Inovasi Gambaran Laundry Menjadi Peluang Bisnis

0
35

Sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan maka tidak heran jika usaha laundry saat ini begitu banyak yang bermunculan dengan mulai dari kota besar sampai ke pelosok pinggiran kota.

Meskipun sudah banyak yang menjalankan usaha ini, namun anda tidak harus menyerah begitu saja karena masih ada memungkinkan untuk dapat memenangkan pasar apabila anda bisa lebih kereatif dan inovatif.

Jika selama ini usaha laundry banyak dijalankan secara offline, maka untuk menciptakan inovasi yang baru maka bisnis ini dapat dikemas secara online mengingat gaya hidup masyarakat saat ini yang serba praktis dan efisien.

Strategi menjalankan usaha laundry berbasis online

Promosi Melalui Internet

Pada dasarnya cara kerja usaha laundry tetap seperti biasa yaitu proses pencucian pakaian hingga serah terima akan dilakukan sebagaimana kerja offline.

Hanya saja perbedaan dengan menerapkan inovasi ini bagaimana anda melayani konsumen dan termasuk cara promosi, cara order, serta metode pembayaranya yang hal ini dapat dikerjakan secara online.

Virtualisasi bisnis dan usaha ini adalah salah satu strategi dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat khususnya di bidang usaha jasa laundry.

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis Laundry Bagi Pemula

Sepintas memang kurang begitu menarik dan masih sangat meragukan apakah inovasi ini akan berhasil dan efektif.

Namun setidaknya kita semakin peka dengan tingkat kemajuan serta pola pikir masyarakat saat ini yang mayoritas sudah menjadikan internet sebagai sarana penunjang aktifitas dan hiburan.

Jadi target utama dari inovasi membangun usaha laundry berbasis online ini ialah untuk kalangan berikut:

  • Keluarga, profesional, pengusaha, atau mereka yang super sibuk dan nyaris tidak memiliki waktu hanya untuk masalah pakaian kotor.
  • Orang paham teknologi dan menggunakan gadget sebagai penunjang aktifitas setiap harinya.
  • Masyarakat yang sudah mulai dominan menyukai layanan berbasis internet untuk melakukan berbelanja hingga memenuhi kebutuhannya dengan lebih cepat dan praktis.

Mekanisme untuk bisnis jasa secara online khususnya untuk usaha laundry dapat dilaksanakan dengan metode sebagai berikut:

  • Contact– Mempersiapkan wadah atau tempat dimana calon konsumen bisa mengakses layanan yang anda buka contohnya website atau webpage di sosial media agar calon konsumen dapat memesan layanan laundry secara online.
  • Collect– Disini anda membutuhkan karyawan dan transportasi untuk menjemput cucian di lokasi yang telah ditentukan oleh konsumen.
  • Clean– Proses pelaksanaan pencucian tetap akan dilakukan secara offline dilokasi anda membuka usaha laundry.
  • Deliver– Saatnya proses pengiriman hasil pekerjaan sesuai pesanan kepada konsumen serta penagihan.

Keunggulan dari inovasi ini terletak pada kemudahan konsumen yang dapat mengakses layanan anda tanpa mengurangi banyak waktu atau mengganggu kesibukan mereka.

Apapun alasannya, perkembangan teknologi jaringan internet sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sosial masyarakat. Kedepannya semua orang akan sangat tergantung dengan akses internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here