Cholil menunjukan Kerajinan Batok Kelapa buatan tangannya
Cholil menunjukan Kerajinan dari Batok Kelapa buatan tangannya

UKMBERDAYA.COM – Banyak potensi yang bisa ditonjolkan dari Desa/Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Salah satunya adalah kerajinan batok kelapa yang bisa menjadi buah tangan di Desa/kecamatan Grogol.

Batok kelapa bagi sebagian orang mungkin dipandang sebagai limbah. Namun siapa sangka dari tangan seorang kakek 64 tahun ini, sebuah batok bisa memiliki nilai seni yang luar biasa.

Cholil, kakek yang tinggal di Dusun Ringinrejo Desa/Kecamatan Grogol ini gemar menyulap batok menjadi kerajinan batok kelapa dan menjadi buah tangan yang unik. Mulai dari centong, cangkir, mangkuk, hingga celengan berbentuk hewan pun telah ia buat.

Berawal dari kerjasama dengan teman dan akhirnya ditinggalkan. Tetapi dengan tekat yang bulat beliau tetap ingin melanjutkan usaha tersebut meskipun sendirian.

Dari usahanya, pensiunan perangkat desa ini sudah memiliki karyawan aktif sebanyak 5 orang. Mereka rata-rata dari remaja di sekitar rumahnya yang putus sekolah sewaktu SMA.

“Saya menganggap mereka bukan karyawan Mas, tapi disini mereka belajar. Saya berharap nanti mereka bisa membuka usaha sendiri sebagai pengrajin batok seperti saya ini,” ujar kakek berambut putih ini.

Baca juga :Sulit Beradaptasi di Pekerjaan baru? Coba Tips Berikut Ini

Salah satu potensi UMKM yang dimiliki Desa Grogol ini memang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam edukasi minat remaja untuk berwirausaha. Disana remaja masih sulit untuk diajak belajar membuat karya dari  limbah tanaman bernama latin Cocos nucifera ini.

Ia menginginkan masyarakat disekitar rumahnya juga bisa menjadi pengrajin, terutama untuk mengurangi pengangguran.

Dalam seminggu Mbah Cholil bisa membuat 500 biji kerajianan dengan model dan harga yang bervariasi. Untuk satu bulan omzet yang di dapat mencapai Rp 10 juta.

Pemasaran hasil karyanya sudah merambah ke berbagai daerah. Seperti Blitar, Malang, Jombang dan Batu. “Pernah juga dapat pesanan dari Jogja dan Bali Mas, tapi itu musiman,” terang Mbah Cholil. Kedepan kerajinan ini dipakai sebagai oleh-oleh Desa Grogol yang akan dipamerkan di kios Bumdes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here