Keuntungan Bisnis Alat Cetak Kue di Desa Baye

0
283
alat cetak kue

UKMBERDAYA.COM – Meski mayoritas bertani, sebagian warga Desa Baye juga memiliki usaha yang prospektif. Usaha yang dibuat adalah, pembuatan alat cetak kue. Setiap Dusun memiliki, usaha pembuatan alat cetak kue, salah satunya adalah Nikmatul Khoiriah.

Usaha pembuatan cetak kue yang di gulati oleh Nikmatul  warga Dusun Blibis, Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul sudah berangsur selama sepeluh tahun. “Ketika saya belum menikah mbak,” ujar Nikmatul. Dalam usaha pembuatan alat cetak kue ini, Nikmaktul memiliki dua karyawan.

Dalam penjualan kebanyakan pembeli berasal dari Sidoarjo. Selama menjelang lembaran, pemesanan yang di dapat Nikmatul meningkat dari biasanya. Kini Nikmatul hanya sebagai penyedia barang, dan pengepul. Warga sekitar akan datang ke rumahnya untuk mengambil bahan.

Satu orang satu bentuk cetakan, teradapat cetakan kue donat dari ukuran yang paling besar hingga paling kecil. Cetakan kue kering bermacam-macam bentuk. Seperti bentuk hati hingga hewan.

Warga yang mengambil bahan, akan mengembalikan barang dalam keadaan setengah jadi. Nantinya untuk bagian finishing, dilakukan di rumahnya. Finishing ini dikerjakan oleh karyawan miliknya. “Karena alat-alat seperti las ada disini mbak,” jelas Nikmatul. Dalam satu hari dapat menghasilkan delapan puluh alat cetak roti.

Untuk hari-hari biasnya, untuk pembuatan dalam satu hari bisa membuat delapan puluh cetakan. Selama bulan puasa ini, hanya dapat menghasilkan empat puluh cetakan dalam perhari.

baca juga : Home Industri Pia Kurangi Pengangguran dan Angkat Ekonomi Warga

 Alat cetak kue ini terbuat dari bahan stanlis. Stanlis ini adalah limbah dari perusahan di Sidoarjo yang kemudian di kirim ke rumah. Dalam bisnis pembuatan usaha cetak kue ini, di jalankan bersama suaminya Bisri Mustofa

Ikuti terus berbagai berita Bisnis UKM , Kuliner, traveling, ulasan strategi digital marketing dan berbagai berita menarik lainnya di UKMberdaya.com ya…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here