UKM BERDAYA –Ingin usaha kulinermu semakin laris? kamu bisa merubah penyajia untuk usaha kulinermu. Penyajian kuliner yang indah dan rasa lezat adalah dua kombinasi sempurna dari suatu makanan. Penyajian makanan yang indah penting dilakukan loh karena dapat menggugah rasa tertarik kamu pada makanan. Nah, langsung saja yuk simak cara-cara mudah untuk menyajikan makanan ala chef profesional.

Pilihlah piring/mangkuk dengan ukuran tepat

Pilihlah piring/mangkuk dengan ukuran tepat


Pertama-tama, kamu harus memilih tempat apa yang cocok untuk masakan kulinermu. Kamu bisa menggunakan piring untuk makanan yang tidak berkuah dan menggunakan mangkuk untuk makanan yang berkuah. Selain itu, pilihlah piring/mangkuk yang cukup besar agar setiap jenis makanan yang terhidangkan dapat menonjol. Namun, jangan sampai juga terlalu besar ya. Kamu tentunya tidak mau kan porsi makanannya dianggap terlalu kecil?

Selain menentukan jenis dan ukuran piring/mangkuk, kamu juga sebaiknya memilih warna piring/mangkuk yang polos. Mengapa? Hal ini dikarenakan piring yang bermotif akan membuat orang menjadi tidak fokus terhadap makanannya.

Hindari overload

Hindari overload
Sumber: theviewfromamman.files.wordpress.com

Letakkan makanan kulinermu ke piring/mangkuk dengan porsi secukupnya. Jika makin penuh piringnya, maka akan membuat nilai visual makanan tersebut berkurang. Untuk itu, sebaiknya kamu memberikan ruang di pinggir-pinggir piring agar penyajian kulinermu terkesan rapih dan indah dilihat.

Terapkan piring adalah ‘jam’

‘Jam’ yang dimaksud adalah cara penyajian kuliner makanan dengan membayangkan piring adalah jam. Seperti peletakan karbohidrat (nasi, pasta, kentang) di arah jam 11, sayuran di arah jam 2, sedangkan protein/makanan utama (ikan, daging, jamur) di arah jam 6. Peraturan ini membuat posisi dari setiap makanan menjadi seimbang.

Terapkan piring adalah 'jam'


Menyusun secara vertikal

Apabila kamu menyajikan kuliner makananmu dalam ukuran yang banyak, susunlah makanan tersebut ke atas (seperti membuat gedung), bukan kesamping. Hal ini dikarenakan bisa membuat piring tersebut tidak penuh. Wah menarik sekali, bukan?

menyusun secara vertikal

Menyajikan jumlah ganjil dan hindari simetris

Menyajikan jumlah ganjil dan hindari simetris

Sebaiknya dalam penyajian kulinermu sajikan makanan dalam jumlah ganjil daripada genap. Mengapa? Karena hal tersebut akan lebih menarik untuk dilihat dan terlihat lebih siembang. Selain itu, hindari menyusun makanan tersebut secara simetris ya karena cenderung terlihat ‘main aman’ dan membosankan.

Perhatikan kombinasi warna

perhatikan kombinasi warna

Komposisi warna menjadi salah satu elemen penting dalam penyajian kuliner. Biasanya kamu membuat sup krim yang didominasi warna kuning, kamu bisa menambahkan sesuatu yang merah (biasanya cabai merah atau tomat), dan bisa juga sesuatu yang berwarna hijau (seperti paterseli atau daun seledri). Selain itu, kamu juga bisa menggunakan saus misalnya saus tomat untuk menghias makanan lho.

Gunakan garnish yang tepat

gunakan garnish yang tepat


Apa saja yang dihidangkan di piring atau di mangkuk harus bisa dimakan. Jadi, sebaiknya kamu memilih garnish atau hiasan yang bukan hanya bisa mempercantik makanan namun juga bisa dinikmati, misalnya gunakan tomat atau timun sebagai garnish. Pastikan juga hiasan yang kamu gunakan cocok dengan makanan yang kamu buat ya! Pasti penyajian kulinermu akan terlihat seperri buatan chef dan tentunya akan meningkatkan nilai jual produk kulinermu

Dalam penyajian kuliner bukan semata-mata bagaimana cara memindahkan makanan dari penggorengan ke piring. Namun, menyajikan makanan adalah seluruh proses, dari memilih piring/mangkuk yang tepat, penempatan komposisi hingga memilih garnish yang cocok. Selamat mencoba.

Baca juga :Nikmat Alami Nasi Goreng Jagung di Lereng Wilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here