Peluang Usaha Di Desa Untuk Ibu Rumah Tangga

0
119

Ukmberdaya.com – Peluang Usaha Di Desa Untuk Ibu Rumah Tangga mungkin yang anda butuhkan untuk saat ini. Di masa pandemi dan di luar masa pandemi jika pendapatan sampingan masuk dari ibu ibu rumah tangga tentu sangat membantu untuk menambah pemasukan dan memanfaatkan peluang.

Di Artikel ini kami akan membagikan beberapa peluang peluang usaha yang bisa di terapkan langsung oleh ibu ibu rumah tangga. Tentunya usaha ini tidak terlalu ribet dan bisa di praktekkan langsung sambil ibu tetap bisa mengurus rumah tangga.

Penjahit

Penjahit Ibu Ibu

Jika keahlian menjahit anda miliki maka peluang usaha menjahit pakaian ini bisa jadi peluang pundi pundi penghasilan yang bisa di lakukan. Cobalah untuk membuka bisnis jasa jahit pakaian di rumah anda. Hal ini lebih bagus lagi jika di sekitar rumah anda belum ada jasa jahit pakaian atau baju.

Pesanan jahitan biasanya akan meningkat ketika masa tahun ajaran baru dan mendekati hari raya. Untuk hari lain di luar masa hari raya atau ajaran baru anda pun tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan mengerjakan permak atau perbaikan pakaian.

Jasa jahit permak ini akan tetap dicari orang karena ukuran baju yang dibeli di toko yang kurang sesuai ukuran menjadi masalah bagi masyarakat.

Pelayanan yang ramah dan kualitas jahitan yang berkualitas menjadi kunci suksesnya usaha jasa jahit ini. Jangan lupa untuk membuka plang di depan rumah untuk jasa jahit pakaian ini.

Jasa Cuci Kendaraan

Proses mudahnya pengajuan kredit membuat jumlah kendaraan bermotor dari hari ke hari terus mengalami kenaikan yang drastis. Kenaikan ini khususnya ialah sepeda motor. Hal ini tentu menjadi peluang bagi anda yang ingin membuka usaha jasa cuci kendaraan.

Jasa cuci kendaraan ini bisa anda buka di depan rumah dengan tata letak yang sederhana dan alat alat yang sederhana pula. Modal yang dibutuhkan untuk usaha jasa ini tidak besar. Beberapa perlengkapan yang anda butuhkan untuk membuka usaha ini antara lain ialah sabun, selang, kompresor. Total perlengkapan itu kurang lebih sekitar 6 jutaan.

Untuk kompresor pun anda bisa menggunakan kompresor bekas yang masih lancar untuk digunakan. Jadi anda tidak perlu membeli kompresor baru yang harganya lebih mahal. Manfaatkan kesempatan ini jika di daerah anda belum ada jasa cuci kendaraan atau jasa cuci motor.

Di samping jasa cuci motor anda bisa menjual cemilan cemilan atau makanan ringan serta minuman. Ketika konsumen datang yang membutuhkan makanan ringan dan minuman pun bisa langsung beli di tempat anda. Jadi lumayan kan dapat potensi penghasilan dari jasa cuci nya dan jual minuman dan makanan ringan.

Jual BPOB

Saat ini kebutuhan internet menjadi hal pokok. Tentu ini merupakan peluang bagi anda jeli memperhatikannya. Bahkan kehadiran pulsa dan internet menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian orang. Bisnis jual BPOB ini pun bisa anda buka dirumah dengan sederhana.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini tidaklah besar. Apalagi jika anda berjualan dirumah, pastinya tidak ada biaya kontrak ruko atau toko.

Namun ada hal yang perlu kalian perhatikan, yaitu jangan memberi hutang kepada pelanggan pelanggan anda. Jika hal itu terjadi maka keuntungan anda bisa hilang atau terhambat.

Katering

Jika anda tinggal di kota besar peluang bisnis usaha katering harian ini sangat bagus prospeknya untuk dijalankan sehari hari. Semua orang butuh makan kan, tapi tidak semua orang ada waktu untuk memasak. Nah, peluang ini bisa anda tangkap dan mulai di wujudkan bisnis katering sederhana harian.

Menu yang dijual bisa menu sehari hari untuk sarapan seperti sayur lodeh, sayur asam, sayur bening dll serta lauk pauk pada umumnya seperti tempe, tahu, telur, lele goreng, patin goreng dan lain sebagainya. Untuk menu di awal awal anda membuka mungkin bisa dimulai dengan beberapa menu saja jika nanti sudah berkembang dengan baik dan pelanggan anda terus bertambah maka pilihan lauk dan sayurnya bisa ditambah.

Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang hobi memasak. Lakukan promosi di media sosial dan jangan lupa buat papan nama di depan rumah yang menarik sehingga siapapun yang lewat dapat melihat bisnis anda ini.

Jangan lupa sediakan tempat makan yang bersih dan nyaman sehingga pelanggan anda akan datang lagi dan bahkan merekomendasikan ke teman temannya.

Produksi Makanan Ringan

Ibu ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan proses pembuatan makanan ringan. Peluang bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang satu ini mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas.

Hampir semua orang suka dengan makanan ringan untuk menemani bekerja atau untuk bersantai sambil nonton televisi. Karena jangkauan pasar dan luasnya market ini maka potensi bisnis ini tidak bisa di anggap remeh.

Agar produk anda mudah diterima oleh konsumen anda dapat membuat snack yang sesuai dengan cita rasa lidah orang orang Indonesia khususnya. Snack nya bisa yang sederhana dulu seperti keripik tempe, keripik pisang, keripik jamur, jamur krispi, kripik sukun dan berbagai snack lainnya.

Sedangkan untuk proses pemasarannya anda bisa mengoptimalkan di media sosial serta menawarkan ke tetangga sekitar rumah dan teman teman anda.

Produk snack anda bisa di jual di marketplace seperti Tokopedia, Shoope dll. Selain itu jangan lupa untuk membuat akun instagramnya agar konsumen yang ingin melihat selengkapnya bisa mengikuti anda.

Salah satu produk snack atau makanan ringan yang sudah dikemas dan dikelola dengan sangat baik adalah FCK, Kirun Makarun, Sang Dewa.

Jasa Potong Rambut

Jasa potong rambut ini adalah usaha yang terus dibutuhkan. Meskipun pandemi Covid 19 melanda namun bisnis usaha jasa potong rambut ini masih terus ekseis dan berjalan normal.

Anda bisa menentukan jasa potong rambut khusus segment tertentu. Contohnya adalah jasa potong rambut khusus bayi, jasa potong rambut khusus wanita dan lain sebagainya.

Untuk permulaan anda bisa membuka jasa ini dengan harga yang terjangkau namun kualitas pelayanan tetap diperhatikan agar pelanggan puas dan kembali lagi.

Anda juga bisa menjual produk turunan seperti minyak rambut yang bisa menambah pemasukan bisnis jasa potong rambut anda.

Toko Kelontong

Peluang usaha di desa untuk ibu rumah tangga selanjutnya yang mudah di jalankan ialah toko kelontong. Anda dapat menyelesaikan pekerjaan rumah sekaligus menunggu pembeli datang.

Modal yang dibutuhkanpun tidak terlalu besar. Anda bisa mulai menjual kebutuhan kebutuhan pokok yang sering dicari. Contohnya seperti rokok, sabun cuci, snack atau jajanan.

Bahkan jika anda ingin lebih praktis anda bisa menjual spesifik produk saja yaitu beras. Kita tahu sendiri masyarakat Indonesia selalu membutuhkan nasi. Pilihan beras yang berkualitas dan lengkap akan memudahkan pelanggan anda hafal dengan toko anda. Ini juga termasuk salah satu strategi branding.

Budidaya Ikan Hias

Jika anda penghobi ikan hias maka jangan sia sia kan hobi anda ini. Hobi ini dapat menjadi pundi pundi penghasilan anda untuk diseriusin. Beberapa jenis ikan hias memiliki harga jual yang cukup tinggi loh.

Jika anda sudah lama suka dengan ikan hias tentu tidak akan susah untuk menjalankan bisnis ini. Beberapa jenis ikan hias yang banyak dicari adalah ikan cupang, ikan komet, ikan koki, ikan tetra dan berbagai jenis lainnya.

Anda tidak perlu menyediakan semuanya, cukup dimulai beberapa dulu nanti bertahap sesuai dengan permintaan dari pelanggan pelanggan anda.

Toko Pakan Ternak

Usaha toko pakan ternak ini sangat cocok dibuka di desa yang banyak memelihara ayam, bebek dan ternak ternak lainnya.

Kebutuhan pakan ternak seperti jagung, por, bekatul dan beberapa perlengkapannya bisa menjadi pintu rizki bagi anda yang serius  menjalaninya.

Branding toko anda khusus menjual kebutuhan ternak unggas atau ternak spesifik yang nantikan akan membuat pelanggan cepat hafal dan mudah merekomendasikan ke temannya.

Demikian beberapa peluang usaha di desa untuk ibu rumah tangga yang dapat kami bagikan. Mungkin masih banyak peluang usaha lainnya bisa anda berbagi di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here