Potensi Emas Bisnis Klinik Kesehatan yang Menjanjikan

0
24
Potensi Emas Bisnis Klinik Kesehatan yang Menjanjikan

Sebagian orang memilih untuk membangun bisnis daripada menjadi seorang karyawan. Keinginan ini boleh boleh saja, jika ada passion yang kuat di dunia bisnis. Membangun bisnis bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan, tetapi juga sebagai aktualisasi diri atau bahkan membantu orang lain.

Salah satu bisnis yang mencakup ketiga poin tersebut adalah bisnis klinik kesehatan. Dari segi perhitungan, bisnis ini cukup menjanjikan. Di sisi lain, membangun sebuah klinik kesehatan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Layanan yang Tersedia

Apa saja layanan yang disediakan oleh sebuah klinik kesehatan? Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, klinik bisa menjalankan pelayanan rawat jalan, one day care, dan rawat inap.

Untuk menyelenggarakan klinik kesehatan, diperlukan jasa beberapa tenaga kesehatan, yaitu perawat atau bidan. Klinik ini harus dipimpin oleh seorang tenaga

medis, yaitu dokter atau dokter spesialis. Dokter gigi juga bisa memimpin sebuah klinik kesehatan khusus untuk perawatan gigi.

Tenaga medis yang melakukan praktik di klinik ini wajib memiliki Surat Izin Praktik (SIP). Sementara itu, tenaga kesehatan yang bekerja juga harus memiliki Surat Izin Kerja (SIK) atau Surat Izin Apoteker (SIPA).

Baca Juga : Ingin Punya Asisten Kesehatan Pribadi ? SehatQ.Com Solusinya

Selain layanan utama, ada beberapa layanan ekstra yang dapat disediakan oleh klinik kesehatan, seperti laboratorium, layanan rontgen, hingga apotek. Semakin lengkap layanan yang diberikan, tentu akan semakin menjadi andalan.

Prospek Besar Layanan Kesehatan

Membangun sebuah bisnis klinik kesehatan merupakan sebuah langkah yang berpeluang menghasilkan keuntungan. Pasalnya, kebutuhan akan perawatan kesehatan merupakan sebuah kebutuhan yang tidak pernah habis. Itulah sebabnya bisnis yang berkaitan dengan kesehatan sangat prospektif.

Sebagai kebutuhan primer manusia, keberadaan klinik kesehatan tentu sangat dinanti-nantikan. Menariknya, peluang bisnis di bidang ini masih terbuka sangat lebar, termasuk bagi para pemain baru.

Ada banyak macam klinik kesehatan yang bisa dijajal. Selain klinik kesehatan umum, Anda dapat membuka klinik kesehatan gigi, klinik cuci darah, dan berbagai jenis klinik lainnya.

Memilih membuka klinik spesialis daripada klinik umum tentu ada untung ruginya. Keuntungannya adalah target pasar yang jelas. Anda dapat mengembangkan layanan eksklusif yang sangat dibutuhkan oleh pasien tertentu.

Akan tetapi, bisa juga layanan ini tidak berjalan lancar dan klinik menjadi sepi karena tidak ditujukan untuk pasien umum.

Perlunya Pengetahuan

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis klinik kesehatan, sangat penting untuk mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai berbagai isu kesehatan. Ini bukan berarti orang awam tidak boleh terjun ke bisnis kesehatan. Siapa pun bisa membangun sarana kesehatan berupa klinik, asalkan tahu cara mengelolanya.

Hal pertama yang harus dibangun adalah trust atau kepercayaan dari calon pasien. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan memang sangat rentan. Salah penanganan sedikit saja, dampaknya bisa sangat fatal. Oleh karena itu, klinik yang berhasil membangun kepercayaan akan mudah maju.

Untuk membangun trust memang tidak mudah. Anda harus melakukan berbagai upaya demi membuat pasien meyakini bahwa sistem pengobatan sudah ideal dan sesuai standar. Untuk itu, tenaga medis dan tenaga kesehatan yang praktik di klinik ini juga harus benar benar terjamin kualitasnya.

Pengetahuan tentang kesehatan juga bisa didapatkan dari pengalaman. Anda dapat terjun terlebih dahulu di dunia ini, misalnya menjadi karyawan di sebuah klinik, sebelum membangun bisnis sendiri. Tujuannya agar Anda mengetahui secara langsung seluk beluk dunia kesehatan dan pelayanannya.

