Peluang Usaha Jastip yang Menguntungkan Beserta Tipsnya

0
34

Peluang belanja online kini juga menciptakan sebuah bisnis kekinian yaitu jastip alias jasa titip. Jastip adalah sebuah layanan jasa belanja kepada seseorang yang tengah ada di lokasi di mana produk itu berada. Contohnya, Anda yang tengah berbelanja di Korea Selatan, lalu tawarkan jastip aneka facemask. Atau Anda sedang berada di Singapura, tawarkan jastip untuk popcorn Garret.

Anda bisa menawarkan jastip sekaligus tarif pembelian dan ongkos kirim melalui media sosial. Bisa dibayangkan kalau ada banyak orang membeli facemask ala idol K-Pop, bisa-bisa Anda mendapat keuntungan yang bisa digunakan untuk membeli produk Korea lainnya. Bahkan bukan tak mungkin, budget yang keluar untuk belanja bisa kembali dalam waktu singkat dan membuat Anda memiliki dana untuk jalan-jalan lagi.

Baca Juga : 15 Peluang Usaha Modal 1 Juta Dengan Untung Jutaan Bagi Pemula

Tak heran kalau di kalangan anak muda yang hobi travelling sekaligus belanja bisnis jastip ini sangat populer. Jika bisnis jastip ini dijalankan secara profesional maka akan mampu memberikan keuntungan yang melimpah. Tertarik untuk mencobanya? Tenang saja, ulasan tips berikut ini bisa coba Anda pertimbangkan.

Tips-Tips Memulai Bisnis Jastip Supaya Untung Besar

  1. Pahami Bisnis Jastip Dulu

Peluang Usaha Jasa Titip

Pernah dengar istilah tak kenal maka tak sayang? Hal itu juga berlaku untuk bisnis jastip. Sebelum memulai bisnis yang fenomenal ini, Anda bisa memahami terlebih dahulu seluk beluk jastip. Skema yang dilakukan biasanya dimulai dengan memposting foto produk di media sosial.

Setelah foto produk diunggah, Anda bisa memberikan harganya sesuai dengan harga beli produk, tarif pembelian sekaligus ongkos kirim. Untuk ongkos kirim saat Anda sedang ada di luar negeri dan dikirim ke Indonesia, tentu harus memahami pajak pengiriman luar negeri.

Baru setelah harga akhir diketahui, Anda bisa meminta konsumen mentransfer terlebih dulu atau menetapkan DP. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerugikan jika menemui konsumen yang tidak tanggung jawab dan kabur.

Dengan modal minim keberadaan bayar di muka atau penetapan DP juga sangat menguntungkan penyedia jastip. Atau Anda juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran karena ada banyak sekali promo yang diberikan merchant untuk pengguna kartu kredit.

Bahkan bukan tak mungkin Anda memperoleh promosi Buy 1 Get 1. Setelah Anda memahami seluk-beluk jastip berupa sistem kerjanya, Anda bisa memulai menawarkan jastip di internet.

  1. Tentukan Jenis dan Target Produk

Ada banyak barang/produk yang bisa ditawarkan melalui bisnis jastip. Misalkan saja perabot rumah tangga, buku, snack oleh-oleh, skincare hingga perlengkapan makeup impor. Karena sangat banyak, Anda tentu harus memilih supaya bisa lebih fokus dalam pemasaran. Dengan memilih produk jastip yang sesuai dengan kemampuan Anda, maka peluang target pasarnya akan menjadi lebih besar.

Misalkan saja Anda tinggal di Jakarta, maka Anda bisa fokus menjual aneka perabotan rumah tangga dari IKEA untuk konsumen di seluruh Indonesia, terutama yang tidak ada gerai IKEA di kotanya. Anda bisa menerapkan tarif pembelian barang sesuai dengan ukuran produk.

Dengan begitu Anda bakal tahu kalau target produk perabot rumah tangga ini adalah kelompok keluarga. Bayangkan saja Anda memberi tarif pembelian Rp 20 ribu/barang, kalau dalam seminggu ada 50 pesanan, maka Anda sudah memperoleh keuntungan setidaknya Rp 1 juta.

