Berikut 7 Tips Memulai Usaha Makanan Khas Daerah

0
22
bisnis oleh oleh Khas Daerah

Ada lagi tren baru dalam berbisnis, salah satunya adalah memulai berbisnis oleh oleh atau makanan khas daerah. Ternyata para artis Indonesia juga mulai merambah pada bisnis ini. Para artis tersebut adalah:

  • Teuku Wisnu, dengan produk oleh-oleh Malang Strudel
  • Dude Herlino, dengan produk oleh-oleh Jogja Scrummy
  • Irwansyah, dengan produk oleh-oleh Medan Napoleon
  • Zaskia Sungkar, dengan produk oleh-oleh Surabaya Snowcake, dsb

Berbisnis oleh-oleh banyak digeluti akhir akhir ini. Dengan fakta bahwa banyak orang yang membeli oleh oleh setiap pergi berlibur kesuatu tempat/daerah.

Terlebih apabila oleh-oleh tersebut memiliki rasa yang enak serta kemasannya yang bagus dan menarik. Tak dipungkiri itu akan menjadi daya tarik lebih bagi para calon pembeli oleh-oleh.

7 Tips cara memulai usaha makanan dan oleh-oleh khas daerah

Jika anda ingin menggeluti bisnis oleh oleh khas daerah, ada baiknya anda memperhatikan tips berikut, yang dapat anda jadikan pandangan atau inspirasi. Tips tipsnya adalah sebagai berikut:

1. Produk anda memiliki ciri khas daerah

Ketika ingin memulai bisnis oleh oleh khas suatu daerah, artinya anda harus mengikutsertakan ciri daerah tersebut agar oleh oleh anda benar benar “khas”.

Sebagai contoh, Artis Teuku Wisnu membuat produknya memiliki ciri khas daerah Malang yaitu buah Apel, atau lampung dengan pisangnya, Bogor dengan khas buah talasnya.

Baca Juga : 15 Peluang Usaha Modal 1 Juta Dengan Untung Jutaan Bagi Pemula

Anda diharapkan mengetahui dahulu makanan serta ciri khas dari daerah yang ingin anda dirikan.

2. Memberikan sentuhan modern pada produk anda

Ini juga merupakan point penting bagi anda. Apabila anda menggeluti bisnis oleh oleh, itu berarti anda akan menjual makanan tradisional dengan inovasi yang lebih menarik.

Maka dari itu anda dapat memperhatikan tipikal bisnis yang terkenal. Mereka memberikan inovasi pada oleh oleh tersebut dengan sentuhan modern.

Bagaimanakah sentuhan modern tersebut? anda dapat mengaplikasikan pada kemasan yang bergaya trendy, menambahkan varian rasa yang sedang populer, dan lain lain.

3. Menyiapkan modal yang cukup

Sebelum memulai bisnis, aspek modal adalah salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Kurangnya persiapan modal akan menghambat anda saat anda akan membuat bisnis anda berkembang seperti contohnya membeli alat produksi tambahan, menambah kapasitas dari produksi anda dan sebagainya.

Jika ternyata modal yang telah anda miliki masih kurang, maka anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari lembaga jasa finansial seperti bank, investor lain.

Baca Juga : Oleh-oleh Bakpia Karanganyar Kian Populer

4. Bekerjasama dengan lembaga jasa Tour and Travel

ini adalah salah satu bentuk strategi marketing yang bisa anda terapkan. Mengapa harus mempertimbangkan kerjasama dengan tour & travel?

Karena lembaga ini memiliki peran penting untuk mengarahkan para wisatawan yang menggunakan jasanya menuju tempat wisata maupun menuju tempat pembelanjaan oleh-oleh khas daerahnya.

Dengan menjalin kemitraan dengan lembaga tour&travel, maka outlet anda akan ramai didatangi oleh para pelancong. Anda kini harus mencoba mencari tahu agen tour dan travel yang terbesar di daerah anda.

5. Endorse orang yang terkenal untuk mempromosikan produk anda

Selanjutnya adalah meminta orang-orang yang berpengaruh/ terkenal untuk memperkenalkan produk anda, Anda dapat mencari orang yang memiliki banyak pengikut pada sosial media seperti instagram maupun twitter.

Anda dapat meminta mereka untuk mempromosikan produk di sosial media mereka. Biasanya, untuk para influencer sosial media mencantumkan contact person untuk urusan endorse. Besarnya budget yang harus anda keluarkan untuk endorse tergantung dari orangnya.

6. Menyewa jasa konsultan

Apabila anda memang benar-benar serius untuk menggeluti bidang bisnis oleh-oleh, tetapi anda kurang mengetahui bagaimana strategi dan hal lainnya tentang ini, anda dapat menggunakan jasa konsultan untuk memberikan anda ide ide serta solusi untuk bisnis anda.

Konsultan tersebut bisa membantu anda dalam branding produk anda, pemasaran, membuatkan logo produk, kemasan, dan lainnya.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

7. Lokasi serta pelayanan yang baik

Hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah lokasi. Anda sebaiknya memilih lokasi produk anda dijual di tempat yang strategis seperti dipinggir jalan raya, didekat tempat pariwisata, serta memiliki tempat parkir yang luas.

Memang untuk memiliki tempat strategis jelas berbiaya sewanya cukup mahal. Anggap saja bahwa ini adalah modal awal yang harus anda bayarkan demi kesuksesan anda berbisnis oleh-oleh khas daerah.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya untuk anda perhatikan adalah pelayanan. Anda dapat memberikan sapaan pada pelanggan dengan cara tersenyum serta pelayanan yang baik.

Pelayanan juga dapat berbentuk anda menawarkan bantuan apabila pelanggan tampak kebingungan atau memberikan informasi terkait produk yang anda jual kepada mereka.

Itulah tips-tips yang perlu anda lakukan apabila anda akan menggeluti bisnis dibidang oleh-oleh khas daerah.

Dengan memperhatikan tips diatas, anda dapat memperoleh gambaran serta panduan untuk menjalankan bisnis anda agar berkembang serta mencapai kesuksesan.

Dan yang tak kalah penting yang harus anda ingat, keberhasilan bisnis juga bergantung pada bagaimana anda dapat mengelola keuangan usaha anda. Apabila pengelolaan keuangan anda buruk, bisnis anda akan mudah mengalami kegagalan dan mengalami kesulitan untuk berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here