9 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Fresh Graduate

0
77
9 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Fresh Graduate

Beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang berkeinginan kuat untuk membangun bisnis, tak terkecuali para kaum muda, yang baru saja lulus atau memegang status sebagai fresh graduate.

Pada umumnya fresh graduate selalu dikaitkan dengan topik “mencari pekerjaan”. Namun jangan salah, saat ini banyak juga dari fresh graduate yang memutuskan untuk langsung terjun ke dunia bisnis dan bukannya mencari pekerjaan di sebuah perusahaan.

Walaupun begitu, sebagian dari mereka ada juga yang memilih untuk bekerja terlebih dahulu sebelum memulai membangun bisnis sendiri. Alasannya adalah karena mereka belum memiliki modal usaha dan perlu untuk mengumpulkannya.

Bagi Anda yang fresh graduate dan ingin langsung memulai membangun bisnis sendiri, tetapi terkendala oleh modal usaha, Anda bisa memilih bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil.

9 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Fresh Graduate

1. Membuat Kerajinan 

Inilah bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate yang pertama. Jika Anda punya selera seni yang baik dan memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam kerajinan seni, maka akan sangat tepat bila Anda memilih bisnis di bidang kerajinan tangan atau handycraft.

Dalam bisnis yang berhubungan dengan seni, Anda perlu memilih jenis produk yang unik dan belum banyak atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Modal Kecil Khusus untuk Kaum Milenial

Dengan begitu, Anda akan memiliki pangsa pasar yang akan mendorong bisnis Anda untuk cepat berkembang.

Ditambah dengan kemampuan marketing yang baik, bukan tidak mungkin bila bisnis kerajinan tangan atau handcraft Anda akan bisa tumbuh menjadi lebih besar dan menembus pasar yang lebih luas.

2. Membuka Jasa Desain Grafis

Melakukan bisnis di bidang jasa, memang dapat dikatakan nyaris tanpa modal. Salah satu bisnis di bidang jasa yang bisa Anda coba adalah membuka jasa desain grafis.

Anda cukup menggunakan laptop atau komputer yang Anda miliki untuk berkarya dan mulai menghasilkan uang. Banyak yang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan logo, kartu nama, poster, dan flyer.

Ditambah hal menariknya lagi, bisnis desain grafis ini merupakan bisnis berskala dunia yang bisa dibilang sangat menjanjikan dan tidak pernah surut.

Bahkan kini, desain grafis tidak hanya terbatas dalam bentuk cetak saja seperti poster atau flyer, namun juga sudah merambah pada kebutuhan desain untuk sebuah website.

3. Menjadi Guru Les Privat

Manfaatkan keterampilan yang Anda miliki untuk mulai membangun bisnis. Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang cukup mumpuni, Anda tentunya bisa menjalankan bisnis les privat.

Selain kemampuan akademik, keterampilan lainnya seperti bermain alat musik, melukis, bahkan memasak, bisa Anda jadikan juga sebagai bisnis les privat.

Karena saat ini, yang membutuhkan les privat bukan hanya anak-anak yang duduk di bangku sekolah, namun juga ibu rumah tangga kadang kala berkeinginan untuk les demi menyalurkan hobi mereka.

Untuk memulai bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate ini, Anda bisa mulai mengajar untuk anak-anak sekolah dan tetangga di sekitar lingkungan Anda.

Namun jika Anda bisa mengembangkan peluang bisnis ini dengan baik, maka tidak ada salahnya mencoba untuk membuka layanan les privat yang lebih besar dan profesional.

4. Berjualan Secara Online

Membuka online shop atau berjualan secara online, dapat menjadi salah satu pilihan bisnis untuk Anda coba lakukan sebagai fresh graduate.

Di antara bisnis lainnya, mungkin berjualan secara online sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Tak heran apabila menjalankan bisnis online akan menjadi alternatif pertama yang muncul di kepala begitu Anda ingin menjalankan sebuah bisnis.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mulai menjalankan bisnis online. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper atau reseller. Anda tidak perlu repot melakukan kegiatan produksi atau menyetok barang, sehingga modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis pun jauh relatif lebih kecil bahkan bisa tanpa modal.

Agar sukses menjalankan bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate ini, pilihlah produk yang dianggap tepat dan memiliki peluang pasar yang baik, sehingga Anda dapat dengan mudah memasarkannya secara online.

5. Membuka Jasa Titip (Jastip)

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah ‘jastip’. Bisnis jasa titip atau jastip, belakangan ini sedang cukup populer. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, bisnis jastip ini bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan untuk Anda coba.

