Bisnis Krecek Berdayakan Ibu Rumah Tangga

0
85
Bisnis Krecek Berdayakan Ibu Rumah Tangga

UKM BERDAYA – Salah satu warga Desa Bobang Kabupaten Kediri memiliki keinginan untuk mengangkat ekonomi warga desanya. Ia adalah Mohamad Yasin, pengusaha bisnis krecek krupuk uyel yang memiliki tekad mulia tersebut.

Yasin mengaku mengawali karir dibidang bisnis krecek itu dari pengalaman yang tidak sebentar. Ia sudah belajar membuat krupuk ketika menjadi karyawan di industri krupuk milik tetangganya. Sekitar 16 tahun Yasin telah menggeluti bidang ini. “Saya pernah jadi pengolah bahan krupuk, dan pemasaran masing-masing tiga tahun dan yang paling lama adalah bagian goreng krupuk, itu sudah sepuluh tahun,” tuturnya.

Jatuh bangun saat usaha sudah ia rasakan. Apalagi saat memasuki musim penghujan. Dimana kondisi sinar matahari yang terbatas membuat kreceknya tak kunjung kering. “Kendalanya ya pas musim hujan Mas, karena memang saat ini saya belum punya mesin pengering. Alias  masih memanfaatkan sinar matahari,” imbuh pria 46 tahun itu.

Bisnis Krecek Berdayakan Ibu Rumah Tangga

Namun kendala tersebut tidak membuat warga asli Desa Bobang ini menyerah. Ia memang dari awal sudah punya niat untuk mengembangkan usahanya ini. “Disini kalau saya menyerah dan tak meneruskan, kasihan pekerja saya Mas, mereka memang sehari-hari mendapat penghasilanya dari sini,” ujar Yasin.

Saat ini Yasin telah memiliki karyawan sebanyak 11 orang. Delapan pekerja adalah ibu-ibu, dan sisanya pemuda desa 3 orang. Tak heran kalau disini Yasin turut berperan untuk sedikit membantu mengurangi pengangguran di Desa Bobang.

Selain faktor pengeringan krecek. Kendala lain adalah dari bahan baku yang sering naik. “Tepung sekarang mahal Mas, namun saya tidak akan mengurangi ukuran krupuk saya, ini agar pelanggan tidak kecewa,” ujarnya. Yasin menyiasati kendala ini dengan cara sedikit menaikkan harga jual, namun tidak mengurangi kualitas produknya. “Yang penting ini jalan dulu Mas, agar pelanggan saya tidak pergi, dan memiliki pelanggan tetap,” pungkasnya.

Baca juga : Kisah Inspiratif Dirut The Legend Water Park Kertosono

Saat ini pelanggan produk dari bisnis kreceknya sudah dari luar kota. seperti Tulungagung, Pare, dan Blitar. Ia hanya berharap nantinya apabila sudah berjalan lancar. Yasin akan membeli alat pengering krupuk untuk lebih bisa memaksimalkan usaha bisnis krecek ini. Sementara Yatiran kepala Desa Bobang sangat mendukung usaha yang dilakukan Yasin. “Ini bisa mengangkat potensi desa Mas, ya meskipun industrinya belum sebesar di daerah lain, tapi tekadnya kami apresiasi,” ujar Yatiran. Pemdes Bobang sendiri beberapa kali pernah menyelenggarakan kegiatan pelatihan membuat kerupuk di balai desa. Ini untuk meningkatkan kreatifitas warga agar semakin tertarik untuk berwirausaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here