Berikut 5 Tips Membuka Usaha Cafe Kecil Kecilan

0
130

Jaman Sekarang keberadaan kafe menjadi sesuatu yang amat penting dan bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.

Biasanya mereka mengunjungi kafe untuk melepaskan lelah akibat aktifitas seharian penuh seperti kuliah, kerja, dan lain sebagainya.

Fakta tersebut yang membuat bisnis kafe menjadi sebuah usaha yang berpotensi mendatangkan banyak benefit.

Apabila anda adalah orang yang ingin berbisnis dibidang ini, tetapi memiliki modal yang sedikit, jangan khawatir! Telah kami rangkum beberapa tips yang dapat membantu anda untuk untuk memulai bisnis kafe anda tanpa modal besar yaitu:

  1. Sewa tempat bisnis anda dengan anggaran tepat

Salah satu bagian yang menghabiskan modal terbesar dalam bisnis kafe yaitu menyewa tempat yang terlebih bagi anda yang masih tergolong pebisnis baru dan memiliki modal yang seadanya.

Apabila ternyata modal yang telah anda miliki terbatas, maka anda dapat mendirikan bisnis ini pada rumah anda sendiri.

Selain rumah sendiri, andabisa mendirikan rumah partener bisnis anda atau pada halaman depan rumah orang lain untuk tempat sementara. Umumnya, harga sewa tempat berupa teras atau paviliun lebih murah dibandingkan kios ataupun ruko.

Apabila anda menggunakan ide ini, anda dapat membuat konsep sebagai outdoor bagi kafe anda dan bisa berfungsi sebagai penekan biaya, kenyataannya dengan menggunakan taman rumah, teras, ataupun paviliun.

  1. Mempekerjakan pegawai dengan sistem PartTime

Apabila anda mempekerjakan pegawai dengan sistem paruh waktu, maka beban pengeluaran bisnis anda akan menjadi lebih kecil anda dapat melakukan pekerjaan kafe anda sendiri saat kafe mulai dibuka kemudian sisa jam kerja anda akan ditangani oleh pekerja paruh waktu.

Mempekerjakan pegawai dengan sistem paruh waktu akan memberikan anda benefit berupa keringanan gaji yang harus dikeluarkan dengan sistem paruh waktu memungkinkan anda menggaji pegawai dengan gaji perjam sesuai dengan pekerjaan yang dikerjakannya. Sehingga, apabila kafe amda sedang mengalami penurunan, anda tidak perlu mengeluarkan gaji secara full.

  1. Mendapatkan bahan baku dari tempat grosir

Dalam mendirikan sebuah kafe, tentu ada produk yang dijual berupa makanan ataupun minuman. Demi menghemat biaya pengeluaran untuk produk yang akan dijual di kafe, sebaiknya anda membeli bahan baku untuk menu anda pada para pedagang grosir.

Mengapa demikian? membeli bahan baku di tempat grosir memungkinkan anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan apabila anda membeli bahan baku di tempat non grosir/eceran.

Tetapi meskipun anda dapat mendapatkan harga bahan baku yang murah, yang perlu anda ingat adalah apabila membeli bahan di tempat grosir maka anda diwajibkan membeli dengan jumlah yang cukup banyak.

Ini memanglah hal yang lumrah apabila anda membeli ditempat grosir, dan hampir semua tempat grosir menerapkan hal tersebut.

  1. Menerapkan strategi marketing yang minim budget

Dalam menjalankan bisnis pemasaran atau marketing perlu dilakukan guna memperkenalkan bisnis anda pada masyarakat luas.

Dalam menjalankan bisnis kafe perlu ketahui agar jumlah pelanggan yang datang pada kafe anda dapat meningkat tetapi, untuk masalah strategi marketing bisa menjadi batu sandungan bagi para pebisnis.

Para pebisnis/pengusaha biasanya melakukan pemborosan dana saat memperkenalkan produknya contoh strategi yang bisa anda terapkan seperti mendapat minuman gratis atau snack apabila pengunjung mengupload review tentang kafe anda pada sosial media.

Keuntungan dari startegi marketing ini ialah bisnis anda semakin tersebar luas, selain itu para pembaca review akan menjadi yakin karena ulasan yang diberikan berasal dari pembeli.

  1. Memberikan pelayanan maksimal

Sifat dari pelayanan adalah usaha tanpa mengeluarkan biaya. Maka anda perlu memaksimalkan dibidang pelayanan kafe anda.

Bersikap ramah serta baik membuat para pelanggan anda nyaman mengunjungi kafe anda dan apabila mereka nyaman, mereka akan secara tidak langsung menganjurkan pada teman-temannya untuk mengunjungi kafe anda sebagai tempat bersantai yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here