Pemerintah Gerakkan PNS Beli Sembako di Koperasi

0
40
PNS Beli Sembako di Koperasi

Ukmberdaya.com Jakarta – Pembelian produk sembako dari koperasi yang ada di lingkungan sekitar Aparatur Sipil Negara ASN atau PNS di galakkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM. Hal ini di tujukan untuk mendorong pergerakan ekonomi dan pemberdayaan koperasi di tengah pandemi Covid-19.

Victoria Simanungkalit yang menjabat sebagai Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM mengungkapkan untuk bahwa saat ini banyak koperasi yang salah satunya bergerak dibidang beras yang mengalami jumlah pasokan berlebih. Oleh karena itu perlu adanya gerakan afirmasi dari Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadi pembina untuk memperluas jangkauan pemasaran dari produk produk koperasi tersebut.

Di kutip dari Liputan6.com pada hari Jumat, 10 April 2020. Victoria mengatakan bahwa ia ingin mendorong para ASN di Kementerian Koperasi dan UKM menjadi perintis untuk menyerap produk produk yang di produksi oleh koperasi dan juga ikut serta dalam memasarakan produk produk yang di hasilkan.

ASN di harapkan bisa menjadi brand ambassador untuk bergeraknya perekonomian. Selain Kementeraian Koperasi dan UKM, Victoria juga mengajak lembaga lainnya bahkan juga para pegawai BUMN untuk ikut serta berpartisipasi menyerap produk produk UKM tersebut.

Program yang dijalankan ini juga merupakan hal yang seiring dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang telah di terapkan di Provinsi DKI Jakarta pada hari Jumat, 10 April 2020.

Oleh karena itu Kementerian Koperasi dan UKM berinisiatif untuk membuat langkah langkah agar distribusi sembako tetap berjalan dengan lancar dan juga ikut serta memberdayakan transportasi online (ojek online) untuk ambil bagian dalam kondisi ini.

Untuk permulaan akan dilakukan pertama kali sebagai pilot project ialah produk komoditas beras yang akan dilaksanakan pada hari jumat, 10 April 2020. Gedung Kementerian Koperasi dan UKM dan daerah Lenteng Agung menjadi dropping point yang di tetapkan. Para ASN atau Pegawai bisa mengambil produk produk yang telah ditentukan di lokasi tersebut. Selain itu produk atau barang juga bisa dikirim ke rumah masing masing dengan menggunakan jasa ojek online.

Kementerian Koperasi dan UKM Komoditi Beras
sumber foto : liputan6.com

Di Dropping Point terdapat petugas khusus yang akan menangani proses akomodasi pemesanan dan penerimaan pembayaran dari pegawai yang sebagai konsumen di klusternya masing masing. Sekaligus proses pengiriman barang pesanan yang bekerjasama dengan Ojek Online ke rumah masing masing ASN atau Pegawai yang memesan.

Program yang dijalankan ini sejalan dengan arahan dari Presiden pada tanggal 11 November 2019 dan tanggal 9 Desember 2019 lalu terkait dengan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam arahan tersebut poin pentingnya ialah Kementerian atau Lembaga bisa memberikan prioritas untuk membeli produk produk UMKM termasuk juga koperasi untuk memenuhi kebutuhan barang di masing masing Kementerian atau Lembaga.

Sumber : Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here