Nasi Tempong Mbok Nah pedesnya nampar

UKMBERDAYA.COM – Pas di Banyuwangi, cari tau makanan yang rekomen, eh keluarnya Nasi Tempong Mbok Nah. Bagi kamu yang punya rencana jalan-jalan ke Banyuwangi, wajib kesini deh. Tak lengkap kalau ke Banyuwangi tanpa menikmati kuliner lokal khasnya.  Nasi Tempong merupakan salah satu makanan khas dari kota Banyuwangi selain pecel rawon dan juga rujak soto. Kalau kedua menu tersebut hanya bisa dijumpai di kota Banyuwangi, namun tidak dengan Nasi Tempong. Karena nasi ini juga bisa dijumpai di beberapa kota lainnya, seperti Jakarta, Bali dan kota lainnya. Sedangkan untuk penjual Nasi Tempong yang ada di kota Banyuwangi sendiri bisa dijumpai di beberapa tempat, tentu dengan cita rasa yang berbeda di setiap tempatnya.

Nasi Tempong Mbok Nah

Salah satu tempat makan paling legendaris di Banyuwangi, Nasi Tempong Mbok Nah. Warung Mbok Nah tepatnya di Jalan Kolonel Sugiarto 16 Kertosari. Sesuai dengan namanya nasi tempong, tempong artinya ‘tampar’, nasi ini memang memakai sambal segar atau sambal dadak. Konon rasa pedas menggigit sambal ini membuat orang terasa ditampar. 

Nasi Tempong Mbok Nah pedesnya nampar

Warung ini menjadi langganan dari berbagai kalangan, dari anak kos hingga pejabat maupun wisatawan lokal atau asing.

Menurut informasi yang setempat, Nasi Tempong Mbok Nah itu sudah ada sejak tahun 1980-an dan menjadi kuliner andalan bagi para wisatawan yang berkunjung atau sekedar mampir di Banyuwangi.

Nasi Tempong Mbok Nah ini buka dari jam 2 siang sampai tengah malam sekitar jam 12-an. Dinamakan Nasi Tempong karena setelah memakan makanan ini, merasa kepedasan seperti orang yang habis ditempong.

Secara garis besar komposisi Nasi Tempong ini adalah nasi dipadu sambal pedas yang menggigit khas Banyuwangi dengan sensasi rasa segar tomat ranti, terasi, cabai rawit, dan jeruk sambal. Lauk pauk yang disediakan beranekaragam, mulai dari ayam goreng, pepes, telur dadar, ikan goreng, ati ampela.

Baca juga: Berburu Nasi Jinggo di Pasar Kreneng

Sambalnya selalu segar karena dibuat langsung begitu pembeli memesan menu makanan yang diinginkan. Meski dikenal sangat pedas, pembeli bisa request sendiri level pedas yang diinginkan, mau yang pedasnya malu-malu, sedang, atau yang menampar.

Nasi Tempong Mbok Nah pedesnya nampar

Selain sambal dan lauk, nasi tempong ini juga dilengkapi dengan sayuran-sayuran hijau loh. Dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 6.000 – Rp 12.000 membuat Warung Nasi Tempong Mbok Nah tidak pernah sepi pengunjung. Makanan yang disajikan dengan segar ini dalam sehari rata-rata menjual 500 porsi.

Nah gimana nih? Cukup ngiler kan dengan kelezatan nasi tempong? Ingat nasi tempong ingat Mbok Nah ya guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here