Gili Ketapang pulau mungil di Probolinggo

0
52
Gili Ketapang pulau mungil di Probolinggo

Pernahkah kalian mendengar nama pulau Gili Ketapang? Kebanyakan orang tidak pernah mendengarnya. Mereka lebih sering mendengar Gili Trawangan di Lombok atau Gili Labak di Madura.

Gili Ketapang pulau mungil di Probolinggo

Sedikit Informasi, Gili Ketapang terletak di Provinsi Jawa Timur yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Madura, masih masuk wilayah Kota Probolinggo, atau lebih tepatnya sekitar 8 km lepas pantai utara Probolinggo. Gili ini memiliki luas sekitar 68 hektar dan dihuni sekitar 9.600 jiwa. Mayoritas bersuku Madura dan juga berbahasa Madura. Kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, di mana Gili memiliki arti mengalir, sedangkan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut yang berada di sebelah barat Kota Probolinggo.

Baca juga: Gumitir Cafe, Tempat Rehat Penghilang Penat di Banyuwangi

Menyebrang dari kota Probolinggo menuju pulau Gili Ketapang

Gili Ketapang pulau mungil di Probolinggo

Pulau ini hanya dapat ditempuh dengan menyebrang menggunakan perahu motor kecil atau perahu nelayan, dikarenakan belum adanya jembatan penghubung ataupun kapal penumpang untuk bisa sampai di sana. Informasi terakhir yang saya dapatkan, biaya untuk sekali penyebrangan berkisar antara Rp7500 – Rp10.000 / orang. Sementara, waktu yang dibutuhkan ketika menyebrang sekitar 30 menit hingga 1 jam. tergantung pada angin, cuaca, dan juga ombak.

Di Gili Ketapang, kita akan disuguhi pemandangan yang eksotis. Laut yang berwarna biru, Air yang jernih, Pohon – pohon rindang dan juga angin yang sepoi – sepoi. Hal yang langka kita temui di kota – kota besar.

Tempat seperti ini cocok untuk kita suka mager tapi yang ingin refreshing, ingin main ke pantai, ingin snorkeling tapi malesperjalanan jauh, males ribet dan juga pingin murah!

Selain kita bisa menikmati keindahan di atas Pulau Gili Ketapang, kita juga bisa menikmati indahnya bawah laut, lho!

Gili Ketapang pulau mungil di Probolinggo

Snorkeling Finding Nemo merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki pulau ini. Selain ada ikan Nemo, kita juga bisa melihat berbagai macam jenis ikan yang lain, termasuk ubur-ubur. Selain itu, terumbu karangnya juga gak kalah bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here