Rekomendasi Jasa Pembasmi Semut Basmi Semut Di Rumah

0
75
Cara Jasa Pembasmi Semut Basmi Semut Di Rumah
foto semut tukang kayu

Ukmberdaya.com –  Bagaimana si cara pemiliki jasa pembasmi semut dalam membasmi semut di rumah kita? Jika kita perhatikan semua jenis semut rumahan memang terlihat sama – berwarna hitam, bertubuh kecil dan tertarik pada banyak hal manis seperti sisa remah makanan dan tumpahan minuman yang ada di lantai atau di meja makan.

Bisa pada kenyataanya bisa jadi semut yang masuk ke dalam rumah merupakan jenis semut yang berbeda antara satu dengan lainnya baik secara tampilan, ketertarikan dan gangguan yang mungkin mereka timbulkan di rumah Anda. Dengan mengidentifikasi secara rinci beberapa jenis semut yang paling umum ditemukan di dalam rumah Anda, maka jasa pembasmi semut atau setiap pemilik rumah bisa memahami cara pencegahan terbaik sebelum semut-semut ini menciptakan gangguan bagi manusia di dalam rumah, contohnya seperti ini:

Alasan semut masuk rumah

Sebelum mencegah semut masuk rumah, jasa pembasmi semut atau setiap pemilik rumah harus mengetahui apa yang sebetulnya menjadi alasan semut masuk rumah.

Seperti halnya hama rumahan secara umum, setidaknya ada 3 alasan atau penyebab semut masuk rumah Anda, antara lain merupakan:

  1. Menemukan sumber makanan– Jika seekor semut menemukan makanan, maka mereka akan kembali ke sarangnya dengan membawa makanan tersebut dan meninggalkan jejak aroma  di belakangnya.
  2. Mencari sumber air– Seperti kebanyakan serangga pada umumnya, semut membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup. Mereka biasanya sebagian besar air yang dibutuhkan melalui makanan yang mereka konsumsi.
  3. Menemukan tempat tinggal atau tempat untuk bersarang– biasanay banyak jenis semut lebih memilih untuk bersarang di area luar rumah Anda. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada satupun jenis semut yang bisa bersarang di dalam rumah Anda. Perlu Anda tahu, spesies semut yang bersarang, mencari makanan dan kelembaban di dalam rumah, biasanya menjadi jenis semut yang paling sulit untuk dikendalikan; contohnya jenis semut tukang kayu atau disebut juga semut firaun.

Jenis-jenis semut rumahan

Meski bertubuh kecil dan tidak terlihat berbahaya, akan tetapi menemukan semut berbaris masuk ke dalam rumah Anda tentu bukan pemandangan ingin dilihat.

Ada jenis-jenis semut rumahan yang paling umum ditemukan oleh setiap pemilik rumah di Indonesia, antara lain:

  1. Semut gula
  2. Semut tukang kayu
  3. Semut firaun

Cara membasmi jenis-jenis semut rumahan

Nah dalam artikel kali ini kami akan share beberapa cara membasmi jenis semut rumahan seperti semut gula, semut tukang kayu dan semut firaun.

Semut gula

Semut gula (Camponotus consobrinus) merupakan salah satu jenis semut yang paling sering dikeluhkan oleh setiap orang di Indonesia. Karena keberadaanya yang cukup umum ditemui maka tak heran apabila hampir setiap rumah harus rela menghadapi masalah dari jenis semut yang satu ini.

Sama seperti namanya, semut gula tertarik terhadap zat manis pada makanan, seperti gula, madu atau makan manis lainnya seperti roti dan kue.

Semut rumahan yang ini memang tidak menyengat manusia dan menimbulkan bintik-bintik dan rasa gatal seperti jenis semut api tetapi menemukan semut gula di area dapur atau ruang makan tentu akan sangat menjengkelkan apabila didiamkan.

Cara membasmi semut gula

Berikut beberapa cara membasmi semut gula:

  1. Membersihkan tumpahan dan sisa makanan secara teratur– cara ini dilakukan supaya tidak mengundang semut gula untuk datang.
  2. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis hanya di area dapur/ruang makan– Jika demikian cara ini memungkinkan Anda untuk mengurangi kemungkinan adanya remah-remat atau tumpahan yang menjadi makanan kesukaan jenis semut gula.
  3. Menempatkan makanan-makanan kedalam wadah yang tertutup rapat–kebiasaan ini terutama pada jenis-jenis makanan yang mengandung manis seperti, gula, sirup atau madu.
  4. Menambal retakan-retakan dan celah yang ada di sekitar area rumah Anda– pastikan tidak ada celah-celah atau retakan di rumah Anda yang bisa digunakan semut gula sebagai akses masuk ke rumah Anda.

