Inilah Stretegi Mengelola Operasional UKM Ketika Pandemi Corona

0
65

UKMBerdaya.Com – Pelaku usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah merasakan dampak yang sangat besar dengan adanya Pandemi Virus Corona (COVID-19) ini. Namun dengan kondisi ini bukan berarti pelaku usaha lengah dalam situasi seperti ini. Para pelaku UKM wajib untuk mengencangkan ikat pinggangnya ketika mengelola operasional bisnisnya masing masing.

Ada 3 poin yang harus diperhatikan betul bagi para pelaku bisnis UMKM dalam menghadapi Pandemi virus Corona (COVID-19) ini. Tiga hal tersebut adalah kualitas produk (Quality), Biaya Operasional (cost), dan Distribusi barang (Delivery).

Untuk kualitas sangatlah penting karena poin ini yang akan menentukan apakah produk atau service akan di terima oleh pasar atau tidak. Bagaimanapun kondisinya apapun pasarnya poin kualitas menjadi poin yang penting untuk terus diperhatikan dan harus tetap baik.

Selain itu untuk poin Kualitas ini juga di jabarkan lagi yaitu ada 8 poin yang dapat menjadi acuan baik atau tidaknya kualitas produk atau jasa ketika menawarkan ke konsumen. Kedelapan poin itu antara lain adalah Kesesuian, Keandalan, Fitur, Performa, Daya Tahan, Estetika, Kualitas Persepsi dan Kemampuan melayani.

Nah untuk poin biaya yang harus di prioritaskan ialah tentang biaya karyawan, biaya bahan dan biaya peralatan.

Terakhir, distribusi barang. Distribusi barang memiliki peranan yang penting untuk menyalurkan produk dan jasa ke pelanggan.

Menurut Mufid Wahyudi yang menjadi Koordinator Wilayah Jawa Timur International Council for Small Business atau ICSB Indonesia menyatakan bahwa di era digital sekarang ini indikator delivery yang prima dan baik ialah waktu yang cepat atau on time.

Dengan adanya ketepatan waktu dalam pengiriman akan meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen sehingga akan meningkatkan trust terhadap produk dan jasa yang digunakan.

Sumber : Detik.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here