Cara Mudah Beli Emas Batangan, Arisan atau Angsuran

0
153
beli emas

UKMBERDAYA.COM – Ingin beli emas batangan, tetapi tak punya uang? Tak perlu bingung, karena di pegadaian, emas Antam bisa dibeli dengan cara arisan dan angsuran. Juga membuka tabungan emas yang membuat emas bisa dibeli dengan hanya uang Rp 7 ribu saja.

Menurut Pengelola Unit Pegadaian Syariah cabang Kediri Kepy Yuliastuti, banyak cara untuk beli emas batangan keluaran dari Antam. Tak harus menunggu harus terkumpul hingga nilai satu gram, emas sudah bisa dalam genggaman.
“Ini salah satu cara dari kami untuk membantu mereka yang kesulitan memiliki emas karena keterbatasan dana,” jelas Kepy.

Salah satunya adalah dengan cara arisan. Seperti halnya arisan biasa, untuk metode beli emas ini, memang harus terkumpul minimal enam orang terlebih dulu. Maksimal 12 orang. Setelah terkumpul, cukup membayar uang muka dan membayar arisan tiap bulan. “Nilai angsuran beragam sesuai dengan besaran uang muka dan emas yang dipilih,” jelasnya.

Semakin banyak anggota arisan, maka jumlah pembayaran tiap bulan akan semakin sedikit. Seperti pada arisan yang lain, tiap bulan ada kocokan. Nama yang keluar berhak mendapatkan emas sesuai dengan kesepakatan. Batangan emas yang ditawarkan mulai berat 1 gram hingga 25 gram.

Yang menarik, dengan sistem arisan ini, harga emas sesuai dengan kesepakatan saat membuat akad. Sehingga, keuntungan bisa didapatkan saat nilai emas yang biasanya terus bergarak naik. “Sementara harga yang dipatok sesuai dengan kesepakatan awal,” terangnya. Sehingga, baik yang lebih dulu mendapatkan arisan atau yang paling terakhir, tetap mendapatkan keuntungan.

Dijelaskan oleh Kepy, tak banyak persyaratan khusus untuk mengikuti arisan ini. Cukup menyerahkan tanda pengenal dan membyar uang muka. “Selanjutnya pada bulan depan, sudah bisa mendapatkan emas untuk anggota yang mendapat arisan,” jelasnya.

Pilihan kedua adalah membeli emas denganc ara angsuran. Emas yang tersedia mulai 1 gram hingga 1 kilogram. Kalau arisan bersifat kelompok, maka untuk metode yang satu ini, cukup persorangan. Yang ingin mendapatkan emas, cukup membayar uang muka dan sisanya membayar angsuran sesuai dengan kesepakatan jangka waktu dan pembelian yang diinginkan.

Baca juga : Sukses Usaha Dengan Modal Minim

“Maksimal kredit hanya enam bulan,” jelas Kepy. Peminat emas batangan memang tinggi. Disebutkan Kepy, saat ini pegadaian yang baru buka selama setahun di Kediri ini telah memiliki ribuan nasabah. Sebagian besar memang berminat untuk transaksi emas. “Emas itu likuid dan harganya cenderung naik,” bebernya. Karena itu, membeli emas, menurutnya, tidak akan rugi.

Ikuti terus berbagai berita Bisnis UKM , Kuliner, traveling, ulasan strategi digital marketing dan berbagai berita menarik lainnya di UKMberdaya.com ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here