Pantai Bama nan Eksotik dibalik Taman Nasional Baluran

0
257
Pantai Bama nan Eksotik dibalik Taman Nasional Baluran

UKMBERDAYA.COM – Sekarang kita jelajah Pantai Bama. Selain memiliki objek wisata alam susur gua, Jawa Timur juga menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata alam berupa pantai. Bukan tanpa sebab, pasalnya Jawa Timur juga dikenal sebagai kawasan yang kaya akan pantai dengan beragam karakteristiknya.

Salah satu pantai yang ada di sana adalah Pantai Bama Banyuwangi. Pantai ini memiliki keindahan pasir putih dan air laut yang jernih sehingga tak heran jika dijadikan destinasi wisata unggulan.

Dekat Savana

Biasanya pantai ini dijadikan tujuan akhir bagi para pengunjung Taman Nasional Baluran. Setelah berpanas-panasan di padang rumput Savana Bekol, kebanyakan pengunjung akan mencari tempat yang segar untuk berteduh. Hembusan angin sepoi-sepoi, suasana tenang ditambah lokasinya cukup dekat dengan padang savana menjadi beberapa pertimbangan pengunjung datang ke tempat ini.

Secara administrasi, Pantai Bama masuk dalam wilayah Situbondo. Untuk sampai ke lokasi pantai, pengunjung harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berada di Jalan Banyuwangi – Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak sekitar 8 km. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disajikan keindahan Taman Nasional Baluran, yang hijau di musim hujan dan terlihat gersang di musim kemarau.

Disambut kera abu-abu

Tiba di lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan kawanan kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Baca juga: Indahnya Savana di Taman Nasional Baluran

Pantai Bama nan Eksotik dibalik Taman Nasional Baluran

Keunikan Pantai Bama yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Selain dikenal dengan berbagai keunikannya, Pantai Bama juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Menurut pengelola Taman Nasional Baluran, Pantai Bama kerap menjadi destinasi wisata unggulan di Situbondo dengan pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang menawan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here