Berenang dengan Hiu di Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring surganya pecinta air Banyuwangi. Banyuwangi juga memiliki segudang destinasi wisata, terutama wisata alam gunung dan pantainya yang menggoda iman. Dan rata-rata kesemuanya masih alami, meski sudah banyak yang dikelola oleh Pemkab bekerja sama dengan warga sekitar.

Bangsring Underwater, Wahana Underwater Terlengkap Di Banyuwangi

Bangsring adalah nama pantai yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jika untuk konservasi darat Banyuwangi memiliki Taman Nasional Alas Purwo, untuk konservasi laut Banyuwangi memiliki Bangsring Underwater yang difokuskan pada pelestarian terumbu karang dan biota laut laut lainnya. Meski ada juga Pantai Tabuhan, namun Bangsring Underwater atau disingkat Bunder memiliki wahana yang lebih lengkap dibanding dengan Pulau Tabuhan. Tak heran jika kemudian Bangsring lebih menjadi primadona wisata underwater keluarga di Banyuwangi.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pun juga serius dalam mengelola tempat wisata yang satu ini. hal ini juga berdampak pada jumlah kunjungan di Bangsring yang selalu ramai, terlebih saat akhir pekan maupun saat libur nasional. Tak hanya wisatawan lokal dari berbagai daerah di Jawa Timur, namun juga wisatawan mancanegara yang gemar olahraga air seperti menyelam dan snorkeling juga banyak yang berkunjung ke sini. Saat ini pengelola Bangsring Underwatersudah banyak menambah wahana dan fasilitas bagi para pengunjung. Termasuk juga pemandu dan instruktur selam yang siap sedia menemani Anda menikmati indahnya alam bawah laut Bangsring.

Lokasi Pantai Bangsring Di Banyuwangi

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Bangsring menggunakan kendaraan umum, hal ini tidaklah sulit. Karena lokasi dari Pantai Bangsring sendiri sangat mudah diakses. Jika Anda naik kereta, Turunlah di Stasiun Banyuwangi Baru. Kemudian dari Stasiun Banyuwangi Baru Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bangsring dengan naik ojek. Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan Anda akan lebih mudah. Dari Pelabuhan Ketapang, Anda hanya perlu berjalan lurus ke arah Wisata Grand Watu Dodol. Dari situ nanti akan ada papan penunjuk ara menuju Pantai Bangsring.

Akses menuju Pantai Bangsring Di Banyuwangi sebenarnya tidak susah, cukup mudah malah. Tidak seperti Pantai Teluk Merah dan pantai-pantai yang berada di kawasan Taman Nasional  Alas Purwo yang kebanyakan tersembunyi dan akses dari jalan provinsi menuju ke lokasi cukup susah, tidak demikian dengan akses menuju Pantai Bangsring. Dari jalan raya, Anda bisa masuk dengan mudah bahkan jika Anda membawa kendaraan besar sekalipun. Masyarakat sekitar Pantai Bangsring dengan dibantu pemerintah mempermudah akses dari jalan raya menuju pantai sehingga memudahkan para wisatawan yang berkunjung. Jalannya juga landai tidak harus melewati gunung-gunung. Inilah yang menjadi keuntungan tersendiri bagi Pantai Bangsring untuk menarik kunjungan para wisatawan.

Fasilitas Dan Wahana Di Pantai Bangsring

Pantai Bangsring Di Banyuwangi sangat cocok untuk Anda jadikan destinasi wisata ketika liburan maupun sedang berkunjung ke Banyuwangi. Terlebih jika Anda berencana berkunjung beramai-ramai. Menghabiskan liburan sembari mengedukasi keluarga tentang keindahan dan perlunya menjaga kelestarian biota laut disini akan sangat menyenangkan. Lantas apa saja fasilitas dan wahana yang ada di Pantai Bangsring? Berikut ini akan kita sebutkan satu persatu.

