Mengintip Ukm Di Kota Tahu Kediri

0
154

Mengintip Ukm Di Kota Tahu Kediri               

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia sangat beragam. Hal ini tak lepas dari peran UKM sendiri sebagai tulang punggung kegiatan perekonomian di Indonesia. UKM semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun. Alhasil hingga saat ini UKM sendiri sudah bisa menyumbang 60% dari PDB dan memberikan 97% tenaga kerja. Ini adalah solusi terbaik untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Tetapi sampai saat ini hanya 25% pelaku UKM yang bisa mendapat akses ke lembaga keuangan. Ini adalah tugas dan PR bagi lembaga pemerintah seperti Dinas Koperasi Dan UKM pada masing-masing daerah atau kota di provinsi – provinsi Indonesia.

Mengintip Ukm Di Kota Tahu Kediri

Mengenal lebih jauh mengenai UKM harusnya dapat melakukan transaksi dengan para pelaku ekonomi yang berasal dari mana saja. Baik dari sesama pelaku UKM, pelaku UKM, pelaku usaha besar, ataupun dengan menjalin Kerja sama dengan pelaku usaha Internasional. Karena sejatinya UKM sangat berperan aktif dalam mencukupi kebutuhan masyarakat, dan menciptakan peluang lapangan kerja yang luas. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa UKM dapat memberikan kontribusi terhadap ekspor di suatu negara. Jika melihat dari sudut pandang yang lain UKM bisa berperan sebagai distributor ataupun sebagai pasar untuk berbagai produk yang sudah di produksi oleh usaha yang lebih besar.

berikut ini adalah ciri UKM atau usahakan berskala kecil dan menengah yang harus Anda ketahui :

  • Managemen berdiri sendiri, yang dimaksud disini adalah pemberi modal dan pelaku usaha adalah orang yang sama. Sehingga pemilik usaha juga yang akan aktif dalam mengelola usahanya.
  • Meskipun hanya memiliki pelaku usaha yang tidak sebesar usaha besar, tetapi sektor penjualan UKM bisa mencakup konsumen dalam dan luar negeri.
  • Usaha Kecil dan Menengah cenderung tidak memiliki kekuatan ataupun kelemahan dalam hal ekonomi. Karena prinsip yang digunakan sangat sederhana berbeda jauh dari usaha besar yang memiliki resiko yang dengan kelebihan dan kelemahan sangat kompleks.

 Dan selain ciri ciri diatas Anda juga perlu kelebihan dan kekurangan dari UKM yang sedang atau akan Anda jalankan.

Kelebihan

  • Kebebasan dalam bertindak. Seperti yang saya jelaskan diatas pemilik adalah pelaku usaha. Sehingga akan meminimalisir adanya kecurangan dalam pengelolaan dana usaha. Anda juga tidak akan terikat aturan, karena Anda sendiri yang akan membuat aturan dalam bertindak untuk menjalankan usaha Anda.
  • Menyesuaikan kebutuhan setempat. Anda tidak perlu melakukan inovasi yan selalu berkembang. Anda hanya perlu fokus terhadap pemenuhan kebutuhan di sekitar Anda.
  • Ikut serta dalam meningkatkan perekonomian negara dan pengurangan jumlah pengangguran.

Kelemahan :

  • Modal dalam pengembangan terbatas. Untuk skala usaha kecil akan sulit mendapatkan tambahan modal. Tetapi saat ini sudah banyak bantuan dari pemerintah untuk mengatasi hal ini. Hanya saja Anda perlu menggali informasi secara rutin untuk program yang akan ditawarkan.
  • Sulit mendapatkan pegawai dengan kriteria yang diharapkan karena kembali lagi ke persediaan modal.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu kota di Jawa Timur yang sudah memiliki berbagai jenis UKM yang sangat beragam. Mereka berhasil membangun sinergi yang tepat dari masyarakat ke pemerintah atau sebaliknya. Sehingga UKM di kota tersebut bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang pesat. Kota tersebut mendapat julukan kota tahu, dan juga kota santri. Kota kecil yang masyarakatnya bisa hidup Makmur dengan 60% masyarakatnya menjadi pelaku UKM. Kota tersebut adalah kota Kediri.

