UKM BERDAYA – Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan sektor ekonomi yang menggerakkan perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu penggerak utama ekonomi Indonesia, pemilik usaha kecil menengah harus melek terhadap perkembangan teknologi karena besar pengaruhnya terhadap bisnis.

Teknologi mengubah cara hidup manusia, termasuk di dalamnya cara berbisnis. Kini Indonesia memasuki era revolusi industri 4.0, di mana semua mesin dihubungkan melalui sistem internet atau disebut juga sebagai revolusi digital.

Semua industri harus siap menghadapi revolusi industri ini, tidak terkecuali usaha kecil menengah. Agar bisa tetap bertahan dalam persaingan era revolusi digital, usaha kecil menengah harus menerapkan teknologi terbaru.

Sayangnya kesadaran terhadap pentingnya teknologi terhadap bisnis UKM belum disadari oleh semua pemilik usaha kecil menengah di Indonesia.

Berdasarkan laporan CNN Indonesia baru 20 persen pemilik usaha kecil menengah yang mengutamakan penerapan teknologi informasi di bisnisnya. Menurut laporan tersebut, kebanyakan dana alokasi untuk teknologi informasi usaha kecil menengah hanya berkisar pada komputer atau ponsel. Tentu saja dua hal tersebut belum cukup untuk mendukung jalannya usaha kecil menengah di era revolusi digital.

Masih menurut laporan CNN, kebanyakan pemilik usaha kecil menengah khawatir terhadap besarnya biaya yang dikeluarkan untuk alokasi teknologi informasi. Padahal tidak semua perangkat teknologi informasi perlu mengeluarkan biaya. Tersedia banyak alat gratis yang bisa digunakan pemilik usaha kecil menengah untuk keberlangsungan bisnisnya, dari aplikasi untuk mengelola website hingga aplikasi laporan keuangan.

Beberapa perangkat teknologi informasi memang membutuhkan biaya. Namun, pemilik bisnis UKM harus menyadari bahwa dana yang dikeluarkan untuk investasi di bidang teknologi informasi mampu membuat pengelolaan usaha kecil menengah semakin mudah, efektif, dan efisien sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Beberapa perangkat teknologi yang dapat Anda gunakan dalam mengelola usaha kecil menengah adalah sebagai berikut:

WordPress

Sudah punya website untuk bisnis online Anda? Jika belum, sebaiknya Anda mulai membuat website dari sekarang juga, apalagi kini membuat website tidak lagi sulit. Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat membuat dan mengelola website bisnis online dengan mudah.

CMS ini dirancang agar mudah untuk dioperasikan oleh siapapun, baik pemula maupun mahir dalam bidang website. WordPress telah dipercaya oleh sekitar 74 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia, setidaknya terdapat 1 juta situs di antaranya adalah bisnis online.

WordPress tersedia secara gratis sehingga cocok untuk usaha kecil menengah. Selain itu, WordPress juga sudah kompatibel dengan WooCommerce sehingga akan memudahkan para pemilik usaha kecil menengah untuk membuat toko online.

Meskipun tersedia secara gratis, bukan berarti WordPress berkualitas rendah. Buktinya banyak perusahaan besar yang menggunakan CMS ini. Beberapa di antaranya adalah Sony Music, Beyonce, The Walt DisneyCompany, Mark and Spencer for Business, dan BBC America.

Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan fitur gratis dari Google untuk para pemilik bisnis agar lebih mudah dalam mengelola kehadiran onlinenya di Google, termasuk dalam pencarian Maps sekalipun. Mungkin fitur ini sudah tidak asing bagi Anda. Ketika mengetikkan nama sebuah tempat makan, perusahaan, atau kantor di Google, Anda akan menemukan informasi bisnis di sebelah kanan hasil pencarian seperti contoh di bawah ini.

Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa memberikan informasi tentang bisnis Anda dari alamat bisnis, jam buka, nomor telepon, situs web resmi, hingga ulasan konsumen yang pernah membeli produk atau jasa Anda. Fitur ini juga memungkinkan para pencari di Google untuk mengajukan pertanyaan mengenai bisnis Anda di kolom Tanya Jawab.

Fitur ini tidak hanya memudahkan konsumen untuk menemukan bisnis Anda, tetapi juga untuk meningkatkan kepercayaan konsumen karena untuk dapat menggunakan fitur ini pemilik melakukan proses verifikasi terlebih dahulu dari Google.

WhatsApp Bisnis

Sekarang WhatsApp tidak hanya berfungsi untuk aktivitas chatting personal, tetapi juga untuk bisnis. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, WhatsApp Bisnis juga tersedia secara gratis.

Berbeda dari WhatsApp biasa, untuk memiliki WhatsApp bisnis Anda perlu melakukan proses verifikasi dengan mengisi seluruh informasi bisnis, termasuk alamat dan nomor telepon bisnis. Proses verifikasi ini berguna untuk menghindari kemungkinan adanya penyalahgunaan nama bisnis Anda.

Berikut merupakan beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang bisa digunakan para pemilik bisnis UKM:

Profil Bisnis

WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda untuk membuat profil bisnis yang berisi nama badan usaha, alamat, dan website resmi.

Statistik

Anda dapat mengetahui performa pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp sehingga Anda bisa mengetahui berapa penerima yang membuka pesan dan berapa penerima yang mengabaikan pesan Anda.

Pesan Sapaan

Anda dapat menyapa pelanggan ketika mereka pertama kali terhubung dengan WhatsApp Bisnis Anda.

Pesan Otomatis

Anda juga dapat mengatur pesan otomatis ketika Anda tidak dapat membalas langsung pesan yang dikirimkan pelanggan.

Dengan fitur-fitur tambahan di atas, WhatsApp Bisnis tetap mudah untuk dioperasikan. Selain itu, dengan memiliki WhatsApp Bisnis, Anda juga memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda, mengingat kebanyakan orang Indonesia memakai WhatsApp untuk kebutuhan komunikasinya.

WhatsApp merupakan aplikasi chat paling populer di Indonesia dengan total unique visitor 35,8 juta per bulan. Pengguna WhatsApp pun cukup aktif, sebanyak 70 persen pengguna WhatsApp mengaku menggunakan aplikasi chat ini setiap hari. (UKM/C)

Baca juga : 10 Ide UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

Baca juga: Produk Anda Laris di Instagram Dengan Tips Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here