Peluang Usaha Ternak Kroto Dengan Keuntungan yang Fantastis

0
26
Usaha Ternak Kroto

Harga jual kroto yang mahal adalah alasan salah satu usaha ternak yang menjadi menguntungkan, walaupun tidak berlaku secara fluktuatif. Bagi yang belum mengetahui apa itu kroto, kroto adalah salah satu campuran antara lava yang dihasilkan oleh semut rangrang.

Sebelumnya, kroto ini sendiri, banyak diburu dialam bebas. Namun karena ketersediannya semakin sedikit, maka banyak sekali orang yang tertarik untuk melakukan budidaya kroto ini diarea rumah mereka. Melakukan budidaya ternak kroto, adalah salah satu langkah yang terbilang cukup mudah dilakukan.

Cara ini, merupakan jalan keluar untuk selalu mendapatkan kroto secara kontinyu, karena ketersediaan kroto dialam bebas cenderung makin menurun. Sedangkan permintaan pasar semakin besar ketika para penghobi burung kicau semakin meluas.

Tahap dan cara memulai usaha ternak budidaya kroto di rumahan

Bagi anda yang berminat untuk melakukan ternak kroto ini, maka anda bisa mencoba beberapa langkah yang praktis serta mudah dilakukan.

Baca Juga : Ide Usaha Ternak di Desa Modal Kecil Untung Besar

Berikut ini merupakan ulasan mengenai cara prkatis dalam melakukan budidaya kroto yang bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk anda coba.

1. Menyiapkan bibit koloni

Bibit koloni ini, merupakan salah satu jenis bibit yang bisa didapat dari hasil tangkapan dialam bebas. Atau bisa anda dapatkan dari petani lainnya.

Bila anda mendapatkan kesulitan dalam memilih bibit koloni alam, maka anda bisa membeli dari peternak lainnya. Biasanya untuk harga per liternya cukup mahal, kisaran 100 hingga 150 ribu.

2. Membuat kandang

Kandang kroto ini sendiri, bisa dibuat dengan paralon karena untuk perawatannya memang cenderung lebih praktis.

Hanya perlu untuk memotong paralon dengan panjang dan disusun kedalam rak. Kemudian anda bisa meletaknnya disetiap kaki rak diatas plastik.

Lakukan penggenangan di area kaki rak, agar nantinya koloni semut tidak kabur. Setelah itu, susun daun dalam paralon, agar nantinya semut bisa bersarang didalamnya. Terbarkan bibit koloni semut kedalam paralon.

3. Menebarkan bibit koloni

Setelah berhasil membuat sarang, anda harus meletakan koloni semut rangrang ke dalam kandang atau sarang yang tadi dibuat. Potong botol plastik yang berisi bibit kroto, dan buka toplesnya.

Baca Juga : Peluang Usaha Ternak Sapi

Letakan diatas tumbukan paralon dan sediakan pakan berupa gula, agar nantinya semut bisa nyaman disarang barunya.

4. Pemberian pakan

Pakan untuk kroto ini sendiri bermacam macam. Mulai dari belalang, jangkrik, cicak, belalang, sampai ulat dan jangkrik yang mana bisa direbus dahulu agar nantinya tidak membusuk dan bau.

Untuk semut rangrang ini asupan protein dengan lemak sangat baik. Gunakan tatakan berentuk ceper, dan letakan pakan dirak samping sarang semut. Langsung masukan kesarang semut, jika pakan tersebut berjenis pakan hidup. Seperti belalang, dll.

5. Pemanenan kroto

Kroto akan siap panen jika secara teori memiliki umur daur selama 15 hingga 20 hari. Memanen bisa dilakukan setelah sarang semut sudah penuh dengan terlu kroto berwarna putih.

Kroto bisa dipanen 15 hingga 20 hari. Sebaiknya pada awal budidaya, biarkan bibit koloni ini berkembangbiak. Hingga populasinya bertambah. Setelah 6 bulan, maka anda bisa memanennya selama 2 kali dalam setiap 1 bulannya.

Baca Juga : Tips Membangun Usaha Peternak Kelinci

Berikut ini adalah perhitungan harga modal serta harga pasaran untuk kroto per 1 kg:

KROTO:
> Kroto Rp. 175.000,- Per Kg

BIBIT KROTO:
> Per Toples @ Rp. 30.000,-
> Diatas 50 Toples @ Rp. 29.000,- (Bonus 1 Ratu)
> Diatas 100 Toples @ Rp. 28.000,- (Bonus 2 Ratu)

RATU:
> Ratu  Semut Rp.65.000,- Per Ekor

Itulah beberapa ulasan Tentang cara praktis dalam melakukan budidaya kroto yang bisa anda coba dalam bertenak kroto dengan mudah. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here