Meski kota kediri memiliki industri raksasa seperti pabrik rokok terbesar di Indonesia, ternyata masyarakat di Kediri tidak semuanya bergantung pada perusahaan tersebut. Banyak yang memilih untuk mandiri dengan cara membuka UKM untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan berikut ini berbagai jenis UKM yang berhasil dikembangkan masyarakat Kediri :

1. Batik Tenun Ikat

Hasil dari pengrajin Batik Tenun Ikat Kediri sudah banyak kita jumpai di berbagai pusat oleh – oleh dan berbagai acara pameran yang diadakan di kota Kediri. Dan menjadi sangat kental dengan Kediri, karena di Indonesia sendiri masih sedikit pengrajin batik tenun ikat yang bisa kita temui. Bahkan di sebuah kampung di Kediri mendapat julukan sebagai kampung batik tenun ikat karena mayoritas warganya terdaftar sebagai pengrajin batik tenun. Pusatnya terletak di daerah Bandar Kidul, kecamatan Mojoroto, kota Kediri.

Sebenarnya sejarah tenun ikat sendiri sudah sangat lama, dari tahun 11 – 12 jaman kerajaan Kediri. Namun pada tahun 1985 trendnya mulai menurun, dan kini mulai diangkat kembali pada tahun 1990 oleh masyarakat Kediri. Hingga terus berkembang sampai tahun ini. UKM ikat tenun batik ini biasa menghasilkan kain sarung gombyor, kain misris (biasa), semi sutra, hingga sutra. Kain tersebut dibuat berwarna-warni dengan motif khas Kediri seperti ceplok ataupun lung. Saat ini banyak yang melirik hasil ikat tenun batik ini. Bahkan sudah mulai tersebar pula di luar Jawa.

2. Pendidikan

Kediri adalah tempat menimba ilmu yang baik dan ramah. Inilah salah satu jenis UKM yang sangat terkenal di Kediri. Bahkan UKM ini juga sangat terkenal hingga seluruh Indonesia. Semua kalangan dari kota – kota besar pun berbondong – bondong untuk mendukung dan menimba ilmu disini. UKM ini termasuk dalam bidang pendidikan. Mungkin orang akan lebih mengenalnya dengan Kampung Inggris Pare. Disini Anda akan menemukan banyak sekali lembaga pendidikan kursus bahasa Inggris dengan berbagai program yang ditawarkan. Biasanya kursus ini juga di dukung dengan adanya mess atau asrama bagi membernya. Sehingga kita bisa fokus belajar dan berlatih menggunakan bahasa Inggris disan selama 24 jam. Yang unik di Kampung Inggris ini akan sangat minim kita jumpai orang menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa jawa. Karena hampir semua orang disini menggunakan bahasa inggris untuk komunikasi sehari – hari bahkan pedagang keliling sekaligus. Inilah yang menjadi promosi yang menjanjikan dalam UKM ini. Sehingga akan terus solid untuk dijalankan dari tahun ke tahun.

3. Senapan Angin

Selain Kampung Inggris diatas di Kediri juga terdapat jenis UKM yang sama populer nya di Indonesia. Yaitu senapan angin Kediri yang sudah sangat dikenal memiliki hasil yang sangat baik jika disandingkan dengan senapan angin dari daerah lain.

Di Pare Kediri tepatnya Anda akan banyak menemukan para pengrajin senapan yang banyak di buru oleh industri senapan angin. Hasil dari pengrajin senapan angin di Kediri tidak kalah hebat dengan hasil produksi pabrikan. Terbukti dari semakin hari, semakin banyak orderan yang didapatkan oleh para pengrajin di pare ini. Senapan angin dari pengrajin Kediri memiliki harga yang lebih terjangkau dan memiliki ciri khas yang otentik dari ukiran yang ada pada senapan. Sehingga dapat dipastikan UKM ini akan tetap eksis dan tidak akan kalah dengan pabrik besar. Karena senapan angin dari pengrajin Kediri sudah memiliki penggemar sendiri dan terus bertambah menyebar ke seluruh Indonesia dengan seiring bertambahnya waktu.

