6 Manfaat Software Payroll Bagi Perusahaan

0
34
Manfaat Software Payroll

Ukmberdaya.com – Manfaat software Payroll bagi perusahaan ini sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas, terutama pada proses pengelolaan biaya operasional.

Dalam menjalani sebuah usaha tentu tidak akan terlepas dari biaya operasional yang salah satunya adalah beban gaji yang harus dikeluarkan dalam setiap bulannya. Pengelolaan keuangan yang baik dalam perhitungan gaji karyawan sangat diperlukan untuk menjaga kesejahteraan dan hak setiap karyawan sesuai porsi ya masing – masing.

Dengan adanya perkembangan jaman saat ini segala sesuatu akan dipermudah dengan adanya sebuah teknologi. Termasuk dengan adanya software payroll yang akan mempermudah Anda dalam menghitung dan melaporkan gaji untuk karyawan.

Software Payroll

Sebelum mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan jika menggunakan software payroll ada lebih baiknya Anda tahu dulu apa yang dimaksud dengan software payroll itu sendiri.

Software Payroll adalah sejenis aplikasi yang akan memudahkan perusahaan dalam menghitung gaji karyawan. Adapun rincian perhitungan tersebut dapat juga memasukan informasi mengenai data kehadiran karyawan, lembur, uang makan, tunjangan, BPJS dan PPh ps 21. Software ini biasanya tergabung atau menjadi bagian dari HRIS (Human Resource Information System) yang digunakan oleh perusahaan.

Dan 6 manfaat dari penggunaan software payroll sendiri seperti berikut ini :

1. Menghitung Potongan dan Jumlah Gaji

Dalam pembuatan laporan gaji harus terdapat rincian perhitungan yang jelas sesuai dengan kontrak di awal kerja. Gaji harus menyangkut perhitungan masuk kerja, tunjangan, bonus, komisi, dan uang lembur sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara karyawan dengan perusahaan.

Tetapi biasanya ada juga kewajiban yang dibebankan pada karyawan dan harus dipotongkan pada besaran gaji yang di terima, seperti pajak, asuransi dan BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan. Semua potongan tersebut akan dimasukkan langsung ke jumlah gaji kotor sebelum secara otomatis dikirim ke rekening karyawan.

Baca Juga : 7 tips mengatasi keuangan agar stabil

Banyaknya rincian gaji tersebut akan terasa sangat rumit jika dihitung secara manual. Untuk itu adanya software payroll akan mempermudah memperhitungkan dan melaporkan gaji secara lebih efektif dan efisien.

2. Membuat Formulir Pajak

Ada beberapa Payroll software yang mampu membuat formulir pajak terkadang memang cenderung menyulitkan bagi sebagian orang.Namun adanya software payroll bisa membantu Anda mendapatkan formulir pajak sesuai kebutuhan perusahaan dan karyawan.

Aplikasi Software Payroll Online

3. Menyimpan Data Secara Otomatis dan Aman

Menyimpan data secara manual akan memakan banyak waktu, sulit dilakukan dan membutuhkan banyak kertas serta tempat penyimpanan. Mengingat payroll software dijalankan menggunakan sistem, maka perusahaan tak perlu lagi repot mempersiapkan beberapa hal tersebut. Data lama juga bisa dihapus dengan mudah jika sudah tak diperlukan.

Baca Juga : 7 Tips Sebelum Membangun perusahaan sendiri

4. Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Tidak semua perusahaan atau bisnis UKM memiliki kebutuhan yang sama, dan perusahaan bisa menyesuaikannya dengan sistem payroll software yang dipilih. Perusahaan dapat menyampaikan kebutuhan mereka pada vendor masing-masing.

5. Self-Service

Penggunaan payroll software memungkinkan karyawan untuk secara langsung mengakses data informasi mengenai jumlah gaji, potongan, waktu kerja, bonus dan lainnya. Fitur ini juga memungkinkan karyawan yang ingin mengajukan sesuatu secara otomatis tanpa harus membuat surat permohonan kepada HRD.

6. Cloud Based Software

Saat ini hampir semua payroll software sudah berbasis cloud sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun Anda inginkan selama menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Sistem berbasis cloud ini juga akan terupdate secara otomatis ketika terjadi perubahan kebijakan pajak sehingga gaji karyawan akan selalu disesuaikan dengan ketentuan pemerintah.

Itulah pengertian software payroll beserta manfaat yang bisa didapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here