Ini 3 Tips Jitu Mengatur Keuangan untuk Bisnis

0
15
Ini 3 Tips Jitu Mengatur Keuangan untuk Bisnis

Salah satu strategi keuangan dalam bisnis yang wajib diterapkan oleh para pebisnis ialah memisahkan antara uang pribadi dan uang untuk bisnis.

Sebagai informasi, tidak sedikit bisnis yang gulung tikar meski baru berjalan kurang dari 18 bulan. Salah satu hal yang menjadi tantangan ialah ketiadaan modal. Biaya operasional bisa menjadi masalah bagi para pelaku bisnis.

Ditambah dengan para pemilik bisnis masih mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis sehingga cash flow-nya tidak jelas dan bisnis rawan gulung tikar pada 9-18 bulan pertama.

Biaya operasional cukup membuat struggling ketika berbisnis. Apalagi, biaya tersebut -termasuk menyewa tempat jumlahnya cukup besar.

Baca Juga : Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Cocok Untuk Pemula

Di sisi lain, yang menyebabkan sebuah bisnis gagal adalah karena pemilik tidak disiplin dalam menjalankan framework finansial. Jika tidak ingin bisnis gagal, berikut 3 tips penting mengatur keuangan bagi para pebisnis.

1. Jangan mencampur uang pribadi dan bisnis

Baginya, penting sekali untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Ini merupakan pengaturan keuangan yang paling dasar bagi para pelaku UMKM.

Jangan sampai pengeluaran bisnis menggunakan uang pribadi.

Dengan ini, arus keuangan baik pribadi atau bisnis tetap pada jalurnya dan pengalokasiannya juga dapat lebih maksimal.

2. Milikilah laporan keuangan

Laporan keuangan merupakan modal awal yang mesti dimiliki para pelaku UMKM. Mengapa? Laporan keuangan akan memudahkan para pebisnis untuk melakukan ekspansi di ke depannya.

Baca Juga : Marketing Strategi Instagram Yang Menunjang Bisnis

Nah, laporan keuangan sendiri ada bermacam-macam. Ada laporan laba-rugi, neraca, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.

3. Benahi keamanan keuangan

Siapa sih yang tidak ingin mengembangkan bisnis? Siapa pun pasti mau. Ketika bisnis berkembang, itu artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, bisnis memiliki banyak gerai atau cabang, bahkan bisnis Anda pun bisa dikenal lebih banyak orang.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum mengembangkan bisnis, yakni soal keamanan keuangan Anda.

Sebelum mengembangkan suatu bisnis yang anda minati, benahi dan penuhi dahulu keamanan keuangan, seperti cash flow, dana darurat, pinjaman konsumtif, dan proteksi.

Selanjutnya penuhi kenyaman keuangan, salah satunya dengan memulai suatu bisnis atau menggunakan instrumen keuangan lainnya.

Bagi para pebisnis pemula dengan kemampuan finansial yang terbatas, agar tetap bisa memaksimalkan pendapatan bisnisnya dengan cara manage dan maksimalkan sumber daya finansial yang dimiliki terlebih dahulu. Atur sedemikian rupa supaya semua aspek keamanan keuangan mampu memenuhi kenyamanan keuangan.

Baca Juga : 6 Strategi Bisnis Global untuk Kembangkan Bisnis UMKM

Manage optimisme Anda dan nikmati prosesnya. Monitor, evaluasi segala strategi bisnis dan finansial yang Anda terapkan, pasang suatu timeline yang di mana pada titik itu, Anda sudah ada pada kondisi bisnis dan finansial yang stabil.

Nah, itulah dia tips mengatur keuangan serta sedikit cerita dan pengalaman dari pelaku bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here