Tips Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

0
4

Di zaman sekarang ini jualan online lebih banyak diminati oleh para pebisnis zaman now. Karena banyak yang merasa jualan online itu lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional.

Karena dengan menjual barang atau jasa secara online dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan.

Namun sebelum Anda memutuskan berjualan secara online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa tips  untuk memulai bisnis online shop Anda :

1. Perhatikan Produk Apa yang Akan Dijual

Ingatlah terdapat beberapa resiko yang akan terjadi ketika Anda berjualan barang secara online, terutama diproses pengiriman. Ingat Anda harus mempertimbangkan apakah barang yang Anda jual akan aman sampai ke tangan pembeli.

Anda pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk Anda. Misalkan saja Anda menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman.

Namun berbeda halnya  ketika Anda menjual makanan yang memang tidak tahan lama. Anda harus mencari kurir yang dapat mengantar makanan Anda secara cepat dalam waktu beberapa jam, agar ketika sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.

2. Tentukan Platform 

Selanjutnya Anda perlu menentukan platform apa saja yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk Anda.

Jangan sampai Anda menjual pada platform yang tidak sesuai dengan target pembeli. Dan pastikan platform tersebut dapat mempermudah para pembeli Anda.

Misalkan Anda menjual barang-barang elektronik yang harganya mencapai jutaan rupiah, Anda dapat memilih platform yang memang sudah menyediakan sistem pembelian secara kredit.

3. Foto Produk Yang Menarik

Karena Anda menjual produk Anda secara online, foto produk yang Anda jual juga harus semenarik mungkin supaya bisa menarik para calon pembeli untuk membeli produk Anda, Atau sekedar tanya tentang Produk yang anda jual.

Sebelum membuat foto produk, Anda dapat mencari contoh foto produk dari kompetitor yang menurut Anda sesuai untuk menarik pembeli. Tak ada salahnya Anda mencontoh konsep foto tersebut, namun tak lupa Anda harus memfokuskan foto tersebut pada produk Anda.

4. Berikan Promosi Yang Menggoda

Siapa yang tak tertarik dengan potongan harga, atau dengan promosi beli satu gratis satu. Dengan begitu tentu saja akan menarik para pembeli, setidaknya mereka akan melihat produk Anda, mengetahui tentang brand  Anda.

Terdapat beberapa orang yang tidak dapat menahan diri ketika melihat ataupun mendengar mengenai diskon. Cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan daya beli produk yang Anda jual atau sekedar untuk meningkatkan daya beli produk baru yang baru Anda keluarkan, tujuannya adalah untuk mencari pasar yang cocok untuk Brand Anda.

5. Perhatikan Kualitas Produk

Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk Anda dari foto dan dari keterangan yang Anda berikan mengenai produk tersebut. Jadi Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang Anda jual, apakah sesuai dengan keterangan yang tertera atau tidak.

Ingatlah, bahwa menarik pelanggan tak hanya dari platform Anda saja, bisa juga dari mulut ke mulut. Ketika produk yang Anda tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan para pembeli Anda untuk mempromosikan teman atau saudaranya untuk membeli produk yang Anda jual. Tapi, ketika barang yang sampai ke tangan pembeli tidak sesuai. Maka, bisa jadi nama dari brand Anda akan tercoreng dan hal tersebut dapat merugikan Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda jalankan ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis online shop yang sekarang sangat marak di kalangan pebisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here