  1. Bikin Pemasaran yang Menarik

Bisnis apapun yang Anda geluti, pemasaran sudah pasti memegang kunci penting. Bahkan bisnis jastip sekalipun yang hanya sekedar hobi belanja. Seperti apa pemasaran yang menarik untuk bisnis jastip? Ciptakan konten yang menarik di media sosial. Pahamilah bahwa platform media sosial merupakan lapak di mana Anda berjualan, sehingga harus dikelola dengan maksimal dan konsisten.

Usahakan untuk memajang foto produk dengan kualitas terbaik dan asli serta detail harga lengkap, agar calon konsumen makin tertarik. Berikan informasi secara jelas pada profil media sosial Anda seperti alamat email dan WA agar proses pemesanan tidak kesusahan. Usahakan untuk tidak mengunci akun media sosial agar cakupan pasar makin besar.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

  1. Atur Jadwal Belanja dan Kirim Barang

Anda harus bisa menjadi sosok yang multitasking karena bisnis jastip ini biasanya dikelola perorangan. Mulai dari memotret produk, diunggah ke media sosial, melakukan chatting dengan calon konsumen, membeli produk hingga melakukan pengiriman. Semua hal ini tidak akan bisa terjadi dengan lancar kalau Anda tidak melakukan penjadwalan.

 

Yap, cobalah untuk mengatur jadwal belanja sekaligus pengiriman barang agar lebih terkesan profesional. Dengan adanya jadwal belanja, maka Anda bisa membuka orderan jastip selama dua hari penuh, baru kemudian berbelanja di hari ketiga dan hari keempat mengirim seluruh pesanan konsumen. Jangan sampai membuat konsumen kecewa dan bisnis jastip Anda tidak dipercaya karena Anda telat mengirimkan barang.

  1. Rajin Cari Promo dan Info Event

Anda jangan menunggu ada pesanan dari calon konsumen Agar bisnis jastip bisa bertahan. Anda harus sering mencari informasi soal event yang bakal digelar. Misalkan saja akan ada event penjualan buku besar-besaran, maka Anda bisa langsung menawarkan bisnis jastip beberapa hari sebelum event digelar. Atau mungkin ada pembukaan gerai skincare baru di mall, Anda bisa langsung membuka orderan jastip.

Selain info event, hal lain yang harus diketahui seorang pelaku bisnis jastip adalah mengetahui aneka promo. Beberapa pusat perbelanjaan atau store resmi produk biasanya memberikan promo di hari tertentu. Promo ini haruslah Anda manfaatkan supaya bisa memperoleh keuntungan ganda. Dan terakhir, ada baiknya untuk mencari perbandingan harga di satu penjual dan lainnya supaya bisa memperoleh barang dengan harga beli termurah, tapi tetap Anda jual dengan harga normal.

  1. Beri Layanan Maksimal dan Profesional

Yap, pelayanan yang maksimal dan profesional jelas tidak akan mengecewakan Anda. Ketahuilah bahwa ada banyak sekali jenis konsumen di dunia ini. Ada yang cerewet, selalu mengeluh dan sabar. Dalam menghadapi konsumen, Anda harus tetap sabar dan ramah serta berperilaku maksimal supaya konsumen puas.

Begitu pula dengan profesionalisme yang wajib dilatih sejak awal bisnis berjalan karena mayoritas skema jastip menggunakan sistem pembayaran di awal. Sehingga Anda harus benar-benar bertanggung jawab atas dana yang diberikan oleh konsumen untuk Anda belikan ke produk langsung.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menguntungkan

Agar bisnis jastip Anda berkesan, jangan malu untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. Misalkan saja beri diskon tertentu untuk langganan hingga meminta kritik sekaligus saran dan mereka.

Anda juga bisa menerima jastip produk dari merk lain yang diminta oleh konsumen, demi mewujudkan keinginan memberi pelayanan yang maksimal. Bukan tak mungkin dengan hal-hal tersebut, konsumen akan sangat puas sehingga mereka tak segan mempromosikan bisnis Anda kepada rekan-rekannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here