KOLABORASI PENTA HELIX “PERGURUAN TINGGI” DENGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI RUMAH ZAKAT DI DESA BERDAYA SANGKARAH

0
43

UKMberdaya.com – Tingginya jumlah penduduk miskin, rendahnya kualitas sumber daya manusia, kesenjangan kesehteraan, minimnya akses informasi serta buruknya sarana infrastruktur di desa menjadi Sebagian penyebab permasalahan kemiskinan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu konsep kolaborasi yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada di desa. Konsep kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan di desa. Konsep ini disebut dengan Konsep Penta Helix dalam pembangunan desa.

Konsep Penta Helix ini merupakan kolaborasi 5 (lima) unsur subjek atau stakeholder, yaitu : Academician, Business, Community, Government, dan Media. Biasanya disingkat ABCGM. Konsep tersebut juga mulai diterapkan oleh Rumah Zakat dalam program pemberdayaan di Desa Berdaya. Rumah Zakat hadir untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Salah satu programnya adalah program pemberdayaan ekonomi. Program ini membantu para pelaku usaha untuk bisa tetap bertahan dan sukses dalam menjalankan usahanya.

baca juga : 20 Lowongan Kerja Kediri Terbaru bulan Juni

Program pemberdayaan ekonomi ini juga berkolaborasi dengan konsep Penta Helix dalam memajukan desa. Salah satu desa berdaya yang menjalankan konsep tersebut adalah Desa Berdaya Sangkrah, Kota Surakarta yang merupakan binaan dari Rumah Zakat. Dari 5 (lima) unsur tersebut, melalui relawan inspirasi sebegai pendamping program di desa, telah melakukan sinergi dengan salah satu perguruan tinggi swasta di wilayah Surakarta yang bernama Politeknik Indonusa Surakarta.

Program Pemberdayaan ekonomi di Desa berdaya Sangkrah ini berupa Kampoeng Lukis Sangkrah. Salah satu pengajar dari Politeknik Indonusa, Bapak Jahid, menyampaikan bahwa kami akan mensupport program yang ada di desa ini melalui pemanfaatan kecagihan teknologi digital saat ini. Selain desa ini akan dijadikan tempat pembelajaran mahasiswa, kami juga akan memberikan keahlian pengelolaan usaha melalui digital marketing bagi masyarakat di desa.

Kolaborasi ini dimulai dengan pembuatan website Kampoeng Lukis Sangkrah. Website ini nanti akan berisi segala informasi yang berkaitan dengan produk usaha masyarakat hingga aktivitas masyarakat di desa. Kemudian rencannya akan dilanjutkan dengan memproduksi film pendek. Ibu Devi sebagai Relawan Inspirasidi desa tersebut sangat senang dan berharap program pemberdayaan ekonomi ini semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Melalui Kerjasama ini, diharapkan proses pembangunan desa khususnya dibidang ekonomi/UMKM dalam semakin berkembang dan maju, disaat roda perekonomian kembali hidup setelah masa pandemic yang membuat mati roda perekonomian.

 

Penulis :
Riska yuliana
Center of Excellent Usaha Desa  Rumah Zakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here