Wahana Rumah Apung

Berenang dengan Hiu di Pantai Bangsring Banyuwangi

Wahana rumah apung sendiri yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Bangsring. Rumah apung ini terbuat dari bahan kayu yang dibangun di atas jerigen yang kosong yang disatukan. Rumah apung ini sendiri merupakan karya warga sekitar pantai Bangsring. Awalnya ditujukan untuk keramba pembudidayaan ikan. Namun kemudian dibangunlah bangunan rumah dari kayu untuk kemudian dijadikan Rumah Terapung di tengah laut. Dari bibir pantai, Anda bisa menaiki perahu dengan harga sewa 5000 rupiah per orang. Namun jika Anda ingin berenang, Anda bisa berenang menyusuri tali yang sudah disediakan oleh pengelola sebagai batas pengaman agar Anda tidak hanyut terbawa arus laut.

Berenang Bersama Ikan Hiu Jinak

Berenang dengan Hiu di Pantai Bangsring Banyuwangi

Di samping rumah apung, ada 4 keramba ikan yang dua diantaranya berisi ikan iu dan sisanya berisi ikan hias terumbu karang dan ikan kerapu. Masing-masing keramba berisi 2 anak hiu. Anda bisa  berenang dengan santai bersama anak-anak hiu. Perlu Anda ingat, karena ikan Hiu sangat sensitif dengan bau darah, pastikan Anda tidak sedang terluka maupun tidak sedang datang bulan. Dan jangan mencoba menyentuh moncong ikan Hiu.

Taman Underwater Dan Budidaya Terumbu Karang

Berenang dengan Hiu di Pantai Bangsring Banyuwangi

Bangsring Underwater memang bukan satu-satunya wisata bawa laut yang dimiliki Banyuwangi. Namun bisa dikatakan Bangsring adalah surganya wisata bawah laut. Disini pengelola juga menyediakan wisata edukasi berupa cara menanam terumbu karang. Air pantai Bangsring di banyuwangi yang jernih kebiruan memudahkan Anda melihat terumbu karang dari permukaan air. Bangsring Underwater sendiri mempunyai wilayah konservasi terumbu karang seluas 15 hektar. Ukuran yang sangat luas bukan? Dan tentunya disini ada berbagai terumbu karang dan ikan-ikan penghuninya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Pantai Bama nan Eksotik dibalik Taman Nasional Baluran

Diving Dan Snorkeling

Berenang dengan Hiu di Pantai Bangsring Banyuwangi

Bermain ke pantai rasanya kurang afdhol tanpa berenang. Bagi Anda pecinta olahraga air seperti diving dan snorkeling, Bangsring adalah tempat yang cocok. Air lautnya yang jernih kebiruan seakan memanggil siapapun untuk menceburkan diri dan menikmati keindahan bawah lautnya. Ditambah lagi ikan-ikan kecil yang berenang bebas di sekitar rumah apung membuat siapapun gemas untuk ikut berenang. Tak perlu khawatir soal perlengkapan renang. Pengelola Pantai Bangsring juga menyediakan persewaan alat selam dan snorkeling seperti baju selam, tabung gas, kacamata selam dan juga kamera bawah laut. Semuanya dengan harga sewa mulai dari 70.000 sampai 200.000 rupiah. Bagi Anda yang belum berpengalaman, ada juga instruktur selam yang siap mendampingi.

Banana Boat, Kano, Dan Bola Air

Berenang dengan Hiu di Pantai Bangsring Banyuwangi (6)

Di Bangsring Anda juga bisa bermain di air dengan banana boat. Ada juga fasilitas Kano boat, baik tipe single maupun double. Ada juga permainan bola air bagi anak-anak maupun dewasa. Semua fasilitas tersebut disewakan oleh pengelola dengan harga yang terjangkau. Bola air sebesar 30.000, Kano Single 40.000,-/jam sedangkan untuk kan double sebesar 30.000,-/jam. Untuk banana boat harganya sebesar 5000,-/orang. Cukup murah bukan?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here