4. Kerajinan tangan

Nampaknya pemerintah Kediri memang gencar memberikan berbagai pelatihan agar masyarakat di Kediri bisa hidup mandiri dan kreatif. Hal ini dibuktikan dari banyaknya hasil kerajinan tangan yang berhasil di geluti masyarakat Kediri dari beberapa pelatihan yang diadakan oleh pemerintah baik kota ataupun Kabupaten Kediri. Jenis kerajinan tangan khas Kediri juga sangat beragam mulai dari kemoceng, sapu, kerajinan rotan, kasur bayi hingga duplikat monumen simpang lima gumul yang dibentuk sedemikian rupa menjadi hiasan di sing, lampu, gantungan kunci ataupun replika monumen Simpang Lima Gumul yang ikonic.

5. Kuliner

Layaknya kota lainnya., industri pangan atau kuliner masih menjadi primadona UKM di kota Kediri. Pasalnya masyarakat Kediri sangat menyukai kuliner dengan inovasi baru, yang mudah me jamur dikalangan masyarakat. Sebagai contoh 5 tahun ke belakang. Es buto ijo, yang memiliki khas porsi yang besar dengan campuran buah dan sirup yang berwarna hijau, ini sangat trend di Kediri pada tahun 2014. Hampir disetiap ujung jalan kota Kediri Anda bisa menemukan jenis Es Ini.

Beranjak di tahun 2015, UKM angkringan berhasil menjamur di kota Kediri. Banyak yang melihat peluang ini, dan membuat sebagian orang mulai membuka usaha ini. Sayangnya tidak semua UKM angkringan bisa terus berjalan sampai saat ini. Karena masyarakat Kediri mulai beralih mencintai makanan yang memiliki rasa pedas, khususnya untuk olahan mie pedas. Di tahun 2016 UKM mie pedas ini mulai berkembang. Namanya pun cukup beragam seperti mie setan, mie iblis, mie ndower, dan mie djoedes yang paling terkenal dan eksis hingga tahun ini. Mengintip Ukm Di Kota Tahu Kediri

Beranjak ke tahun 2017, ada trend kuliner lagi yang menjadi pusat peluang UKM yang baru yaitu ES Kepal milo. Sebenarnya UKM ini juga bisa di temui di daerah lain, tetapi UKM ini juga berhasil menjamur dan tersebar luas di Kediri. Tetapi sayangnya trend ini tidak berjalan lama.

Dan saat awal 2018 hingga saat ini dengan adanya kaum milenial yang tiba – tiba menjadi pecinta kopi,

banyak masyarakat di Kediri yang beralih usaha menjadi pedagang kopi. Mulai dari pedagang kaki lima, membuka usaha warkop, kedai kopi bahkan Kedai kopi. Dan trend ini termasuk memiliki durasi yang lebih lama dibanding dengan usaha – usaha UKM kuliner di masa 5 tahun yang lalu. Masyarakat Kediri bisa dibilang sangat berani bersaing dengan Cafe yang memiliki brand besar untuk menjalankan UKM ini.

Dan yang terakhir adalah UKM kuliner di Kediri yang melegenda, dan tidak pernah surut dimakan tahun. Yaitu oleh – oleh khas Kediri yang terbuat dari olahan tahu takwa. Ciri khas tahu takwa memiliki warna kuning, dengan tekstur yang sedikit kering di luar, dan lembut dibagikan dalam. Rasanya juga sangat gurih. Bukan hanya tahu takwa saja, sata ini berbagai UKM di Kediri sudah memodifikasi olahan tahu menjadi stik tahu, tahu kembang, dan tahu bakso. UKM ini didukung sepenuhnya oleh dinas pariwisata kota Kediri dan menjadi makanan yang direkomendasikan sebagai buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung di kota Tahu Kediri.

Dan itulah daftar lima UKM yang mudah untuk kita temukan di kota Kediri disamping beberapa jenis UKM lain yang juga mulai dan terus di kembangkan dikota Kediri ini. Semoga informasi ini bisa menambah referensi usaha bagi Anda yang ingin membuka UKM baru untuk membantu perkembangan perekonomian negeri. Mengintip Ukm Di Kota Tahu Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here