Inilah Strategi Memasarkan Melalui Media Sosial

0
71

Strategi sukses untuk memasarkan bisnis UKM menggunakan akun jejaring sosial media seperti Facebook dan Instagram merupakan sebuah metode marketing yang bisa dibilang sangat murah namun terbukti cukup efektif untuk mendongkrak kesuksesan usaha.

Berbisnis zaman sekarang ini tidaklah serumit bisnis yang ada pada masa lampau. Selain cukup menjanjikan, tidak ribet dan hanya memerlukan akses internet serta gadget.

Binis ini terkenal dengan nama bisnis online dimana bisa dilakukan oleh semua kalangan dan peluangnya cukup besar. Karena dengan kecanggihan technologi serta banyaknya pengguna internet di seluruh dunia disertai dengan munculnya berbagai media sosial yang bisa dijadikan salah satu sarana promosi produk anda.

Bagi anda yang ingin terjun di peluang bisnis ini, tidak ada salahnya anda bisa mulai dengan menggunakan fasilitas media sosial dengan saat ini tercatat hampir semua orang menggunakannya.

Perlu diketahui juga bahwa masyarakat kita Indonesia menduduki peringkat tinggi sebagai pengguna internet sehingga peluang berbisnis di dunia maya semakin terbuka lebar.

Produk yang bisa dijual melalui media sosial beragam bentuk dan jenis. Jika anda pelajari banyak produk UKM yang saat ini sedang menjamur dan marak untuk diperdagangkan.

Menggunakan media ini diperlukan strategi yang tepat dalam pemasarannya karena tidak hanya anda saja melainkan banyak pesaing lainnya yang mungkin memiliki produk yang hampir sama dengan yang anda miliki.

Dengan begitu, apabila anda sebagai pemula ingin menjadi sukses di bidang bisnis online lebih baik ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Menyusun persiapan dengan matang

Segala sesuatu yang akan dikerjakan pasti harus dipersipakan dengan matang, karena ini merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis apapun baik untuk jenis usaha kecil maupun bisnis sampingan lainnya.

Persiapan ini meliputi tujuan yang ingin anda capai hinga pelaksanaanya. Jangan membuat perencanaan yang di luar kemampuan anda dan jangan terlalu berlebihan karena dalam setiap bisnis apalagi sebagai pemula pasti akan banyak menemui rintangan dan bahkan kegagalan yang harus dihadapi.

Baca Juga : Manfaatkan Digital Marketing untuk bisnismu

Namun, jangan berkecil hati, melalui artikel kali ini kami akan membantu anda untuk bisa sukses berbisnis UKM melalui media sosial facebook.

Persiapan ini akan melibatkan beberapa poin penting di dalam bisnis yang akan Anda jalankan, antara lain:

Persiapan dan Pemilihan Produk

Apakah anda akan memproduksi sendiri produk yang akan anda jual atau hanya menjadi resseler? Persiapannya tentu akan berbeda, akan lebih kompleks bagi yang memilih untuk memproduksi sendiri.

Pilihlah produk yang berkualitas, bermanfaat dan memiliki keunikan tersendiri bagi pembeli. Selain itu anda juga harus tepat dalam memberikan harga selain agar anda tidak rugi juga produk yang anda jual mampu bersaing dengan produk lainnya yang sudah beredar terlebih dahulu di media sosial.

Sehinga diharapkan dengan berbagai persiapan yang matang serta pemilihan produk yang tepat membuat bisnis anda bisa berjalan secara lancar.

Sistem Pemasaran yang Baik

Untuk pemasaran ini, anda bisa melakukan dengan beberapa cara. Apakah akan menggunakan marketing khusus yang memang sudah ahli dalam bidang pemasaran online atau melalui forum atau blog.

Pemilihan ini harus anda pertimbangkan sebaik mungkin, jika cara yang anda ambil membutuhkan waktu lama untuk masyarakat mengenal produk anda, hal ini akan membuat anda kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan.

Saat ini semua dilakukan secara cepat untuk bisa mendapatkan keuntungan yang cepat juga. Selengkapnya bisa anda baca pada strategi pemasaran murah meriah dan hasilkan penjualan maksimal.

Standar Pelayanan dan Kebijakan Lainnya

Bisnis yang anda jalankan harus memiliki standar tersendiri dalam memberikan pekayanan yang terbaik terhadap customer.

Saat pelanggan merasa nyaman dan puas dengan pelayanan kita, maka dia akan kembali lagi untuk membeli produk kita bahkan akan loyal kepada kita.

Selain itu mereka juga akan menjadi marketing kita secara tidak langsung. Kebijakan pada bisnis anda juga perlu diterapkan agar apabila ada hambatan yang mungkin muncul di kemudia hari bisa terselesaikan dengan cepat dan tidak merugikan kedua belah pihak.

