Peluang Usaha Menggiurkan Budidaya Kroto Di Desa

0
36

Ukmberdaya.com – Kroto merupakan anak semut rangrang yang berwarna putih, kroto ini bisa dikatakan sebagai makanan pokok untuk beberapa jenis hewan peliharaan seperti burung kicau ataupun untuk jenis hewan lain pemakan serangga. Sejak dari dulu kroto telah banyak dicari oleh orang-orang, baik untuk dijual ataupun untuk pakan hewan peliharaan mereka.Peluang Usaha Menggiurkan Budidaya Kroto Di Desa

Seiring perkembangan zaman dan kian banyaknya orang yang memelihara burung kicau, permintaan akan kroto menjadi sangat meningkat. Saking banyaknya permintaan kroto, sekarang orang-orang penjual kroto tidak bisa lagi mendapatkan kroto cuma dengan mengandalkan mencari di pohon-pohon. Lebih-lebih umumnya semut rangrang membuat sarangnya di pohon yang tinggi dan susah untuk dijangkau oleh manusia.

Selain itu sekarang keberadaan kroto di alam liar juga telah kian langka sebab kerapkali diburu dan diambil oleh manusia. Karena semakin tingginya permintaan dan langkanya stok kroto di alam liar, banyak orang mulai berpikir untuk mencari solusinya, yaitu dengan beternak kroto di rumah. Oleh sebab itu beternak kroto merupakan salah satu peluang usaha desa yang juga bisa Anda coba dan jalankan di rumah.

Apapun usahanya apabila dijalani dengan tekun, ulet, dengan motivasi b

 

ukan tidak mungkin akan membuahkan kesuksesan dan mendatangkan profit yang layak sesuai harapan. Seperti halnya usaha membudidayakan kroto semut rangrang ini, Anda wajib mendalami dengan tekun, disiplin dan tabah serta memperbayak membaca dan mencari tahu seputar ilmu budidaya kroto agar usaha budidaya kroto yang Anda rintis bisa berhasil dan membuahkan untung yang besar.

 

Apalagi sekarang konsumennya tidak cuma dari para pecinta dan pemelihara burung saja, akan tapi banyak juga permintaan dari kelompok penghobi memancing yang mengaplikasikan kroto ini sebagai bahan untuk umpan ikannya. Sekiranya dipandang dari beberapa alasan tadi usaha budidaya kroto merupakan usaha yang cukup menjanjikan. Selain itu Anda tidak membutuhkan modal yang besar dan tempat yang luas, Anda cukup memanfaatkan sebagian halaman rumah anda yang kosong.

Peluang Usaha Menggiurkan Budidaya Kroto Di Desa

 

Nah, bagi Anda yang mau mencoba peluang usaha budidaya krot

 

o semut rangrang di rumahan, berikut ini merupakan metode membudidayakan kroto untuk pemula yang telah kami lansir dari beberapa sumbur :

Dalam budidaya kroto rumahan ini Anda cukup mengeluarkan modal sekitar Rp 400.000 untuk usaha selama kurang lebih 10 tahun. Apalagi harga kroto sekarang ini per kilonya kurang lebih sampai Rp.150.000 hingga Rp. 250.000

Persiapkan Tempat Untuk Budidaya Semut Rangrang

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan yaitu menyiapkan tempat untuk sarang semut rangrangnya. Sarang inilah yang nanti digunakan sebagai tempat berkembang biak semut rangrang. Anda bisa mengaplikasikan media toples, paralon atau besek bambu.

  1. Sediakan toples, buatkan lubang berdiameter 1cm di sisi dan atas toples. Lubang ini berfungsi sebagai pintu keluar masuk semut rangrang untuk mengambil makanan yang terletak di luar toples. Sekiranya Anda baru memasukan semut rangrang ke dalam toples, maka tutuplah toples, biarkanlah selama kurang lebih 3 jam, hal ini bertujuan agar semut bisa menyesuaikan diri atau adaptasi terlebih dulu.
  2. Sediakan paralon dengan ukuran diameter 12cm dan panjangnya 50cm. Susun paralon tersebut pada rak yang terbuat dari bambu atau besi. Usahakan terdapat 2 rak tingkat dan letakkan wadah berisi air di tiap-tiap kaki raknya. Ini bertujuan agar semut tidak kabur. Letakkan rak tersebut di tempat yang tenang, jauh dari bunyi-bunyi bising sebab semut butuh ketenangan untuk berkembang biak.
  3. Sediakan besek bambu dan beri lubang kecil sebagai tempat keluar masuknya semut. Tata besek bambu tersebut di rak, sama halnya seperti meletakkan paralon tadi.

Buat Rak Untuk Budidaya Kroto

Biasanya rak ini terbuat dari kayu atau besi. Untuk tingginya kurang lebih 1,5 meter, panjangnya 2 meter dan untuk luasnya setengah meter. Anda bisa memegang tingkat pada rak, tiap-tiap tingkatnya mempunyai tinggi sekitar 30-40cm. Untuk tinggi kaki raknya sekitar 30cm dan jangan lupa untuk meletakkan wadah berisi air pada kaki rak.

Pilih Benih Kroto Berkualitas

Cari dan pilih benih semut rangrang merah yang bermutu. Anda bisa mencari di alam liar, tapi perlu diingat observasi metode mengambilnya jangan sampai merusak sarang semut rangrang. Karena ini bisa membahayakan koloni semut rangrang merah tersebut, sebaiknya Anda memotong rantingnya agar aman. Ambil sarang cuma yang didalamnya terdapat krotonya saja, mengambil benih di alam liar memang membutuhkan usaha lebih dan kerja keras.

Sekiranya Anda mengambil bibitan rangrang dari alam liar disarankan untuk memberikan pakan berupa bangkai serangga yang telah diolesi manisan sesudah dipindahkan ke wadah agar semut rangrang dapat menyesuaikan diri. Sekiranya Anda tidak mau repot-repot, Anda bisa mencari benihnya di kios burung yang memasarkan benih kroto semut rangrang merah. Biasanya semut rangrang merah bisa menghasilkan 1kg kroto dalam waktu 10 hari.

Tebar Benih Rangrang

Letakkan semut rangrang di botol plastik dan lubangi botol, ini agar semut gampang untuk keluar. Kemudian letakkan botol ke dalam kandang yang telah Anda siapkan sebelumnya, biarkan semut keluar dan bersarang di wadah.

Pemberian Pakan Semut Rangrang

Di alam liar umumnya semut rangrang memakan jangkrik, belalang atau serangga kecil lainnya. Sekiranya dipelihara dirumahan Anda bisa memberikan makanan tambahan manisan sebab semut rangrang suka makanan-makanan yang manis. Tebarkan pakan semut di sekitar wadah, Anda bisa juga memberi minum berupa gula dicampur air.

Metode Panen Kroto Rumahan

Kroto bisa dipanen sesudah 15-20 hari. Akan tetapi pada 6 bulan pertama dari awal pengembangbiakan jangan dipanen terlebih dulu. Ini bertujuan agar semut rangrang menjadi bertambah banyak dan panen bisa stabil menjadi 2 kali dalam sebulan.

Saat panen Anda siapakan 2 wadah baskom, taburi tepung agar semuat rangrang tidak bisa naik saat dituang ke baskom. Gunakan sarung tangan saat ambil sarangnya dan letakkan di wadah, semut akan tersaring dengan sendirinya. Setelah itu kembalikan sarang pada kandangnya.

 

Demikian penjelasan tentang peluang usaha didesa yaitu budidaya kroto, semoga artikel ini menginspirasi anda. Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here