Dukung Kembangkan Usaha Mikro Desa

0
28
usaha mikro

UKMBERDAYA.COM – Perkembangan usaha mikro di Desa Kayenkidul tidak lepas dari peran pemerintah desa (Pemdes). Mereka aktif mengajak pelaku usaha di desanya untuk selalu ikut berperan dalam pameran yang ada. Seperti ketika acara Hari Jadi Kabupaten Kediri maupun ketika ada pesta rakyat.

Salah satu usaha mikro yang sedang menunjukkan perkembangan di Desa Kayen Kidul adalah usaha konveksi Al Mubarok. Konveksi tersebut milik pemuda bernama Muhamad Rizal Fahlefi. “Saya pertama merintis usaha ini 2009, pertama hanya usaha sablon saja,” ujar pria yang karib disapa Rizal itu. Ia menjalani profesi ini secara otodidak, mencoba praktek langsung pada teman yang memiliki usaha serupa mulai dari cetak sablon kaos, plastik hingga undangan.

Dari modal awal Rp 500 ribu rizal sedikit demi sedikit mengembangkan usahanya. “Modal tersebut saya gunakan untuk membeli peralatan sablon plastik,” sahutnya. Hingga 2011 Rizal dengan telaten menjalani usaha tersebut, meskipun awalnya belum memiliki karyawan, ia mampu menggarap sendiri usahanya tersebut.

Hingga pada 2011 ayah dua anak itupun merambah ke dunia konveksi juga sebagai usaha utamanya. “Alhamdulillah, hasil dari sablon bisa saya gunakan untuk membeli mesin jahit,” akunya. Memang dari tahun ke tahun hingga saat ini Rizal selalu membeli peralatan mesin jahit. Ataupun alat pendukung lainya.

Selama ini Rizal melakukan pemasaran dengan keliling dari toko ke toko untuk menawarkan hasil sablonan plastiknya. Namun tak jarang ia promosi dari rumah ke rumah untuk semakin mengenalkan produknya itu ke masyarakat luas. “Alhamdulillah, sekarang setiap hari selalu ada yang menghubungi untuk memesan, baik sablon maupun menjahit kaos,” ujarnya.

Rizal mengaku kalau usaha seperti yang dijalaninya saat ini, kondisi pasar meningkat adalah pada musim-musim tertentu, seperti ketika tahun ajaran baru, dan juga ketika kegiatan bulan agustus. Karena selama ini ia mengaku telah memiliki jaringan ke instansi untuk berlangganan denganya.

Hingga saat ini pria 31 tahun tersebut telah mempekerjakan lima karyawan yang sebagian besar merupakan warga sekitar.

Meskipun bahan baku sering melonjak, namun Rizal tetap mengedepankan kualitas produknya. Hanya saja ia menyiasati dengan sedikit menaikkan harga jual.

Baca juga : Home Industri Pia Kurangi Pengangguran dan Angkat Ekonomi Warga

Rizal mengaku, bahwa salah satu menarik perhatian dan mengenalkan produknya adalah dengan mengikuti pameran. “Saat pameran di SLG, saya sebar kartu nama Mas, ini untuk lebih mengenalkan produk saya,” pungkasnya.

Dari usaha ini Rizal mengaku bisa membangun rumahnya sendiri meskipun masih sederhana. Sementara pihak Pemdes sangat mendukung dengan adanya usaha mikro di desanya. Pemdes akan selalu aktif dalam memberikan informasi yang memberikan dampak positif dalam perkembangan industri kecil yang ada di Desa Kayenkidul ini.

Ikuti terus berbagai berita Bisnis UKM , Kuliner, traveling, ulasan strategi digital marketing dan berbagai berita menarik lainnya di UKMberdaya.com ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here