Software Absensi Keuntungannya Bagi Perusahaan

0
52
Software Absensi

Ukmberdaya.com – Penggunaan perangkat software absensi seperti fingerprint mungkin memang sudah sangat biasa dibutuhkan perusahaan untuk memantau kehadiran pegawai setiap harinya. Absensi inilah yang di jadikan dasar perhitungan gaji dan menilai kinerja pegawai di setiap bulannya.

Namun bagi perusahaan besar dan memiliki banyak karyawan yang harus bekerja di luar yang mengharuskan karyawan berpindah pindah lokasi seperti seorang marketing atau sales, maka sistem absensi fingerprint dinilai sudah tidak efektif lagi.

Untuk itu dengan adanya aplikasi absensi akan menjadi solusi yang baik karena bersifat lebih fleksibel dan meminimalisir kecurangan.

Selain mempermudah karyawan dalam melakukan absensi tanpa harus mengganggu pekerjaannya, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan atasan untuk melakukan pemantauan terhadap karyawannya secara real time.

Aplikasi Absensi

Dan berikut ini adalah keuntungan lain yang bisa didapatkan saat menggunakan aplikasi software absensi :

Meminimalisir Kecurangan Absensi

Di dalam aplikasi absensi akan dilengkapi dengan fitur teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga dapat memverifikasi kehadiran karyawan di karyawan dimanapun dia ditugaskan secara real–time.

Foto wajah yang telah tertangkap oleh kamera handphone akan dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem. Sedangkan informasi posisi karyawan akan muncul sesuai dengan titik keberadaan yang terlacak oleh GPS.

Dengan demikian tidak akan ada manipulasi data absensi karena semua data sudah dienkripsi dan tersimpan aman di server penyedia aplikasi.

Meningkatkan produktivitas karyawan

Adanya aplikasi absensi juga sangat membantu karyawan yang bekerja secara mobile untuk menghemat waktu kerja. Karyawan tidak harus direpotkan dengan harus hadir ke kantor lagi untuk melakukan absensi. Terlebih jika jarak antara kantor dan tujuan tidak sejalan. Hal ini bisa membuang banyak waktu karyawan di sepanjang jalan.

Meningkatkan efisiensi biaya

Jika menggunakan mesin fingerprint maka kita akan mengeluarkan biaya untuk melakukan instalasi dan biaya perawatan (maintenance). Misalnya, perusahaanmu mempekerjakan sales di banyak supermarket atau department store, maka kamu tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran di setiap tempat mereka bekerja.

Sotware Absensi Online

Dengan e-absensi, kamu cukup mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakannya lewat smartphone berbasis OS Android atau iOS. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya dengan swafoto di telepon genggam mereka yang sudah terpasang aplikasi dan telah terdaftar di sistem.

Memudahkan Analisa Data Kehadiran

Dengan informasi yang menggunakan sistem real time managemen bisa melakukan pemantauan karyawan di sela – sela mengerjakan aktivitas atau pekerjaan rutin. Bahkan jika atasan yang tidak bisa hadir ke kantor, atasan bisa tetap mengetahui berapa karyawan yang hadir dan melakukan kunjungan kerja ke custumer.

Terlebih mengingat pentingnya control yang baik untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Sehingga jika di temui kendala di jalan akan dengan mudah dilakukan analisis dan evaluasi masalah.

Dengan sistem absensi online, kamu tidak butuh lagi rekap absensi periodik saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasi real-time sangat berguna jika kamu ingin menganalisa data absensi untuk mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dalam memanfaatkan software absensi secara Online. Selain bermanfaat bagi perusahaan atau bisnis UKM, software ini juga dinilai dapat membantu karyawan dalam memanfaatkan waktu kerja agar lebih produktif.

Bisa juga untuk meningkatkan kedisiplinan dan motivasi kerja bagi karyawan karena merasa bisa diawasi sepanjang waktu kerja berjalan.
Demikian artikel kami tentang aplikasi absensi ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here