Bengkel Las Usaha Sampingan Penambah Pemasukan Anda

0
53
Bengkel Las

Salah satu alternatif usaha yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Usaha bengkel las. Meskipun belum begitu populer di kalangan masyarakat, faktanya usaha pengelasan memiliki prospek yang bagus. Keuntungan yang ditawarkan pun sangat menggiurkan.

Bisnis ini tergolong usaha rumahan yang artinya sedikit modal dan tidak membutuhkan sewa tempat. Dengan catatan rumah Anda memadai, seperti memiliki halaman luas atau garasi yang tidak terpakai.

 

Peluang Usaha Bengkel Las

Usaha pengelasan sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari pemasukan tambahan. Tak jarang pendapatan dari bengkel las lebih besar dari pekerja kantoran. Mengapa demikian? Karena peluang usaha yang begitu luas. Semakin luas pangsa pasar, semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Inilah mengapa usaha pengelasan cukup diminati.

 

Alat yang Harus Disiapkan

Selain modal, setidaknya Anda harus memiliki keahlian mengelas. Dengan keahlian ini, Anda tidak perlu merekrut banyak tenaga kerja. Artinya, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran. Ingat, di awal usaha Anda harus memaksimalkan potensi dan sumber daya yang ada. Penambahan tenaga kerja sebaiknya dilakukan setelah bisnis Anda berkembang dan stabil.

Baca Juga : 15 Peluang Usaha Modal 1 Juta Dengan Untung Jutaan Bagi Pemula

Untuk memulai usaha pengelasan, Anda memerlukan alat operasional. Adapun sejumlah alat yang wajib Anda siapkan, di antaranya sebagai berikut.

  • Mesin Bor

Secara umum ada dua jenis mesin bor yang biasa digunakan di bengkel las, yaitu bor listrik biasa dan bor listrik khusus beton. Anda wajib memiliki keduanya jika ingin membuka usaha bengkel las,. Pasalnya, tidak semua tekstur bahan sama, ada sejumlah material yang sangat kuat sehingga memerlukan mesin bor khusus. Di pasaran, mesin bor ini dibanderol sekitar tiga hingga lima ratus ribu.

  • Mesin Gerinda

Mesin gerinda berfungsi untuk memotong dan menghaluskan permukaan besi setelah proses pengelasan. Kisaran harga mesin gerinda sekitar dua ratus ribu, tergantung merek.

  • Genset

Meskipun bukan alat utama dalam proses pengelasan, genset diperlukan sebagai antisipasi ketika listrik padam. Bayangkan, apa yang terjadi ketika Anda tengah menyelesaikan pekerjaan, tetapi tiba-tiba listrik mati? Agar pekerjaan Anda tidak terbengkalai, Anda harus menyediakan genset. Alat ini pun dapat Anda gunakan ketika membutuhkan daya tambahan. Harga genset di pasaran berkisar antara sembilan ratus ribu hingga dua jutaan.

  • Mesin Kompresor

Mesin kompresor dibutuhkan untuk menyempurnakan proses akhir suatu produk. Tujuannya, agar produk tampak lebih menarik. Mesin ini biasa digunakan bersamaan dengan spray gun. Proses pengecatan menggunakan mesin ini lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional, yakni menggunakan kuas. Hasilnya pun lebih rapi dan merata. Harga mesin kompresor bervariasi, antara satu hingga tiga jutaan.

  • Mesin Potong Besi

Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk memotong besi. Besi merupakan logam yang umum digunakan dalam proses pembuatan produk pengelasan. Dengan alat ini, Anda akan mudah memotong besi sesuai kebutuhan. Hasilnya pun rapi dan seragam. Rata-rata harga jual mesin ini di pasaran berkisar antara tujuh ratus ribu hingga dua jutaan.