Cara Memulai Bisnis Klinik Kesehatan

Bagi Anda yang ingin memulai menjalankan bisnis klinik kesehatan, hal apaa saja yang perlu dilakukan? Simaklah beberapa langkah berikut:

Buat perencanaan yang matang

Sebelum memulai sebuah bisnis, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan. Poin penting yang harus dipertimbangkan sejak awal adalah menentukan jenis klinik yang akan dibangun. Pastikan klinik tersebut menawarkan keunggulan sehingga memiliki daya tarik untuk calon pasien.

Baca Juga : 10 Bisnis Ide Startup Unik

Sediakan modal usaha yang cukup

Terjun ke bisnis kesehatan memang tidak murah. Peralatan dan perlengkapan yang disediakan harus lengkap dan berkualitas untuk memastikan kebutuhan pasien terakomodasi. Bisa dikatakan, Anda harus menyediakan sejumlah besar modal awal untuk memulainya.

Lalu, bagaimana mendapatkan modal tersebut? Anda bisa menggunakan modal sendiri atau bermitra dengan orang lain. Bahkan, ada pula opsi menarik lain yang bisa dipertimbangkan, yaitu menawarkannya kepada para investor. Dengan ide dan rencana bisnis yang matang, tawaran tersebut tentu akan disambut baik.

Cari lokasi yang strategis

Dalam setiap bisnis, lokasi adalah salah satu elemen yang sangat penting. Lokasi yang strategis akan memudahkan mobilitas, khususnya jika ada pasien yang datang untuk berobat.

Lokasi yang strategis tidak selalu harus berada di pusat kota. Namun, pastikan akses jalan menuju klinik cukup mudah dan terjangkau. Anda juga harus memastikan tersedianya ruang untuk parkir kendaraan yang cukup memadai.

Rekrut SDM berkualitas

Hal yang tidak kalah penting perlu diperhatikan ketika akan membangun bisnis kesehatan adalah merekrut SDM (Sumber Daya Manusia) yang tepat. Untuk memimpin klinik kesehatan tersebut, carilah tenaga medis yang benar benar bisa mempertanggungjawabkan kualitasnya.

SDM bukan hanya terkait tenaga medis dan tenaga kesehatan. Untuk klinik yang lebih besar, Anda juga harus mempersiapkan beberapa tenaga pendukung lain, seperti satpam, bagian administrasi, bagian keuangan, dan lainnya.

Cek kompetisi pasar

Ketika membangun bisnis klinik kesehatan, Anda tidak akan terlepas dari kompetisi pasar. Setiap klinik akan berlomba lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Ada pula yang memberikan fasilitas ekstra sehingga menambah kenyamanan pasien.

Ada berbagai format yang bisa Anda coba supaya berhasil memimpin kompetisi pasar. Dengan survei yang valid dan tepat, formulasi khusus untuk bisnis Anda akan lebih efektif. Jadi, jangan sampai membangun klinik kesehatan tanpa mempertimbangkan hal ini.

Penuhi syarat-syarat pendirian

Secara teknis, Anda perlu memenuhi beberapa syarat khusus untuk mendirikan klinik kesehatan. Ada beberapa dokumen penting yang perlu dipersiapkan, antara lain Surat Permohonan, daftar peralatan medis dan nonmedis, daftar riwayat dokter penanggung jawab, data tenaga paramedis, dan sebagainya.

Syarat-syarat ini harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda membangun sebuah usaha di bidang kesehatan.

Lakukan promosi secara tepat

Selain itu, Anda harus tahu cara mempromosikan bisnis dengan tepat. Khusus untuk bisnis kesehatan, hal ini sangat penting. Pasalnya, tidak ada seorang pun yang ingin sakit.

Baca Juga : Inilah Usaha Agribisnis Yang Bisa Mendatangkan Keuntungan Banyak

Namun, Anda harus dapat menempatkan bisnis Anda sebagai solusi yang tepat atas penyakit yang diderita oleh pasien. Jika promosi yang tepat ditujukan kepada orang yang tepat, hasilnya pun akan lebih optimal.

Jadi, inilah beberapa hal yang perlu dipahami tentang cara membangun bisnis klinik kesehatan. Menarik, bukan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here