Ini Dia 5 Manfaat Web dan Blog Untuk Bisnis Anda Di Jaman Sekarang

0
76

Memasuki jaman yang serba digital, seharusnya kita semua juga sadar bahwa banyak pelaku bisnis yang sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai salah satu strategi mencapai kesuksesannya.

Salah satu sarana bisnis di jaman internet adalah memiliki website atau blog yang tentunya akan banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh darinya.

Bahkan sudah banyak para pemilik usaha baik dalam skala kecil menengah UKM, pebisnis pemula, maupun pelaku usaha rumahan yang membangun website untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Tentunya sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu yang masih berpikir rumit bahwa memiliki website untuk menjalankan bisnis itu belum begitu penting.

Selain beranggapan jika membuat website itu membutuhkan biaya mahal dan juga belum masuk ke dalam anggaran usaha, beberapa orang juga ada yang beralasan karena usaha yang di jalaninya tidak menggunakan komputer sehingga website memang belum begitu penting.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

Alasan kenapa website dan blog sangat penting untuk kelangsungan usaha

Menyikapi perilaku masyarakat sekarang ini yang mayoritasnya sudah terbiasa dengan teknologi internet, maka tidak dapat dipungkiri lagi jika hal ini juga cukup berpengaruh pada strategi pemilik bisnis tersebut.

Banyak sekali penyedia platform website yang bisa anda pilih mulai dari yang gratisan hingga berbayar.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menjalankan bisnis memerlukan website, serta apa saja manfaatnya bagi bisnis yang sedang anda jalankan.

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Kecil dengan Online Branding

Di jaman sekarang ini, di dukung dengan sarana yang semakin murah untuk di jangkau oleh masyarakat, maka konsumen lebih memilih menggunakan internet untuk mencari produk yang mereka butuhkan.

Dengan demikian bisnis kecil anda tentu akan lebih mendapatkan kredibilitas karena sudah memiliki website serta akan dipandang lebih profesional.

Anda bisa saja kehilangan pelanggan yang potensial hanya karena tidak memiliki situs web pada bisnis anda, karena konsumen akan berpindah ke pesaing yang sudah memberikan akses dengan cara yang lebih mudah.

Membangun brand melalui website juga terbilang lebih efektif karena banyak sekali media pendukung gratisan yang bisa digunakan untuk memperkenalkan usaha anda salah satunya adalah situs sosial media.

2. Menghemat Biaya (Anggaran Usaha)

Mungkin karena anda masih bergerak pada bidang usaha kecil sehingga menganggap bahwa website bisnis akan menambah anggaran.

Sebaiknya anda lebih cermat dalam menghitung serta membandingkan antara kebutuhan biaya beriklan pada media cetak surat kabar.

Dengan jangkauan yang terbatas, beriklan pada surat kabar saat ini sudah tidak efektif karena masyarakat telah beralih menggunakan internet untuk mendapatkan berita terbaru setiap harinya.

Baca Juga : Tips Agar Blog Kamu Dilihat Banyak Orang

Anggap saja beriklan pada surat kabar dengan biaya sebesar Rp 1 juta yang akan mempromosikan usaha anda selama seminggu berturut turut.

Sebenarnya dengan nilai yang sama, anda sudah bisa membuat website bisnis yang memiliki jangkauan lebih luas serta dapat di akses kapanpun tanpa batas.

3. Akses Cepat dan Mudah Terhubung Dengan Konsumen

Dibandingkan dengan sebuah katalog atau brosur cetak, maka website memiliki lebih banyak keunggulan karena cukup mudah di update jika sewaktu waktu pada bisnis anda telah melakukan pembaruan.

Pelanggan tentunya tidak akan ketinggalan informasi serta beragam penawaran , promo khusus, hingga layanan terbaru dari bisnis anda.

Jadi sudah cukup jelas bahwa manfaat membangun website untuk usaha anda bisa meningkatkan hubungan secara langsung dengan konsumen lama serta peluang lebih besar untuk menjaring konsumen baru.

Sebuah website cukup mudah di akses oleh pelanggan kapan saja selama server web yang anda pilih memiliki uptime yang optimal.

4. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Untuk kepentingan promosi sebuah produk maupun jasa, memiliki website adalah tempat terbaik saat ini mengingat pengguna internet yang sudah menjangkau seluruh penjuru dunia.

Tidak terbatas apapun jenis usaha yang sedang anda jalankan, sebuah situs web adalah tempat yang saat ini paling efektif untuk memperlihatkan karya anda.

Dengan menampilkan portofolio produk kemudian di dukung dengan testimonial dari para pelanggan, maka bisa menjadikan bisnis anda semakin cepat terkenal dan populer.

5. Meningkatkan Kualitas Layanan

Customer Service

Yang tidak kalah pentingnya adalah, website bisnis juga dapat berperan dalam meningkatan layanan terhadap pelanggan.

Anda bisa memasang beragam fitur yang dibutuhkan pada website seperti halaman khusus tanya jawab, artikel yang berhubungan dengan produk atau layanan, formulir online, serta chatting online.

Baca Juga : Manfaat dan Keuntungan Google Ads Untuk Bisnis Anda

Dengan berbagai kemudahan tersebut akan menjadikan pelanggan merasa semakin nyaman dan jauh lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Konsumen yang mendapatkan kepuasan secara otomatis akan terus menggunakan produk atau jasa anda, selain itu mereka juga dengan sukarela merekomendasikan bisnis anda kepada orang terdekatnya.

Setelah mengetahui apa saja keuntungan memiliki sebuah website untuk bisnis dan usaha anda, maka secara garis besar anda akan mendapatkan banyak nilai plus dan tidak ada kerugian.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak perlu menunda lagi untuk segera merencanakan dan merealisasikan website pada bisnis anda. Semakin anda memikirkan apakah memiliki website itu penting atau tidak, di waktu yang bersamaan pula pesaing usaha anda sudah mendapatkan keuntungan besar dari website bisnisnya.

Selamat mencoba dan sukses selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here