Mulai menentukan media pemasaran yang paling tepat

Berbagai pilihan media sosial dengan masing-masing kelebihan kadang membuat bingung pada saat anda harus memutuskan pilihan media mana yang akan anda gunakan untuk memulai bisnis.

Masing-masing media memiliki strategi yang berbeda untuk bisa memperkenalkan produk. Terapkan strategi pemasaran yang tepat dengan 2 sosial media di bawah ini:

1. Strategi Marketing Menggunakan Facebook

Menghasilkan Uang dari Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang tergolong sudah sangat lama keberadaannya. Untuk Indonesia sendiri penggunanya sudah mencapai 40 juta orang lebih.

Sehingga cukup memberikan peluang besar untuk memasarkan produk serta lebih mudah untuk masyarakat mengenal produk anda secara cepat.

Baca Juga : Tips Feed Instagram untuk Mendulang Followers

Selain itu anda perlu mengelola dengan benar agar strategi yang sudah anda rencanakan bisa diterapkan dan memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut beberapa strategi pemasaran di media sosial facebook yang bisa anda lakukan :

Di fitur ini anda perlu mendekorasi semenarik mungkin, melengkapi detail penjelasan produk anda beserta gambar yang menarik atau apapun yang berhubungan dengan produk anda. Sehingga orang yang melihat akan tertarik dengan produk anda jual

  • Share– Tombol share ini berfungsi hampir sama dengan tombol like. Namun perbedaannya dengan menggunakan share maka produk anda akan di viralkan ke halaman orang yang kita bagikan.

Share halaman fan page melalui akun pribadi dan orang akan lebih mudah untuk mengetahui produk yang anda pajang di akun pribadi anda.

Langkah yang harus selalu anda lakukan adalah rutin memperbaharui produk anda. Semakin sering anda update akan semakin besar pula kemungkinan halaman anda viral di akun facebook orang lain.

  • Gunakan Facebook Ads– Fitur ini bisa anda gunakan untuk menambah jumlah pengunjung di halaman facebook anda sehingga semakin cepat produk anda dikenal dan penjualan akan semakin meningkat cepat.
  • Berikan Respon dan Pelayanan yang Terbaik– Setiap pengunjung sebaiknya langsung diberikan respon yang cepat baik setiap pertanyaan maupun setiap komplain yang dilontarkan.

Karena pelanggan akan lebih merasa puas terhadap pelayanan yang anda berikan. Ingatlah selalu bahwa konsumen anda adalah raja.

2. Instagram sebagai sarana pemasaran yang efektif

Jualan Online Di Instagram

Situs sosial media yang satu ini memang memiliki sejumlah fitur yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan Facebook dan Twitter.

Akan tetapi meskipun demikian tetap layak untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan di dalam bisnis yang Anda jalankan. Lakukan beberapa strategi ini ketika menjalankan bisnis melalui instagram:

  • Maksimalkan Foto Produk– Kelebihan dari Instagram adalah memiliki kemudahan dalam berbagi foto dengan resolusi tinggi serta video kepada semua orang yang sudah menjadi follower.

Sehingga apabila anda menginginkan produk anda terjual cepat, upload lah gambar-gambar yang sekiranya menarik dan terlihat jelas detail dari setiap sisi produk yang anda jual.

Baca Juga : Pemasaran Produk juga Butuh Strategi Merek

Memang dalam hal ini diperlukan kreatifitas dan kemampuan untuk bisa mengambil gambar dengan hasil yang mampu memikat konsumen.

  • Display Produk Secara Teratur– Anda harus melakukan pemasangan gambar atau video produk secara teratur yang jadwalnya sudah anda tentukan.

Sehingga follower yang mengikuti produk anda mengetahui dan selalu mengingat kapan anda akan meluncurkan produk yang baru lagi.

Selain itu orang yang baru menjadi anggota di Instagram dapat mengenal produk dan mengetahui jenis produk apa saja yang anda jual.

  • Gunakan Hashtag– Setiap gambar atau video yang anda posting jangan lupa ditambahkan tanda pagar atau yang dikenal dengan nama hashtag agar orang mengetahui nama produk atau bahkan detail produk, mungkin juga memudahkan orang lain untuk bisa menemukan produk yang anda pasarkan.

Apabila bisnis online menggunakan media sosial ini merupakan hal yang baru bagi anda, maka jangan pernah bosan dan malas bergabung di forum2 online untuk mengetahui lebih dalam cara menggunakan dan kuasai fitur apa saja yang bisa anda gunakan untuk mempercepat pemasaran produk anda.

Setiap media sosial memiliki masing-masing cara dan strategi untuk bisa memperkenalkan produk kepada orang banyak. Bahkan strategi menghasilkan uang hanya dengan modal instagram ini telah menjadi salah satu bisnis online paling mudah untuk pemula untuk menghasilkan uang dari internet.

Jangan sampai anda tidak menguasai penggunaan media sosial yang anda pilih untuk berbisnis, karena strategi yang tidak tepat akan menjadi sebuah halangan bagi bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here