Semut tukang kayu

Semut tukang kayu  merupakan jenis atau spesies semut lain yang paling sering ditemukan di rumah.

Hal ini karena kerusakan yang ditimbulkannya mirip dengan gejala serangan rayap di rumah, banyak yang sering mengira bahwa jenis semut yang satu ini merupakan rayap. Akan tetapi sebetulnya semut tukang kayu tidak memakan kayu sama halnya seperti rayap, tetapi mereka membangun sarang dengan cara melubangi kayu lembab dari sisi dalam kayu.

Selain bersarang di luar rumah seperti pada semak belukar dan bongkahan kayu di pekarangan rumah. Jenis semut rumahan satu ini juga diketahui suka membangun sarang di dalam rumah. Mereka memiliki ketertarikan untuk bersarang di tempat-tempat lembab seperti di sekitar jendela, di dalam lemari hingga di dalam saluran bak cuci dapur.

Cara membasmi semut tukang kayu

Inilah  beberapa langkah mudah untuk membasmi semut tukang kayu dalam jangka pendek:

  • Memastikan bahwa Anda selalu menerapkan kebiasaan rumah tangga yang bersih dengan rutin dan teratur–  Hal ini termasuk mengatur tempat penyimpanan dan pembuangan makanan yang layak dan tepat di rumah.
  • Memastikan tingkat kelembaban di rumah Anda terkendali– cek serta periksa apakah terbisa pipa bocor di sekirar rumah Anda.
  • Memperhatikan tanda-tanda awal keberadaan semut tukang kayu– seperti timbulnya serbuk kayu atau kerusakan pada kayu yang hampir serupa dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap.
  • Menjaga kebersihan pekarangan rumah secara rutin dan teratur– contohnya seperti memangkas rumput-rumput tinggi, membuang dedaunan kering, serta membuang puing tumpukan kayu-kayu bekas yang seringkali terabaikan di pekarangan rumah Anda.

Umumnya  dalam satu koloni semut tukang kayu terbisa sebanyak 15,000 semut pekerja. Inilah yang menjadi alasan mengapa membasmi semut tukang kayu di rumah bukanlah hal yang mudah untuk Anda kerjakan sendiri tanpa bantuan khusus dari jasa pembasmi semut profesional yang sudah terbiasa menangani berbagai masalah jenis semut rumahan di Indonesia.

Semut firaun

Untuk semut firaun merupakan jenis semut tropikal yang masuk ke dalam rumah untuk memanfaatkan remah-remah makanan, tumpahan minuman serta kelembaban dari dalam rumah Anda.

Semut jenis ini seringkali ditemukan bersarang di tempat tersembunyi di dalam rumah seperti celah terkecil pada dinding, di sepanjang pipa atau saluran air, dan bahkan di tempat tak umum dan terduga seperti lemari pakaian, furniture dan bahkan di bawah karpet.

Hal ini dikarenakan bentuk tubuhnya yang kecil serta kemampuannya untuk bisa nyaman tinggal di suhu ruangan dan bersarang di dalam rumah, maka semut firaun dikenal sebagai salah satu hama dalam ruangan yang paling sulit dikendalikan.

Baca juga : Peluang Bisnis Fried Chicken dengan Keuntungan Fantastis

Baca juga : Inilah Stretegi Mengelola Operasional UKM Ketika Pandemi Corona

Cara membasmi semut firaun

Untuk bisa membasmi semut jenis ini menjaga rumah sebersih mungkin bisa mencegah semut firaun untuk datang dan bersarang di dalam rumah. Inilah cara-cara membasmi semut firaun di dalam rumah:

  • Hindari untuk meninggalkan makanan atau sisa makanan di sekitar rumah.
  • Menutup retakan di sekitar bangunan rumah.
  • Jauhkan cabang pohon dan semak-semak dari rumah.
  • Pastikan bahwa tidak ada pipa bocor yang berada di struktur bangunan rumah, hingga mengurangi tingkat kelembaban yang berasal dari rumah Anda.
  • Mempertimbangkan untuk meminta bantuan dari jasa pembasmi semut rumah agar membasmi seluruh koloni semut firaun dengan umpan gel khusus.

Jika Anda menemukan semut firaun masuk dan bersarang di dalam rumah, jangan pernah mencoba untuk membasmi jenis semut satu ini di rumah dengan menyemprotnya cairan insektisida. Hal ini Karena justru akan menyebabkan situasi lebih memburuk! Koloni baru semut firaun seringkali terbentuk melalui sarang yang telah terganggu oleh manusia lho.

Nah  perlu Anda ketahui juga lho,  jika  untuk  koloni semut firaun bisa berkisar dari beberapa lusin untuk menampung 300.000 ekor semut di dalamnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here