Mudik Lewat Jalur Arteri Mojokerto? Ada Wisata dan Kuliner Seru lho

0
60
Mojokerto
Pemudik nantinya bisa kulineran

UKMBERDAYA.COM –  Bagi para pemudik yang jenuh melalui jalan tol, tak ada salahnya memilih lewat jalur arteri Mojokerto. Terlebih lagi hingga H-4, jalur nasional masih lengang. Di sepanjang jalur mudik ini banyak pilihan tempat istirahat, pusat kuliner hingga objek wisata untuk melepas lelah.

Melintasi perbatasan Jombang-Mojokerto, pemudik sudah disambut dengan pos pengaman di simpang 4 Trowulan. Di pos ini, pemudik bisa melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Surabaya. Pemudik dari arah Madiun juga bisa mampir untuk sekadar melepas lelah di Masjid Baitul Muttaqin di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan. Masjid bergaya Majapahitan ini mempunyai area parkir yang luas.

“Tiap tahun mudik ke Banyuwangi selalu mampir di sini (Masjid Baitul Muttaqin) untuk istirahat, tempatnya nyaman,” kata Nur Jannah (40), pemudik asal Boyolali, Jateng.

Sekitar 500 meter dari masjid ini, terdapat Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan (PPST). Selain menjual beragam jenis sepatu dan sandal produk lokal Mojokerto, di tempat ini juga terdapat rumah makan yang menyuguhkan beragam masakan. Mulai dari lontong kikil, rujak cingur, gado-gado, nasi pecel, kopi, es degan, hingga beragam olahan ayam.

Masjid Babusalam di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko juga bisa menjadi tempat alternatif pemudik untuk melepas lelah sekaligus menunaikan salat. Sementara di Bypass Mojokerto, tepatnya di sebelah timur Kertajaya, terdapat pos pelayanan mudik Polres Mojokerto Kota. Selain menyediakan tempat untuk istirahat para pemudik, juga terdapat tempat permainan anak, kursi pijat dan pelayanan kesehatan gratis.

mojokerto
Mainan untuk anak-anak di rest area

“Kami juga menyediakan makanan ringan dan minuman gratis bagi para pemudik. Kami imbau para pemudik tak sungkan untuk mampir,” ujar Kasatlantas Polres Mojokerto Kota AKP Kadek Oka Suparta.

Bagi pemudik dari arah Surabaya, beragam fasilitas menarik juga sudah menyambut di Bypass Mojokerto. Melintasi perbatasan Sidoarjo-Mojokerto, pemudik sudah disambut oleh para pedagang es tebu yang berjajar di tepi jalan, tepatnya di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. Di tempat ini, pemudik bisa melepas lelah sembari menikmati segarnya es tebu.

Pilihan kuliner untuk berbuka puasa atau sahur juga beragam di pujasera Bypass Mojokerto. Tepatnya di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar. Deretan rumah makan di tempat ini menyuguhkan menu pecel, sate, gule, lontong kikil, soto Lamongan, sambal wader, gurame, belut, rawon, ayam geprek, sop ayam khas Klaten Pak Dheno. Iga bakar, sate, botok tawon, ikan kutuk, hingga pusat oleh-oleh.

Sekitar 500 meter di sebelah barat pujasera, terdapat pos pengamanan Polres Mojokerto. Pos di simpang 5 Kenanten, Kecamatan Puri ini disesain unik. Yaitu berbentuk benteng persatuan NKRI. Bagian depannya dihiasi replika burung Garuda raksasa, serta foto Kapolri dan Panglima TNI. Selain menjadi simbol TNI-Polri benteng NKRI, pospam ini sekaligus menyiratkan pesan ajakan untuk kembali merajut persatuan dan kesatuan pasca Pemilu 2019.

“Di pospam Kenanten kami siapkan fasilitas penunjang keamanan, CCTV untuk memantau sekitar lokasi, tower pantau arus mudik, kelengkapan lampu senter, jas hujan, peralatan untuk memotong pohon tumbang, serta pelanan kesehatan bagi pemudik,” terang Kanit Regident (KRI) Satlantas Polres Mojokerto Iptu Reza.

“Harapan kami pos pelayanan ini bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik,” ungkap Reza.

Baca Juga : Kesegaran Susu Medowo Dalam Festival Dhahar Durian

Selain itu, di sepanjang jalur arteri Mojokerto juga terdapat banyak SPBU. Pemudik dari arah Madiun bisa mampir ke SPBU Jatipasar, SPBU Gemekan, Jampirogo, Meri, dan SPBU Kedundung. Dari arah sebaliknya, juga terdapat SPBU Balongmojo dan Jatipasar. Setiap SPBU menyediakan kamar mandi dan tempat istirahat untuk pemudik.

Banyaknya bengkel kendaraan di sepanjang Bypass Mojokerto juga bakal membuat tenang para pemudik. Mulai dari bengkel rumahan hingga bengkel yang didirikan oleh pabrikan otomotif.

Pantauan detikcom di Bypass Mojokerto siang ini, arus lalu lintas masih tergolong normal seperti hari-hari biasa. Belum nampak antrean kendaraan di jalan nasional tersebut. 

Mojokerto
Pos Pam bergaya benteng NKRI di Mojokerto

Tak hanya itu, mudik melalui Bypass Mojokerto juga bisa melepas penat di objek wisata air Waterland, Desa Jampirogo, Kecamatan Sooko. Tempat wisata ini menyuguhkan kolam renang dan beragam permainan air.

Mendekati perbatasan dengan Jombang, para pemudik juga bisa mampir ke pos pelayanan mudik lebaran 2019 Polres Mojokerto di jembatan timbang Trowulan. Pos bertema Mapolda Jatim ini menyediakan rang bersantai, kursi pijat, tempat bermain anak, layanan kesehatan gratis, kamar mandi, serta free wifi. Di halaman pos ini terdapat banyak tempat duduk yang teduh karen di bawah pohon. Area parkir kendaraan juga tergolong luas.

Ikuti terus berbagai berita Bisnis UKM , Kuliner, traveling, ulasan strategi digital marketing dan berbagai berita menarik lainnya di UKMberdaya.com ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here