  • Mesin Trafo Las

Mesin trafo las berfungsi sebagai sumber aliran energi. Anda tidak dapat mengoperasikan alat las tanpa mesin trafo las. Mesin trafo las juga disebut dengan nama mesin inventer. Harga mesin ini bervariasi antara enam ratus ribu hingga empat jutaan. Semakin besar daya listrik, semakin mahal pula harganya. Pilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Ada lagi beberapa alat lain yang diperlukan, seperti palu, meteran, kabel, dan mobil pick up. Alat ini akan menyempurnakan proses pengelasan dan memudahkan pengiriman produk.

 

Keunggulan Bisnis Bengkel Las

Secara tidak langsung pesatnya pembangunan turut mendorong terbukanya peluang usaha pengelasan. Jika dulu bisnis ini sepi peminat, kini justru diburu banyak orang. Jasa las dibutuhkan untuk menyempurnakan konstruksi bangunan, seperti taman, perumahan, pabrik, hingga perusahaan.

Baca Juga : 20 Usaha Makanan Ringan Yang Dapat Dititipkan Di Warung-Warung

Lantas, apa sebenarnya keunggulan usaha bengkel las? Berikut uraiannya!

  • Pangsa Pasar Luas

Memang sangat potensial Usaha pengelasan, khususnya pembuatan teralis, kanopi, pagar, dan konstruksi lainnya. Umumnya, produk las ini digunakan untuk mempercantik dan mengamankan bangunan dari tindak kejahatan. Jasa bengkel las juga dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi.

  • Modal Minim

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha pengelasan tidak begitu besar. Dengan uang sepuluh jutaan, Anda sudah dabisapat membuka jasa bengkel las di rumah.

  • Keuntungan Besar

Mengingat produk las banyak dibutuhkan, potensi keuntungan dari usaha pengelasan sangat besar. Dalam satu bulan, Anda bisa mengantongi keuntungan bersih hingga jutaan rupiah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan omzet bulanan Anda mencapai puluhan juta.

 

Tips Sukses Bisnis Bengkel Las

Ada sejumlah tips sukses yang dapat Anda coba jika ingin menjalankan bisnis bengkel las ini.

  • Produk

Produk yang Anda tawarkan adalah kunci kesuksesan sebuah usaha. Jika Anda tidak ingin kalah saing, pastikan untuk menciptakan barang yang berkualitas. Ingat, di pasaran banyak jasa serupa. Produk berkualitas pun efektif untuk mendongkrak angka penjualan dan meningkatkan brand awareness.

  • Harga Jual

Sebagian besar konsumen pasti akan membandingkan harga antara jasa pengelasan satu dengan lainnya. Gunakan cara ini untuk mengetahui rentang harga pesaing Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan harga jual. Jika Anda memilih menjual dengan harga sama, pastikan produk Anda memiliki keunggulan dari bengkel las lainnya.

Sementara jika Anda ingin mempercepat perkembangan usaha, patok harga lebih murah dari tempat lain, misalnya selisih lima ribu atau sepuluh ribu. Percaya atau tidak, selisih harga sangat ampuh untuk menarik lebih banyak konsumen. Namun, pastikan untuk tetap mempertahankan kualitas produk.

  • Pelayanan

Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, jika ingin usaha pengelasan semakin berkembang pesat. Selalu sapa pelanggan, beri mereka senyum, dan bantu mereka ketika dibutuhkan. Ingat, kepuasan konsumen adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis.

Baca Juga :Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

  • Fasilitas

Disadari atau tidak, untuk bersaing dengan bisnis serupa diperlukan lebih dari sekadar produk berkualitas. Anda harus berani memberikan fasilitas berupa garansi. Misalnya garansi 60 hari untuk pagar, 30 hari untuk kanopi, atau 2 minggu untuk teralis. Garansi akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat nama Anda semakin dikenal sangat luas.

  • Pemasaran

Pemasaran adalah satu lagi tips sukses bisnis bengkel las. Promosikan usaha milik Anda melalui berbagai cara, secara offline maupun online. Gunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mempromosikannya. Promosi sangat efektif untuk memperluas pangsa pasar. Semakin luas jangkauan usaha Anda, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Demikianlah informasi mengenai usaha bengkel las yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Tunggu apa lagi? Segera mulai usaha Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here