4 Langkah Dasar Cara Mendirikan PT

0
117
Mendirikan PT

4 Langkah Dasar Cara Mendirikan PT – Di waktu sekarang ini kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sepertinya dirasakan oleh kebanyakan orang. Maka tak heran banyak orang yang ingin membuka usahanya sendiri. Salah satunya dengan membuat perusahaan atau PT sendiri. Namun banyak yang belum tahu bagaimana cara dan syarat yang harus dipenuhi dalam cara mendirikan PT. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membantu Anda untuk mempersiapkan langkah dasar yang harus Anda penuhi untuk pembuatan PT seperti berikut ini :

1. MEMBUAT DATA PENDIRIAN PT

Untuk membuat data pendirian PT diperlukan beberapa hal berikut ini:

a. Nama PT

Nama PT ditentukan harus minimal yeridi dari 3 suku kata. Dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan serapan asing. Dan juga tidak boleh menggunakan nama PT yang sudah pernah ada. Untuk lebih jelasnya tentang peraturan pembuatan nama PT sudah di atur dalam PP 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

b. Alamat dan Kedudukan PT

Setelah mendapatkan nama YANG sesuai dengan peraturan diatas, maka Anda harus menentukan dimana lokasi atau alamat PT akan didirikan. Serta harus memiliki kedudukan hukum. Harus ada keterangan ada dalam Wilayah Kota / Kabupaten.

c. Maksud dan Tujuan Pendirian PT

Maksud dan tujuan PT akan menjelaskan bahwa PT sudah didirikan dan untuk melakukan kegiatan apa saja dalam PT tersebut. Hal ini akan diatur dalam pasal 3 Akta pendirian PT.

d. Struktur Permidalan

Berdasarkan UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas mensyaratkan untuk membuat PT, minimal Modal Dasar adalah Rp 50juta, dan minimal 25% dari Modal Dasar harus ditempatkan dan disetor.

Sesuai dengan Paket Kebijakan XII yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi berdasarkan PP No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas, maka ada ketentuan modal dasar tidak lagi minimum Rp 50juta, tetapi tergantung kesepakatan para pendiri PT.

e. Pengurus PT

Dalam sebuah PT terdiri dari Direktur dan Komisaris. Keduanya memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda. Untuk yang belum tahu perbedaannya akan kami jelaskan dibawah ini.

Direktur adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menjalankan perusahaan, seperti menandatangani kontrak, giro atau cek yang mengatasi namakan perusahaan. Dan jika didalam perusahaan terdapat lebih dari satu orang yang menjadi direktur, maka harus menunjuk 1 orang sebagai direktur utama.

Komisaris bertugas hanya memberikan nasehat kepada direktur, dan tidak berhak dalam mengambil keputusan atau bertindak menandatangani semua dokumen atas nama perusahaan.

2. MEMBUAT AKTA PENDIRIAN

Akta pendirian PT bisa dibuat di kantor Notaris di tempat yang masih satu wilayah dengan kedudukan PT. Atau bisa juga menggunakan notaris dari mana saja dengan catatan sudah memperoleh SK pengangkatan, disumpah dan terdaftar di Kemenkumham.

3. PENGESAHAN SK MENTERI PENDIRIAN PT

Cara mendiri PT selanjutnya ialah setelah Akta Pendirian PT dibuat, maka notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM.

Dari Menteri akan mengeluarkan SK pengesahan beradab hukum untuk PT. Sehingga PT tersebut sudah sah secara hukum dan diakui oleh negara atas pendiriannya.

4. PENGURUSAN IZIN DOMISILI KELURAHAN

Izin Domisili adalah dokumen yang menerangkan tentang kebenaran sebuah perusahaan bertempat. Atau merupakan surat yang dikeluarkan oleh kelurahan dimana perusahaan tersebut didirikan. Disana juga dijelaskan jenis usaha apa yang sedang dijalankan dan berapa jumlah tenaga kerja yang ada.

Izin domisili ini akan berlaku maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang setelahnya.Dalam proses pembuatan PT, kelengkapan domisili kelurahan adalah sangat penting. Dan beberapa dokumen yang diperlukan dalam membuat izin domisili adalah

• Surat pengantar dari RT dan RW
• KTP pemilik
• Akta Notaris Pendirian PT

Itulah langkah dasar dalam pendirian PT yang harus Anda penuhi. Setelah itu ada beberapa dokumen lain yang harus juga Anda penuhi, dan Penjelasannya akan kami berikan pada artikel berikutnya.

Namun jika Anda masih bingung dengan semua langkah diatas, kami memiliki solusi tepat untuk mendirikan PT impian Anda.

Caranya sangat mudah yaitu Anda tinggal menghubungi tim kami di http://tamasolusi.com/
Atau bisa juga dengan menghubungi kami di :
PAKET Biaya Jasa Pembuatan PT PMA SIUJK Sbu izin NIB
Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan no 45 by pass Gedung Pembina Graha RT.17, RT.17/RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
Telp dan Wa : 0812-9787-9901

untuk google bisnis nya bisa anda lihat di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here