UKM BERDAYA – Batik adalah salah satu warisan Indonesia. Proses pembuatannya tidak mudah, bahkan oleh orang yang memiliki tubuh normal. Dengan keterbatasan gadis asal magelang ini bisa melahirkan sebuah seni batik.

Namanya adalah Trimah, gadis yang lahir dengan kondisi tubuh tidak lengkap. Ia dilahirkan tanpa kedua tangan yang membuatnya sering dibully. Segala aktivitasnya dilakukan dengan kedua kaki, termasuk membatik.

Trimah adalah gadis energik yang suka berkreasi. Setelah lulus dari SMA reguler, ia memutuskan untuk menggali potensi yang dimiliki. Ia ingin bisa mempunyai penghasilan setelah lulus sekolah.

Berkat menjadi bagian dari keluarga Yakkum Jogjakarta, Trimah mendapat kesempatan mengikuti pelatihan membatik. Awalnya ia merasa belum menguasai karena belum menyatu ke jiwanya. Setelah beberapa bulan berlatih akhirnya Trimah mahir membuat kakinya mengukir diatas kain.

Segala persiapan membatik dikerjakan sendiri. Waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan satu karya sekitar satu minggu tergantung tingkat kerumitan.

Trimah mulai gemar membatik saat melihat orang lain dengan tekun dan ulet membatik diatas sebuah kain putih. Dia mulai penasaran dan tertantang sehingga mempraktekannya dengan segala keterbatasannya. Ia memaksimalkan kemampuan kedua kakinya untuk melakukan kegiatan seperti menulis, bermain handphone dan lain sebagainya.

Setiap karya Trimah banyak yang minati. Bukan hanya dalam negeri, tapi kini mahakarya Trimah juga sudah bertengger dibeberapa negara besar di Eropa. Harganya pun bervariasi. Bahkan karyanya ini sering dipamerkan di setiap event. Kolaborasi bersama Anne Avantie juga pernah dilakoninya

Rahasia dari menariknya batik ini selain dari cara membuat yang berbeda dengan orang normal, tapi juga motif yang selalu berbeda dibuatnya sesuai imajinasinya.

Karya milik Trimah ini dilabeli Batik Samparan yang  berarti kaki dalam bahasa Jawa. Pemilihan kata samparan ini sesuai dengan media yang digunakan Trimah untuk berkarya yaitu kakinya yang lincah.

Karya Trimah ini dibanderol dengan harga yang sesuai kualitas. Salah satu impian besar Trimah yaitu ia ingin bisa memiliki event pameran tunggal Batik Samparan. (Inspirasi/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here