00 dengan keuntungan sekitar Rp50,00 hingga Rp100,00 per gorengan. Namun, cita rasa dan kualitas gorengan yang Anda jajakkan tetap menjadi prioritas utama.

  1. Kualitas produk

Dalam menjaga kualitas gorengan Anda harus memperhatikan efek kesehatan bagi para pembeli atau konsumen Anda.

Sebaiknya lakukan penggantian minyak secara teratur. Jika warna minyak yang digunakan telah menghitam atau keruh, segeralah ganti dengan yang baru.

Minyak yang terlalu sering digunakan memberi efek tidak baik bagi kesehatan karena mengandung kolesterol tinggi yang berbahaya bagi konsumen Anda.

Selain tidak baik bagi tubuh, minyak yang berubah kualitasnya ini juga mempengaruhi cita rasa gorengan.

Dan jangan menambahkan apapun yang berbahaya untuk memproduksi gorengan Anda. Seperti pengawet ataupun memasukan plastik saat menggoreng gorengan. Walaupun banyak yang bilang akan membuat gorengan tambah renyah.

Tetapi samaoi sekarang pun belum ada yang bisa memberikan penjelasan pasti tentang benar atau tidaknya hal itu. Namun menggunakan plastik saat menggoreng itu adalah pernuatan yang tidak dibenrkan karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sehingga jangan sampai Anda terapkan hal tersebut. Usahakan menjalankan usaha gorengan dengan jujur dan tidak merugikan orang lain terutama konsumen Anda.

Agar pelanggan tidak kecewa, jadilah penjual yang jujur dan mengutamakan keselamatan dan kesehatan produk yang Anda jual.

Selain itu dalam meniriskan gorengan sebaiknya Anda menggunakan tisu dapur atau bahan penyerap minyak lainnya untuk meniriskan gorengan.

Karena biasanya ,beberapa pengusaha gorengan ini kerap meniriskan gorengan di atas kertas koran atau kertas bekas lain yang ada tintanya. Tinta sendiri adalah bahan yang mengandung timbal dan mudah melekat pada jenis makanan yang berminyak.

Bayangkan jika makanan terkontaminasi timbal masuk ke dalam tubuh Anda, tentunya bisa menimbulkan risiko berbagai macam penyakit.

  1. Inovasi Produk

Banyaknya pelaku usaha gorengan yang mulai menjamur dan bisa ditemukan dimana – mana. Maka dari itu perlu adanya inovasi – inovasi baru untuk memoertahankan usaha yang sedang dijalankan.

Inovasi ini bisa dilakukan dengan resep adonan gorengan. Tujuannya adalah untuk memberikan nilai lebih dan membuat usaha Anda dapat unggul dari pesaing-pesaing usaha gorengan lainnya.

Mungkin Anda juga bisa menambahkan produk gorengan yang belum terlalu banyak dijual. Seperti risoles, martabak mini, atau pisang goreng dengan berbagai rasa. Ini bisa menjadi inovasi produk yang akan menarik pembeli.

  1. Packaging

Cukup menggiurkannya usaha gorengan ini, kini mulai banyak yang mengembangkan usaha ini ke level yang lebih tinggi bahkan menyajikannya dengan tampilan yang mewah. Bahkan ada pula yang mulai membuka kafe dengan gorengan sebagai menu utamanya.

Jika biasanya gorengan hanya dibungkus dengan plastik atau kertas mungkin Anda bisa membuatnya dengan packaging yang lebih bagus.

Sehingga pembeli pun akan lebih tertarik untuk membeli gorengan di tempat Anda. Misal dengan packaging kotak, mika, atau steroform. Sehingga gorengan terlihat lebih bersih dan meningkatkan nilainproduk dari gorengan Yang Anda produksi.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda coba untuk terapkan dalam menjalankan usaha gorengan. Dalam menjalankan beberapa tips diatas harus juga diperhitungkan berapa besarnya anggaran yang akan dikeluarkan.

Lakukan evaluasi jika menemui kendala dalam menjalankan bisnis ini. Walaupun banyak pesaingan di luar namun tetaplah optimis terhadap produk Anda. Untuk itu cari kelebihan dan inovasi baru yang membedakan daganan Anda dengan yang lain. Sehingga Anda bisa mendapat konsumen Anda sendiri.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here