Dorong Pengurusan PIRT, Usaha Semakin Mudah

0
66
Di sana berbagai usaha makanan ringan mampu dikembangkan oleh sejumlah warga. Oleh karena itu staff desa tertek ini mendorong untuk pengurusan PIRT.

UKMBERDAYA.COM – Sebagai kawasan perkotaan, sumberdaya manusia (SDM) di Desa Tertek, Pare memang cukup mumpuni dalam berbagai bidang. Salah satunya di bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM). Di sana berbagai usaha makanan ringan mampu dikembangkan oleh sejumlah warga. Oleh karena itu staff desa tertek ini mendorong untuk pengurusan PIRT.

“Warga di sini banyak yang buat makanan ringan dan oleh-oleh. Seperti gethuk pisang, wajik kletik, Atari atau kembang goyang, untir-untir. Serta jajan kacang-kacangan. Dan saat ini yang mulai berkembang adalah sambel pecel,” kata Pj Sekretaris Desa Agus Nanang.

Untuk sambel pecel pemasarannya sudah keluar kota. Sementara jajanan lain seperti milik Lita Hendrawati, masih di dalam kota. Namun usaha tersebut lumayan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Dukungan dari Pemdes Tertek adalah selalu mendorong pelaku usaha untuk bisa mengikuti pameran. Baik tingkat kecamatan juga di tingkat kabupaten. Hal ini untuk memperkenalkan produk dari Desa Tertek.

Baca juga : Lepaskan Penat di Wisata Alam Watu Lawang Nganjuk

Lita, salah satu pengusaha yang memiliki PIRT, menyebut bahwa produknya rutin dibuat, sedikit-sedikit semakin dikenal. “Kebanyakan masih di wilayah Pare. Yang paling diminati kembang goyang dan opak gambir,” sebutnya. Menurutnya, pentingnya PIRT dalam sebuah usaha menjadi kelebihan sendiri. Misalnya apabila melakukan pemasaran lebih mudah. konsumen lebih percaya . Dibanding saat belum ada label atau PIRT. Desa Tertek sendiri sangat mengapresiasi wargannya yang melakukan usaha. Bahkan Pemdes menyarankan setiap industri rumahan kalau bisa sudah memiliki PIRT agar semakin mudah dalam melakukan pemasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here