Jualan Mie Pangsit Keliling dengan Modal Kecil

0
42

Salah satu contoh bentuk usaha modal kecil yang menjanjikan keuntungan besar ialah berjualan mie pangsit keliling.

Peluang bisnis ini memang kadang dipandang sebelah mata karena jika dilihat cara berniaga berkeliling sepertinya hanya dilakukan oleh orang yang tidak memiliki tempat usaha tetap.

Padahal jika kita cermati dan analisa lagi, justru bentuk usaha kecil seperti ini bisa lebih cepat menguntungkan daripada mereka yang membuka usaha dengan gaya mewah.

Ambil contoh perhitungan kasarnya saja. Jika anda mendirikan warung mie pangsit dengan menyewa ruko sedangkan kita masih belum tau profit dan belum memiliki pelanggan.

Berapa besar modal yang akan anda keluarkan pada masa awal merintis usaha ini ?

Kemudian dalam target berapa bulan, atau bahkan tahun modal tersebut dapat kembali sudah dipotong keuntungan bersih.

Dengan nilai harga jual mie pangsit yang rata rata hanya berkisaran 3 sampai 5 ribu rupiah, maka akan tetap membutuhkan omzet yang cukup besar jika ingin mengembalikan modal awal.

Modal kecil dengan hanya 50 ribu beromzet 160 ribu

Ini dikisahkan dari seorang penjual mie pangsit keliling yang biasanya berjualan di komplek perumahan menurut narasumber menuturkan bahwa modal awal untuk memulai usaha mie pangsit keliling cukup besar.

Setidaknya anda sudah memiliki motor untuk membawa peralatan jualan termasuk rombong aluminium baru yang seharga 2 juta kemudian baskom atau panci rebus mie beserta alat lainnya mangkuk, sendok garpu, tabung gas beserta kompor dan lain sebagainya yang menghabiskan anggaran sebesar 600 ribu.

Dari modal ini dari sebagai modal utama bukan termasuk modal kerja harian yang meliputi bahan dagangan untuk operasional sehari hari.

Belanja bahan untuk usaha jualan mie pangsit

Selanjutnya untuk memulai aktifitas niaga harian maka keperluan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:

  • Mie pangsit kering 3kg seharga Rp 30,000
  • Sayur 4 ikat seharga Rp 4,000
  • Krupuk pangsit 0,5kg seharga Rp 6,000
  • Saos dan sambal seharga Rp 5,000
  • Bumbu lain lain Rp 5,000

Didapatkan jumlah sebesar Rp 50,000 untuk modal harian dan belum termasuk bahan bakar untuk operasional motor di tegaskan oleh narasumber bahwa paket bahan bisa untuk membuat atau menghidangkan 40 sampai 45 porsi dengan harga jual per porsi Rp 4,000.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Penambah Pundi-Pundi Rupiah Untuk Ibu Rumah Tangga

Maka jika dalam sehari saja bisa menjual habis dagangannya, ia sudah dapat mengantongi omzet sebesar Rp 160,000 dengan dipotong modal harian sebesar Rp 50,000 maka masih tersisa keuntungan sebesar Rp 110,000 merupakan penghasilan yang sudah cukup lumayan untuk setingkat jualan keliling.

Perhitungan ini masih bisa ditingkatkan jika anda mampu menambah besarnya modal yang juga akan menuntut agar bisa menjual lebih banyak porsi.

Meskipun tergolong jenis usaha dengan modal kecil maka tetap terbuka lebar kesempatan untuk melipatgandakan uang penghasilan jika kita tahu metodenya.

Gunakan faktor kali sebagai kunci menambah pendapatan.

Seandainya anda telah sukses menjalankan satu unit motor untuk menjajakan mie pangsit keliling, kenapa tidak menambah armada kemudian merekrut orang dengan system upah atau komisi maka dari itu memulai sebuah usaha yang menguntungkan bukan harus dengan modal yang besar serta penampilan yang mewah.

Sekecil apapun awal usaha itu di rintis, pastikan memiliki nilai plus pada setiap operasionalnya dan selanjutnya hanya tinggal mengalikan untuk meningkatkan keuntungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here