Indahnya Savana di Taman Nasional Baluran

0
201
Indahnya Savana di Taman Nasional Baluran

UKMBERDAYA.COM – Taman Nasional Baluran, siapa sih yang tak tahu dengan destinasi wisata alam satu ini? Destinasi ini terletak di Banyuputih, Situbondo. Ialah Padang Rumput yang mirip banget dengan Savana di Afrika. Tak heran jika taman nasional satu ini juga dikenal sebagai Africa Van Java. Taman Nasional Baluran adalah sebuah padang rumput yang sangat luas yang di dalamnya terdapat berbagai satwa lindung seperti macan tutul, Anjing hutan, Kijang, Rusa, Burung merak, Sapi, Kerbau, beragam jenis burung dan satwa unik lainnya. Adanya hewan hewan yang berkeliaran di padang rumput Savana menjadikan suasananya mirip seperti di Afrika. Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga dengan nama Savana Bekol adalah salah satu Savana yang dimiliki Indonesia.  Dan daerah lain yang juga memiliki Savana adalah Nusa Tenggara Timur.

Meskipun lokasi Taman Nasional Baluran berada di pelosok, wisatawan yang berkunjung tidak pernah sepi. Rata rata 100 wisatawan datang setiap harinya. Jumlah tersebut umumnya meningkat ketika hari libur. Wisatawan diperbolehkan melintas di tengah padang savana ini untuk melihat berbagai aneka satwa yang ada dan menikmati indahnya pemandangan dari berbagai penjuru. Akses jalan yang melintas di tengah padang savana ini berujung di sebuah Pantai yang bernama Pantai Bama.

Savana Bekol Baluran

Indahnya Savana di Taman Nasional Baluran

Beberapa Tumbuhan yang tumbuh di kawasan Taman Nasional Baluran tergolong cukup unik, yaitu mampu bertahan dengan kehijauannya meskipun tanahnya sangat kering. Jenis jenis tumbuhan yang dapat di jumpai di taman Baluran antara lain Widoro buko, Mimba, dan Pilang. Tumbuhan tumbuhan jenis tersebut mampu tumbuh bahkan ditempat yang gersang sekalipun.

Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo

Kawasan Taman Nasional Baluran mempunyai iklim yang masih normal, yaitu berkisar antara 27ºC – 30º C. Sedangkan untuk tingkat kelembapan udaranya mencapai 77%. Besarnya tingkat Kelembaban udara tersebut di pengaruhi oleh hembusan angin tenggara.

Di pusat lokasi wisata Taman Nasional Baluran juga telah disediakan tempat khusus bagi mereka yang ingin Camping. Di area camping terdapat fasilitas kamar mandi dan meskipun tempatnya gersang, untuk mendapatkan air bersih tidaklah sulit.

Baca juga: Spot foto terbaik di Gunung Bromo, wajib didatangi !

Selain hanya menikmati pemandangan yang ada, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas seru sekaligus menantang seperti Hiking, Trecking, Birdcatching, Wildlife Observation.

Pantai Bama Baluran

Indahnya Savana di Taman Nasional Baluran

Setelah melintasi padang savana yang cukup panjang, wisatawan akan menjumpai sebuah pantai yang bernama pantai Bama yang jaraknya kurang lebih 4 km dari padang rumput Baluran. Di pantai tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan natural serta wahana menarik di Pantai Bama seperti melihat sunrise, berlayar ke tengah laut dengan menggunakan sebuah perahu, dan juga snorkeling.

Sttt.. tidak hanya itu, besok kita ulas kembali ya apa yang ada di Taman Wisata Baluran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here