Rujak soto? Rujak atau soto? Coba bayangkan dulu. Banyuwangi, selain kota yang penuh dengan destinasi pariwisata yang menarik, ternyata juga memiliki makanan khas yang unik. Ketika kamu berniat untuk berlibur ke daerah yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah ini, kamu wajib mencobanya guys! Kebanyakan setiap orang yang pertama kali mencoba makanan ini akan terasa sedikit aneh, namun kemudian semangkok rujak soto pun habis karena nikmat dan gurih kuahnya.

1. Layaknya rujak biasa…

Disebut rujak karena memang memakai bumbu rujak yang terdiri dari kacang tanah yang sudah di goreng, petis, pisang muda, cuka, cabai dan tentunya garam. Setelah dihaluskan di cobek besar, dimasukkan sayur-sayuran yang sudah direbus seperti cambah, kangkung, bunga turi dan irisan timun segar. Tidak lupa ada tempe goreng dan tahu gorengnya juga lho!

2. Tapi bukan rujak biasa…

Setelah bahan tadi di aduk menjadi satu, dipindahkan ke wadah piring dan diberi kecap diatasnya untuk menambah rasa manis. Tidak lupa ditambah irisan seledri dan bawang goreng. Yummy!

3. Ketika rujak bertemu dengan soto

Rujak Soto Khas Banyuwangi, sudah coba

Sentuhan terakhir, alasan mengapa disebut rujak soto tentunya diberi kuah soto jeroan sapi yang mantap abis. Jangan lupa untuk mengaduknya sebelum dimakan, kerupuk dan emping belinjo pun siap menjadi pelengkap!

Baca juga: Nasi Tempong Mbok Nah pedesnya nampar

4. Harga yang bersahabat

Makanan khas Banyuwangi ini dapat dibeli dengan harga 15 ribu rupiah per-porsinya. Masuk dalam kategori makanan yang murah tapi meriah juga ya, untuk menjadi pelengkap pengalaman kulinermu ketika datang ke kota yang disebut-sebut sunrise of java ini.

5. Penjual rujak soto yang melegenda

Sebagai rekomendasi tempat, kamu bisa datang ke warung Ibu Tik di jalan Kapten Pieretendean Banyuwangi. Meskipun tempatnya hanya berupa warung di sebuah gang kecil, rujak soto Ibu Tik sudah terkenal sejak tahun 1978. Terbukti dengan banyaknya pelanggan yang setia. Terbukti dengan banyaknya pelanggan yang setia. Ibu Tik selaku pemilik warung mengatakan, Fitri Carlina penyanyi dangdut asal Banyuwangi pun selalu menyempatkan diri untuk membeli di tempatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here