Sukses Bisnis Cireng Berkat Hobi Istri

UKM BERDAYA – Kita tidak bisa menduga kisah sukses bisnis seseorang. Termasuk kisah dari Sonny Arie Widjaja yang bisa kita jadikan inspirasi. Warga Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang kini telah sukses dengan bisnis cirengnya.  Dia mengawali usaha dengan berjualan es cokelat di pinggir jalan. Namun karena mengalami berbagai kendala dia banting setir untuk berjualan cireng.

Ide berjualan cireng ini muncul karena kegemaran istrinya dalam memasak. Karena istrinya yang asli orang jawa barat dia sering memasak berbagai masakan khas jawa barat, termasuk cireng.

Karena merasakan masakannya yang enak dia mencoba untuk berbisnis masakan cireng buatan istrinya ini. Awalnya dia mencoba untuk menjual cireng isi. Namun karena produknya tidak tahan lama dia mencari ide agar produknya bisa bertahan lama. Lalu terciptalah produk yang sekarang menjadi produk andalannya yaitu kripik cireng “Teteh Imas”. Produk ini lah yang membawanya sukses berbisnis.

Pada awal bisnis cirengnya ini sonny memiliki banyak kendala dan hanya beromset sekitar 3 jutaan. Salah satu kendala dalam membesarkan bisnisnya adalah terbatasnya tempat untuk memproduksi cireng hal ini karena produksinya masih jadi satu dengan ruang keluarga. Tidak adanya mesin spiner juga membuatnya agak kesulitan, pasalnya setiap produksi dia harus meniriskan kripik cirengnya ke toples yang sudah diberi alas kertas minyak agar kering dan membutuhkan waktu lebih dari tiga hari untuk menunggu kripiknya benar-benar hilang minyaknya. 

Sukses Bisnis Cireng Berkat Hobi Istri
Kripik cireng yang menjadi produk Sonny

Namun berkat adanya Rumah Zakat Kediri menjadikan Sonny binaanya dan memberikan support kepadanya. Kini dia bisa lebih berkembang. Sejak mendapat support seperti spiner, produksi cirengnya yang awalnya masih skala kecil mulai berkembang dari hanya adonan tepung 1 kg, 3 kg 5 kg, 10 kg dan sekarang sebanyak 25 kg dalam 3 hari.

Kini usaha kripik cireng yang ditekuni Sonny bisa beromset hingga 11 juta perbulan. Dia juga terus mengupayakan untuk pembaruan label dan kemasan dengan berbagai pilihan rasa dan  ukuran  agar menarik konsumen lebih luas. Sonny juga mulai membuat produk lainnya seperti Cheese Stick, Coklat Green Tea dan sesekali menerima pesanan cireng isi. Sekarang pun sudah memiliki 2 karyawan selain ibu dan istri yang juga membantu produksi. Pemasaran juga semakin luas dengan dibantu reseller sampai ke Trenggalek, Surabaya dan Semarang.

Baca juga : Masih kelas 5 sd sudah mikiki bisnis dengan omset 10 juta perbulan

.“Alhamdulillah, selain didampingi usaha saya juga berkumpul dengan UKM-UKM lainnya. Melalui  edukasi wirausaha yang membuat saya mengerti pentingnya pembukuan karena saya sebelumnya saya hanya fokus produksi”. Ucap Sonny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here