Sulit Beradaptasi di Pekerjaan baru? Coba Tips Penting Berikut Ini

UKMBERDAYA.COM – Ada satu hal yang sering kali menjadi sesuatu yang menyenangkan namun di lain sisi pun membuat susah secara bersamaan. Salah satu jawabannya tentu saja adalah pekerjaan baru. Kita tidak pernah tahu sebelumnya kondisi lingkungan pekerjaan di kantor yang baru, baik atasan, bawahan, hingga sesama karyawan.

Dikatakan menyenangkan tentu saja menyenangkan lantaran memiliki suasana kerja yang baru, namun sisi menakutkannya tentu saja sering kali terdapat ketidakcocokan antara Anda dengan karyawan lainnya.

Salah satu hal yang membuat penilaian kinerja baik tentunya adalah kemampuan Anda dalam beradaptasi terhadap lingkungan pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan semakin mudah beradaptasi terhadap lingkungan pekerjaan, performa yang Anda miliki pun akan meningkat pula.

Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mudah beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Memilah Pekerjaan Agar Lebih Terstruktur

Sebagai seorang karyawan tentunya Kita memiliki banyak sekali tugas dan tanggung jawab. Untuk mengatasi pekerjaan yang menumpuk dan membuat Anda menjadi kewalahan, cobalah untuk memilah pekerjaan menjadi lebih terstruktur sehingga bisa menjadi lebih fokus terhadap pekerjaan yang Anda miliki.

Misal, jika Anda memiliki pekerjaan sebagai seorang marketing communication, Anda bisa memecahnya menjadi bagian brandingevent, dan campaign. Untuk membuat pekerjaan lebih fokus lagi, Anda pun bisa memecah ketiga concern tersebut menjadi beberapa bagian lagi. Hal tersebut bertujuan agar setiap rencana yang disusun dapat terlaksana dengan baik dan terukur.

Setelah memecah beberapa tugas dan tanggung jawab yang Anda miliki, cobalah untuk mulai membuat jadwal pekerjaan dan target pelaksaannya, sehingga tujuan dari rencana yang Anda miliki dapat dilakukan dengan maksimal.

Baca Juga: SHARP Indonesia Luncurkan Aquos 8K di Tahun 2019

2. Catatlah Menggunakan Tangan Setiap Pekerjaan yang Hendak Anda Laksanakan

Menurut riset dari Princeton University dan UCLA, menulis dengan menggunakan tangan akan membantu setiap penulisnya untuk memahami dengan baik dan membantu Anda untuk mengidentifikasi konsep-konsep penting dalam pekerjaan. Oleh karenanya jika Anda telah memilah-milah pekerjaan yang hendak Anda laksanakan, jangan lupa untuk menulisnya di buku sehingga bisa membacanya kapan saja.

Berbeda jika Anda menulis to do list menggunakan komputer, selain mudah membuyarkan konsentrasi, juga sangat mudah terganggu utamanya apabila komputer yang digunakan terhubung dengan internet.  

3. Tetap Fokus Dengan Apa yang Anda Kerjakan Selama Masa Orientasi

Setiap karyawan tentunya akan masuk dengan melewati masa orientasi layaknya siswa baru di sebuah perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk mengenal budaya perusahaan, lingkungan dan cara kerja karyawan di lingkungan perusahaan hingga tugas selama bekerja di perusahaan tersebut.  

Manfaatkan masa ini untuk menggali informasi sebaik mungkin mengenai perusahaan di mana Anda bekerja. Jangan lupa untuk tetap konsentrasi dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban, sehingga kedepannya Anda pun bisa melaksanakan pekerjaan secara maksimal.

4. Pelajari dan pahami Lingkungan Kerja Dengan Tenang

Setiap karyawan tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai jabatan yang dimilikinya. Sebelum mengerjakan tugas yang diberikan, pastikan Anda telah mempelajari dan memahami situasi lingkungan kerja. Hal tersebut penting Anda lakukan, namun selalu ingat, lakukan sesuai porsi dan jangan lakukan secara berlebihan.

5. Jaga Volume Suara selama Berkomunikasi dengan Rekan Kerja

Saat datang ke sebuah perusahaan baru tentunya di dalam perusahaan tersebut terdapat banyak sekali latar belakang dan sifat orang. Menjalin komunikasi dengan mereka adalah hal yang wajib dilakukan agar pekerjaan yang Anda lakukan bisa terlaksana dengan baik.

Dengan perbedaan latar belakang masing-masing orang, Anda tak bisa memukul rata cara berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain. Salah satu cara untuk mengawali komunikasi yang baik yakni dengan cara menjaga volume suara yang Anda miliki.

Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak terlihat seperti orang asing yang masuk dalam lingkungan baru. Selain itu hal tersebut juga akan jauh membuat orang lain merasa nyaman dengan kehadiran Anda.

6. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin untuk Berkenalan dan Menjalin Hubungan Baik dengan Sesama Karyawan

Sebagai karyawan baru tentunya ada keinginan menjalin hubungan baik dengan karyawan lain. Namun yang perlu Anda ingat adalah tetap menjaga intensitas komunikasi dengan rekan kerja lantaran tanggung jawab di perusahaan bukan untuk menjalin komunikasi dengan karyawan lain saja, namun Anda tetap dituntut untuk tetap mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki.

7. Jaga Keramahan dan Sopan Santun Kepada Semua Orang

First impression yang baik bagi karyawan baru adalah tetap menjaga keramahan dan sopan santun kepada semua orang yang ada di kantor. Hal tersebut bisa membuat pekerjaan yang Anda jalani semakin mudah lantaran tidak memiliki musuh sekalipun baru masuk dalam hitungan hari.

Demikian lah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat baru saja pindah ke kantor baru dan berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan. Tetaplah fokus dengan tugas dan tanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here