Pemerintah Bakal Gratiskan Biaya Sertifikasi Halal untuk UKM

0
67
UKMBERDAYA.COM – Pemerintah mengkaji opsi menggratiskan biaya sertifikasi halal. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuturkan nantinya penggratisan ditujukan buat sektor usaha kecil dan mikro (UKM).
“Idenya memang untuk UKM, bukan UMKM, itu idenya yang digratiskan. Akan digratiskan semangatnya itu supaya mereka tidak terbebani,” kata Ma’ruf usai rapat persiapan pelaksanaan UU Jaminan Produk Halal di Kantor Wapres, Kamis (9/1).
Penggratisan sertifikasi halal ini dilakukan dalam melaksanakan amanat UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).
Menurut Ma’ruf, aturan soal penggratisan biaya sertifikasi itu nantinya dimasukkan ke dalam Peraturan Menteri Keuangan yang saat ini sedang disusun oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati.
“Nanti ada Peraturan Menteri Keuangan, PMK, yang lagi digodok juga. Termasuk penerbitan PMK, yang mengatur soal tarif transparan,” ucap Ma’ruf.
Sementara berapa estimasi besaran subsidi akan menunggu perhitungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).
Kementerian Agama sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman penyelenggaraan layanan sertifikasi halal dengan 10 kementerian dan lembaga. Sertifikasi halal ini akan terlebih dahulu menyasar produk makanan dan minuman.
Penerbitan sertifikasi halal nantinya menjadi kewenangan BPJPH. Sehingga kewenangan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika MUI (LPPOM-MUI) untuk menerbitkan sertifikasi halal beralih ke BPJPH.
Hal ini diatur UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), seluruh produk yang ada di Indonesia wajib bersertifikat halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here