Dari Pelatihan Jadi UMKM Andalan Desa

0
105
umkm

UKMBERDAYA.COM – Selain mengembangkan SDM dari program pendidikan usia dini. Pemdes Mondo juga aktif memberi dukungan terhadap pelaku usaha mikro. Salah satu UMKM andalan yang ada di Desa Mondo adalah industri rumahan kripik tahu.

Berawal dari pelatihan pada acara PKK di Balai Desa, Wijiatik mulai aktif memproduksi kripik tahu sejak 2017. “Saya dapat dukungan dari desa Mask arena hal itulah saya semakin optimis dan termotivasi untuk menggerakkan usaha ini,” ujar perempuan yang karib disapa Antik itu.

Selain itu selama ini ia juga mendapat dorongan dari Kepala Desa untuk mengikuti pelatihan UMKM skala kabupaten. Seperti apa yang disampaikan Komarudin, ia dan istrinya Khoirun Nisa selaku penggerak PKK di desa Mondo turut mendukung dengan adanya pelatihan UMKM di Kabupaten.

“Kami selalu mengabari pelaku usaha yang ada disini, salah satunya Bu Antik. Dan Alhamdulillah saat ini sudah mendapat PIRT dari dinas,” imbuhnya. Usaha dengan merek dagang “Tahu Click Antik” tersebut telah mempekerjakan 4 karyawan. Mereka adalah kerabat dan tetangga Antik.

Dukungan pemdes Mondo terhadap pelaku usaha didesanya memiliki tujuan khusus. Yaitu agar pemilik home industri yang saat ini sedang berkembang bisa memiliki jaringan yang luas, memiliki kenalan yang lebih banyak lagi. Tidak hanya di daerah Kabupaten Kediri saja yang ia harapkan, tetapi kalau bisa hingga tingkat provinsi.

Baca Juga : Kesegaran Susu Medowo Dalam Festival Dhahar Durian

Dulu kendala utama usaha ini adalah di pemasaran. Memang usahanya tergolong masih baru, sehingga untuk jaringanya masih sedikit dan produknya pun saat itu belum terkenal.

Saat ini pemasaran yang dilakukan home industri milik Antik sudah merambah ke toko-toko sekitar desanya, ada juga yang ditaruh di swalayan dan pusat oleh-oleh bahkan sampai ke daerah Jombang. “Saat ini sudah ada permintaan dari toko oleh-oleh di daerah Makam Gus Dur Mas,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia juga kerap mengikuti pameran-pameran yang ada di Kabupaten Kediri. Kedepan Antik juga ingin memproduksi jajanan dodol dan kurma yang berbahan dasar salak. Ia juga memiliki harapan untuk ibu-ibu di sekitar rumahnya dapat ikut serta membangun potensi UMKM di Desa Mondo ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here