Olahan Keripik Jadi UKM Unggulan di Desa Winongan Kidul

0
109
Olahan Keripik Jadi UKM Unggulan di Desa Winongan Kidul

UKMBERDAYA.COM – Beragam industri kecil terus tumbuh di Desa Winongan Kidul, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Salah satunya adalah UKM olahan keripik yang diharapkan menjadi potensi baru produk unggulan Desa.

Tak sulit menuju Desa Winongan Kidul, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Desa ini terletak di lokasi yang strategis yaitu antara Pasar Winongan dan jalan menuju Umbulan.

Di sini, berbagai potensi usaha baru digeluti warga sekitar. Selain pertanian yang menjadi mata percaharian utama, berbagai kerajinan juga terus berkembang. Seperti mebel, kerajinan lampion, sampai UKM dengan beragam produk olahan makanan dan minuman.

Baca juga: UKM Makan Minum jadi produk unggulan di Kebonwaris Pasuruan

Osin, kepala Desa Winongan Kidul mengatakan, lokasi desa yang strategis membuat masyarakat menangkap berbagai peluang usaha. Termasuk pemberdayaan dan pengembangan UKM yang rutin dilakukan. Membuat banyak berkembang potensi produk unggulan di Desa Winongan Kidul.

“Untuk UKM makanan dan minuman, sekarang juga tumbuh. Yang diproduksi adalah dari keripik pisang, keripik singkong, dan keripik sukun,” ujarnya.

Produk keripik ini tak hanya dipasarkan di wilayah Winongan. Namun, juga ke seluruh wilayah Pasuruan dan luar daerah. Seperti Sidoarjo dan Surabaya.

Saat ini, permintaan tertinggi yaitu olahan keripik pisang. Bahkan, produksinya bisa mencapai 70-100 kg per hari. Pengolahannya memang masih tradisional. Tapi, kemasan sudah rapi dan variatif. Ada yang manis dan asin.

“Harganya tiap satu kilogram harga Rp 30 ribu. Yang lebih kecil dengan berat 125 gram harganya hanya Rp 5 ribu,” ujarnya.

Dengan rasa yang enak dan harga terjangkau, permintaan olahan keripik pisang pun terus meningkat. Bahkan, banyak permintaan yang belum bisa dipenuhi. Ini, lantaran proses produksi keripik menggunakan alat tradisional, bukan mesin produksi kapasitas tinggi.

Ke depan, harapannya pelaku produksi keripik di Desa Winongan Kidul mendapat pelatihan dan sentuhan pembinaan dari Pemerintah Daerah. Termasuk, bantuan modal atau alat untuk mengembangkan produksi.

“Karena potensinya cukup bagus. Jadi, harus dikembangkan. Misalnya dari segi produksi. Sehingga bisa menjadi produk khas dan meningkatkan ekonomi warga sini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here