Akses Investasi Mudah, Minat UKM Meningkat Untuk Milili Reksa Dana

0
53

Minat aktor usaha kecil serta menengah (UKM) mempunyai simpanan berbentuk investasi reksa dana makin bertambah. Bukalapak mencatat, 40% dari 130.000 akun Bukareksa ialah beberapa aktor usaha atau penjual.

Investment Solution Manager Bukalapak Abdul Hafizh Asri menjelaskan, walau dari bagian jumlahnya, investor UKM di Bukareksa masih tetap relatif kecil, akan tetapi trendnya selalu bertambah. Dari 130.000 nasabah, 40% ialah seller serta 60% pemakai Bukalapak. Bahkan juga, nilai investasi beberapa aktor usaha rata-rata cukuplah tinggi, rata-rata Rp700.000 per nasabah.

“Mereka yang rincian, sebagian besar investor pemula yang awal mulanya belum pernah jadi investor reksa dana. Tapi di Bukalapak, mereka mulai menginvestasikan dananya di reksa dana lewat Bukareksa,” kata Abdul Hafizh di Bandung, Jumat (26/10).

Ia optimis, perkembangan investor Bukareksa selalu bertambah. Ditambah lagi didorong keringanan investasi digital yang selalu di development. Ia meyakini, dalam dua tahun depan investasi Bukareksa akan melejit 2x lipat.

Bukalapak, katanya, tahun ini membidik 200.000 nasabah Bukareksa. Sebab, katanya, dari bagian kekuatan masih tetap lumayan besar. Sebab aktor usaha yang terhimpun di Bukalapak sampai 3,5 juta. Targetnya, semua aktor usaha sebagai seller di Bukalapak dapat jadi investor Bukareksa.

“Target pertama kami ialah pelapak. Bagaimana tidak hanya jual, mereka dapat saving dana untuk hari esok. Sekarang ini, memang seller yang turut belumlah kebanyakan, sebab mereka sebagian besar tidak pernah investasi. Karena itu kami mesti seringkali kerjakan edukasi,” papar ia.

Salah satunya langkah edukasi yang akan dikerjakan Bukalapak ialah mengadakan investasi reksadana. Edukasi akan dikerjakan mengenai kekuatan investasi serta resiko yang berada di dalamnya. “Kami berharap bisa tingkatkan iklim investasi di Bandung,” tambah ia.

Oleh: Arief Budianto

Sumber: Ekbis Sindonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here