UKM BERDAYA – Apa saja ya tren marketing di Indonesia pada tahun 2019? Salah satu startup periklanan digital, Tagtoo Indonesia, telah melakukan pengamatan terhadap perkembangan periklanan digital di Indonesia selama tahun 2018. Dilengkapi dengan hasil diskusi bersama klien dan pakar-pakar marketing lainnya, berikut ini adalah empat tren marketing di Indonesia pada tahun 2019.

Periklanan Digital Semakin Menguat

Kebutuhan akan periklanan digital seperti banner ads, video ads, dan native ads akan semakin marak. Hal ini terjadi karena masyarakat sudah memiliki akses internet yang lebih luas. Selain itu, penargetan iklan juga akan beralih dari model target demografi menuju target berbasis perilaku pengguna. Transformasi ini akan menghasilkan periklanan yang lebih efektif dan diharapkan dapat membawa konversi yang nyata.

 Transparansi dan reliabilitas periklanan digital

Transparansi dan reliabilitas telah menjadi isu yang serius dalam periklanan digital di Indonesia. Laporan dan data yang engga relevan sering didapati ketika para marketer mempercayakan periklanan digital mereka pada agensi lain. Diharapkan marketers mulai paham menggunakan tracking tool yang tepat, serta lebih selektif memilih agensi periklanan.

Penyediaan Periklanan yang Strategis

Agensi periklanan kini dapat bertindak sebagai penyedia strategi dan membantu eksekusi ide untuk membantu UKM bersaing dalam pasar yang kompetitif. Dengan adanya kolaborasi bersama agensi professional, UKM dapat fokus pada inti bisnis dan optimasi produk mereka.

Micro-influencer Marketing Akan Semakin Popular

Micro-influencer adalah mereka yang memiliki followers kurang dari 50.000. Meskipun engga punya jumlah follower selangit seperti selebriti popular lainnya, namun fanbase yang dimiliki justru lebih relevan dan memiliki kemungkinan untuk melakukan konversi. Hal ini membuat promosi yang mereka lakukan akan lebih terpercaya dan relevan di mata masyarakat.

Itulah empat tren marketing yang diprediksi bakal hype di tahun ini.  Jadi pelajari tipe marketing yang cocok untuk bisnismu. Apalagi untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnismu lebih besar lagi atau mungkin untuk kamu yang baru mau memulai untuk bebisnis.(UKM/C)

Sumber : www.beritasatu.com

Baca juga : Bukan Banyaknya Follower, Ini Rumus Ternak Akun Jualan di Instagram

Baca juga : 10 Ide UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here