Anda Jualan Lewat Online? Siap-siap Bakal Kena Pajak, Besarnya 0,5%

0
116

UKM BERDAYA— Ada pengenaan pajak yang diusulkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, terhadap pelaku e-commerce. Usulan pajak penghasilan (PPh) yang dikenakan itu rencananya akan dipatok pada 0,5 persen.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, usulan tersebut sejalan sengan rencana Kementerian Keuangan untuk melakukan revisi terhadap PPh yang dikenakan ke usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), agar berada di bawah 1 persen.

“Usulannya di 0,5 persen untuk e-commerce. Ini bukan dikenakan ke vendor, tapi untuk pajak penjualan, jadi seperti PPn,” ujarnya.

Dia menambahkan saat ini usulan tersebut masih dikaji oleh Kementerian Keuangan.

Salah satunya mengenai efeknya terhadap pelaku bisnis e-commerce yang biasanya menjual barang dengan harga lebih murah dibandingkan toko fisik.

“Sedang dikaji di keuangan, nanti mereka yang umumkan,” ujarnya.

Pemerintah berharap pengenaan pajak tersebut nantinya malah bisa membantu menumbuhkan industri e-commerce secara keseluruhan.

BACA : Mau Sukses Bangun Bisnis UKM? Simak Tips Sukses Ala Bill Gates

BACA : Tips Jualan Laris Lewat Instagram

Apalagi di tengah kondisi nilai penjualan belanja online yang masih kecil, yakni di kisaran Rp 40 juta per tahun. Angka itu sudah termasuk memperhitungkan UMKM.

Airlangga juga berharap ada lebih banyak pemain e-commerce yang menjual berbagai produk dalam negeri.

Pasalnya selama ini bisnis tersebut lebih banyak menawarkan produk-produk yang berasal dari luar negeri (UKM/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here