Lezatnya Kuliner Gudeg ala Kediri
LEZAT : Gudeg khas Kediri disajikan lengkap dengan nasi, krecek, ayam, telor, sambal terasi, serta lalapan. Bisa jadi pilihan melepas kangen gudeg dengan cita rasa khas Kediri.

Kuliner Gudeg ala Kediri Kurangi Rasa Manis

UKM BERDAYA – Manis dan legit. Itulah kekhasan dari menu yang satu ini. Kuliner gudeg merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal berasal dari Jogjakarta, menu ini dikenal dengan tewel atau nangka muda sebagai bahan pokoknya. Tambahan lain yang tak boleh ketinggalan adalah krecek, ayam, dan telur.

Tapi, tak semua suka gudeg bercitarasa manis. Apalagi, saat menu ini disajikan di Kediri. Hal inilah yang disadari oleh Yuyun Masita, juru masak dan pemilik RM Mirasa II. Sengaja, Yuyun yang belajar langsung dari Jogja ini meramunya sesuai dengan lidah wong Kediri dan menciptakan kuliner gudeg khas Kediri.

“Belasan tahun lalu, saya diskusi dengan guru (masak) saya, bagaimana supaya rasanya diterima di sini (Kediri),” tutur Yuyun. Beberapa kali olahan pun dilakukannya. Awalnya dibuat sama dengan daerah asalnya, tapi karena banyak yang mengeluh terlalu manis, akhirnya dikurangi hingga tinggal seperempatnya.

Setelah diramu dan disesuaikan dengan bumbu-bumbu lainnya akhirnya rasa yang tercipta adalah gurih, sedap dan tetap tidak ketinggalan manis. Meski begitu, yang tidak ditinggalkan adalah bumbu-bumbu yang digunakan. “Pakemnya tidak boleh dikurangi. Seperti rempath,, santan kental dan kaldu ayam kampung,” tutur perempuan berdarah Tionghoa ini.

Akhirnya, jadilah menu gudeg khas Kediri yang lengkap dengan krecek, telur dan ayam gorengnya. Hemmm…maknyuss… beberapa hal yang berbeda dari kuliner gudeg khas kediri dengan daerah asalahnya Djogjakarta.

Tewel dan Sambal Goreng Krecek

Dua menu ini menjadi inti dari gudeg. Yuyun menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk kuliner gudeg khas kediri ini. Untuk tewel atau nangka muda ini, dia menggunakan bahan pilihan. Yaitu nangka yang berkulit merah. Bukan yang kulit hijau. Menurut Yuyun, nangka merah lebih enak rasanya.

Bahan dasar pilihan tersebut dimasak dengan racikan bumbu yang pas. Memasaknya pun selama 12 jam dengan api kecil. Tak ayal gudeg pun menjadi empuk dan tahan hingga satu hari.

Kuliner Gudeg ala Kediri

Sementara untuk warna cokelat yang menjadi khas sajian gudeg, Yuyun mengungkapkan, diperoleh dari daun Jati dan kulit bawang merah.

Sajian menu lainnya adalah dari kreceknya. Digunakan dari bahan kulit kerbau yang terpilih. Krecek buatan Yuyun dibuat berbeda dengan rasa pedasnya untuk mengimbangi rasa manis gudeg. Rasanya sangat kenyal dengan bumbu yang meresap mantap.

Baca juga : Ingin Menikmati Mi Instan Super Pedas di Kediri? Ini Lokasinya

Ayam Goreng

Berbeda dengan sajian kuliner gudeg pada umumnya, pilihan ayam untuk pelengkap gudeg menggunakan ayam goreng. Dimasak dengan bumbu kalasan, Yuyun belajar langsung ke Kalasan untuk mendapatkan resepnya. “Rasanya manis legit dan gurih, paling pas untuk gudeg,” terangnya. Tentu saja, Yuyun menggunakan ayam kampung asli kaerna kaldunya yang gurih dan enak. Kaldu ini juga digunakan untuk memasak telur dan gudeg. Sebagai pelengkap, tidak lupa Yuyun memberikan tambahan sambal terasi. Sambal ini menambah kelezatan dari sajian gudeg. Bahkan, bisa dimakan terpisah hanya dengan ayam goreng dan sambalnya.

Kuliner Gudeg ala Kediri

Telur Rebus

Satu kekhasan dari olahan gudeg dari RM Mirasa II adalah dari proses perebusan telur rebus. Seperti halnya mengolah tewel, Yuyun menggunakan daun jati dan kulit bawang merah untuk memberikan warna cokelat yang tajam. Tidak lupa adalah lalapan. Yuyun menyertakan selada, kemangi dan timun.

Kuliner Gudeg ala Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here