Baca Juga : 15 Ide Bisnis Kreatif dengan Modal 1 Juta yang Cocok Untuk Para Milenial

Selain itu, bisnis jasti ini pun sangat mudah dijalankan. Anda hanya perlu membelikan barang pesanan pelanggan, lalu mengirimkannya lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim dan jasa pembelian barang. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil.

Untuk barang yang bisa dibeli melalui bisnis jastip ini pun bisa Anda tentukan sendiri. Misalnya, Anda membuka jastip untuk barang-barang dari Korea atau Jepang. Jangan lupa juga Anda harus selalu update untuk barang-barang baru yang ada di negara sana dan memasarkan langsung melalui media sosial.

6. Bisnis Katering 

Apakah Anda pandai memasak? Jika iya, coba mulai berbisnis makanan katering. Anda bisa memulainya secara kecil-kecilan terlebih dulu, misalnya untuk perorangan.

Sebab masih banyak orang yang tidak bisa memasak, tidak ada yang memasakkan, atau bahkan malas untuk pergi keluar rumah dan membeli makan.

Anda bisa menawarkan menu makanan sehat atau request dalam bentuk paket untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Jangan lupa juga setiap hari buat menu yang berbeda agar pelanggan tidak bosan.

Walau sudah cukup banyak bisnis katering seperti ini, namun Anda tetap bisa mencobanya. Anda bisa menerapkan sistem pembayaran di awal.

Tentu saja, selain itu Anda pun harus bisa terus menjaga rasa masakan. Pengantaran makanan juga harus tepat waktu sesuai perjanjian. Buat pelanggan merasa kenyang dan puas dengan masakan Anda setiap hari, sehingga bisnis Anda bisa semakin dikenal dan berkembang.

7. Menjalankan Bisnis Event Organizer

Bagi Anda yang sebelumnya aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara atau kegiatan di kampus, Anda bisa mencoba mulai menjalankan bisnis Event Organizer (EO).

Pengalaman Anda dulu selama menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi dan menjadi panitia acara, bisa menjadi bekal Anda dalam membuka bisnis EO ini. Terlebih lagi, Anda sudah terbiasa bekerja dengan banyak orang, dikejar deadline, mencari sponsor dan menangani berbagai hal teknis lainnya.

Selain itu, ditambah dengan Anda yang memiliki kenalan atau channel untuk menyewa tenda, sound system, meja, kursi, dan peralatan serta perlengkapan acara lainnya, Anda bisa dengan yakin memulai bisnis Event Organizer ini.

8. Membuka Jasa Penulisan Konten

Dengan keberadaan sosial media saat ini, kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah ada hentinya.

Individu-individu kreatif seperti penulis atau desain grafis, selalu dapat mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi untuk disebarkan, baik untuk kepentingan pribadi, bisnis maupun media.

Akibatnya, tenaga freelance atau kontrak di bidang ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Jika hobi anda menulis atau membuat desain grafis, anda bisa mempertimbangkan untuk menekuni bisnis ini.

Untuk memulainya, Anda bisa mengumpulkan pengalaman terlebih dulu sebagai content writer atau graphic designer dengan mencoba lowongan pekerjaan di situs-situs online. Setelahnya, Anda pun bisa mengumpulkan rekan-rekan yang sama dan mulai membangun bisnis khusus penulisan content.

9. Beternak atau Berkebun

Alternatif bisnis satu ini memang dapat dikatakan tidak terlalu populer untuk dilakukan oleh fresh graduate. Tapi sebenarnya, menjalankan bisnis ternak hewan atau berkebun akan memberikan Anda keuntungan yang cukup lumayan.

Sebab banyak orang yang membutuhkan daging dan sayuran untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Maka dari itu, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa mencoba mempertimbangkan untuk memulai bisnis ini.

Baca Juga : Bangun bisnis kreatif untuk generasi milenial

Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki modal yang besar atau pengetahuan cukup. Banyak alternatif hewan ternak yang bisa Anda pilih untuk berbisnis ternak hewan dengan modal kecil, seperti lele, ayam atau ikan. Untuk pengetahuan cara mengelolanya pun bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui internet.

Meski memiliki semangat yang besar untuk segera bekerja, tidak ada salahnya Anda mulai belajar untuk berbisnis juga. Pilih jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat dan juga kemampuan Anda, sehingga nantinya Anda tidak kesulitan ketika menjalankannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here